PERAN MAHASISWA DALAM PENINGKATAN LITERASI DAN NUMERASI DI SD ISLAM ASY-SARKOWI

Aditya Ardiansyah, Retnowati WD Tuti

Abstract


Kampus mengajar memberikan kesempatan mahasiswa untuk mengasah jiwa kepemimpinan dan karakter serta memiliki pengalaman belajar di luar perkuliahan. Program kampus mengajar diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Melalui program kampus mengajar, mahasiswa yang terlibat memiliki tanggung jawab dalam membantu pihak sekolah pada proses Mengajar, membantu Adaptasi Teknologi, dan membantu Administrasi Sekolah. Selain itu, mahasiswa memiliki tanggung jawab dalam meningkatkan literasi dan numerasi terutama saat pandemi, dimana pendidikan di Indonesia bisa terbilang mundur dan harus dikejar untuk memajukannya kembali. Metode penelitian yang dilakukan berupa pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah SD Islam Asy-Sarkowi yang berjumlah 55 siswa. Objek penelitian adalah implementasi kampus mengajar di SD Islam Asy-Sarkowi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pelaksanaan program kampus mengajar di SD Islam Asy-Sarkowi meliputi: Pertama, mengajar yang terdiri pembelajaran daring dan luring. Kedua, adaptasi teknologi dengan memberikan pelatihan kepada guru mengenai bagaimana memaksimalkan pembelajaran yang berbasis teknologi, seperti pembuatan power point, video pembelajaran, metode ujian, metode pengumpulan tugas, dan metode penilaian. Ketiga, administrasi juga dilakukan mahasiswa untuk membantu guru dalam penyusunan perangkat pembelajaran sebagai kelengkapan administrasi dan pembuatan pojok literasi yang berfungsi menghidupkan kembali perpustakaan yang dapat membantu untuk memaksimalkan kemampuan literasi dan numerasi.

 Kata kunci: kampus mengajar; implementasi; sekolah dasar


Full Text:

PDF

References


Abdhul, Yusuf. Apa Itu Numerasi? Pengertian dan Contoh. https://penerbitbukudeepublish.com/numerasi/.

Admin. Pengertian Literasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Manfaat, Jenis Dan Prinsip. https://unsoer.ac.id/2019/12/02/pengertian-literasi-menurut-para-ahli-tujuan-manfaat-jenis-dan-prinsip/.

Ahmadi, Abu. (1982). Psikologi Sosial. Surabaya: PT. Bina Ilmu.

Anugrah, T, M, F. (2021). Implementasi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Terdampak Pandemi Covid-19. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 3 (1), 38-47. DOI http://ejournal.goacademica.com/index.php/ja/article/view/458.

Anwar, R, N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 9 (1), 210-220. DOI https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221.

Ardiansyah, A. (2021). Laporan Akhir Kampus Mengajar Angkatan 2 SD Islam Asy-Sarkowi.

Gilbert, M., Dewatripont, M., Muraille, E., Platteau, J.-P., dan Goldman, M. (2020). Preparing for a Responsible Lockdown Exit Strategy. Nature Medicine, 26 (5), 640–642. DOI https://doi.org/10.1038/s41591-020-0863-y.

Kampus Mengajar. Mengubah Tantangan Menjadi Perubahan. https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/mengajar.

Kampus Merdeka – Kampus Mengajar. (2021). Buku Saku Penunjang Kampus Mengajar Angkatan 2. Jakarta: Kemendikbud

Kurniawan, Aris. Pengertian Mahasiswa Para Ahli Beserta Peran dan Fungsinya. https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-mahasiswa/.

Miles, M. B, Huberman, A. M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. USA: Sage Publications.




DOI: https://doi.org/10.24853/penta.1.1.15-21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Visitors

Flag Counter

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Powered by Puskom-UMJ