INOVASI PELAYANAN PAJAK BERBASIS E-GOVERNMENT MELALUI PENGGUNAAN E-FILING DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN

Mutia Riksfardini, Berliana Sagara, Farah Shafira Firmanto, Nida Handayani

Abstract


Pelayanan pajak berbasis digital sebagai penerapan e government merupakan transformasi menuju pelayanan yang lebih baik. E-Filling adalah salah satu system yang menjadi produk dari penerapan e government, serta memiliki tujuan sebagai cara penyampaian SPT Tahunan (Surat Pemberitahuan Tahunan) secara real time melalui internet pada website Direktorat Jendral Pajak. Adanya aplikasi e-filling guna membantu menyediakan fasilitas pelaporan secara elektronik via internet sehingga memudahkan masyarakat mampu melakukan SPT dari rumah atau tempat kerja serta menekan biaya dan waktu. Penelitian ini termasuk ke jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode studi literatur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui inovasi pelayanan pajak berbasis e-Government dalam peningkatan kualitas pelayanan. Penelitian ini mengacu pada Indikator inovasi yang dikemukakan oleh Everret M. Roggers yang terdiri dari lima indicator yakni Relative Advantage (Keunggulan Relatif), Contability (Keserasian), Complexity (Kerumitan), Triability (Kemungkinan Ujicoba), dan Observability (Kemudahan diamati). Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi e-Filing merupakan sebuah inovasi yang diciptakan untuk mempermudah Wajib Pajak dalam penyampaian SPT melalui media elektronik. Hal ini dikarenakan e-Filing memiliki karakteristik keunggulan relatif. Tetapi masih banyak Wajib Pajak yang belum mengerti dan memahami E-Filing. Namun makin lama sebuah inovasi diperkenalkan dan dicoba oleh masyarakat maka tingkat adopsi dari sebuah teknologi akan semakin tinggi. faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi dalam penyampaian SPT Tahunan menggunakan sistem e-filing yaitu Efesiensi waktu, persepsi kemudahan, efektifitas pelayanan, kompleksitas, kerahasiaan dan keamanan yang masing masing dapat mempengaruhi tingkat kepatuhan wajib pajak dalam menggunakan sistem e-filing. faktor penghambat dalam persepsi terhadap kegunaan, kemudahan, kesukarelaan, faktor sosial berpengaruh terhadap minat Wajib Pajak dalam menggunakan e-Filing. Penerapan e-Filing tidak meningkatkan kepatuhan WP OP dengan alasan: 1) kurang sosialisasi, 2) infrastruktur belum memadai, 3) pengetahuan SDM masih minim, 4) pemahaman penggunaan internet masih minim, 5) sering terjadi pemadaman listrik yang mengakibatkan penurunan kualitas jaringan internet, dan 6) perlu penyesuaian peralihan penerapan e-Filing. Pelaksanaan e-Filing meningkatkan jumlah penyampaian SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi dan Wajib Pajak merasa lebih praktis, mudah, cepat dan efisien. Namun terdapat kendala yaitu kurangnya pengetahuan wajib pajak dan sulit meyakinkan wajib pajak bahwa dengan e-Filing menjadi lebih mudah dan efisien.

 Kata kunci: e-government; inovasi; pajak; e-filing


Full Text:

PDF

References


Dewi, Mega Hayuning Puspa, Sulandari, Susi, Rostyaningsih, Dewi 2014 “Implementasi E-Government di Kabupaten Wonosobo” dalam Journal of Public Policy Volume 3, Nomor 2.

Endang, Asyarif, Forene, 2020 “Efektivitas Penggunaan E-Filing Dalam Rangka Meningkatkan Kepatuhan Pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi”. dalam Jurnal Ilmu Akuntansi Volume 2, Nomor 1, hlm: 12-20.

Gede Adi Yuniarta, Ni Kadek Sinarwati. 2017. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Wajib Pajak Dalam Menggunakan E-Filing”. Dalam Jurnal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 8, Nomor 2.

Indrajit, Richardus Eko. 2004. Electronic Government (Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi), Yogyakarta: ANDI.

Irmayani, Ririn , 2016 “Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak” dalam Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi Volume 4, Nomor 1.

M. Heru Akhmadi, 2017 “Determinan Keberhasilan E-Filing Pajak Di Indonesia: Studi Kasus Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Tamansari Dua” dalam Jurnal Pajak Indonesia, Volume 1, Nomor 1, hlm:44-51.

M. Yusuf, Siti yulianah. 2019. "Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-Goverment Pada Kantor Pelayanan Bersama Samsat Mataram." Dalam jurnal Open Journal System Media Bina Ilmiah. Volume 13 No. 8.

Mardahayati, 2012. “Perencanaan Pengembangan E-Government Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan dan Layanan Publik Di Kota Solok” dalam Jurnal Ilmiah Administrasi Volume 13, No 1, hlm: 170-179.

Muharam, Riki Satia ; Melawati, F. (2019). Inovasi Pelayanan Publik Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Di Kota Bandung. Jurnal Administrasi publik.

Muharam, Satria Riki, 2019 “Inovasi Pelayanan Publik Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 di Kota Bandung” dalam Jurnal Adminstrasi Publik Volume 1, Nomor 1, hlm: 39-47.

Nanik Ermawati, Zamrud Mirah Delima, 2016 “Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kegunaan, dan Pengalaman terhadap Minat Wajib Pajak Menggunakan Sistem E-Filing (Studi Kasus Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kabupaten Pati)”. dalam Jurnal Akuntansi Indonesia Volume 2, Nomor 5, hlm:163-174.

Noviandini, Nurul Citra, 2012 “Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan E-Filling Bagi Wajib Pajak di Yogyakarta”. dalam Jurnal Nominal Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen Volume 1, Nomor 1, hlm: 15-22.

Retnoayu setiawan, Niken dkk. 2019. "Inovasi Pelayanan Publik Melalui Program E-samaat Di Kantor Samsat Kota Samarinda". Dalam eJournal Pemerintahan Integratif. Volume 7, Nomor 1, Hal: 11-20.

Suaed, Falih dan Bintoro Wardiyanto. 2010. Revitalisasi Administrasi Negara, Reformasi Birokrasi dan E-Governance, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D), Bandung : Alfa Beta.

Suharsono, Agus. 2018. “ E-Spt Dan E-Filing Dari Perspektif Undang-Undang Informasi Dan Transaksi Elektronik ” dalam Jurnal Simposium Nasional Keuangan Negara.

Suwarno, Yogi. 2008. Inovasi Di Sektor Publik, Jakarta: Stia-Lan.

Syahputra, Andi. 2019. “ Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam Penyampaian SPT Tahunan dengan Menggunakan Sistem E-Filing pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pramata Lubuk Pakam “ dalam Jurnal Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara (RI-USU).

Ulyani, T. A. 2017. Pengaruh Persepsi Wajib Pajak Atas Penerapan E-system Dan Account RepresentativeTerhadap Kepatuhan Wajib Pajak. E-Journal Akuntansi Universitas Halu Oleo Kendari. Universitas Halu Oleo Kendari. Sulawesi Tenggara.Waluyo. 2011. Perpajakan Indonesia, Jakarta: Salemba Empat.

Widyaja, F.U. 2014. “Implementasi E-Filing Di Indonesia”. Dalam Jurnal Sistem Informasi. Volume 1, hlm: 9-20.

Zuhal. 2013. Gelombang Ekonomi Inovasi: Kesiapan Indonesia Berselancar di Era Ekonomi Baru, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama




DOI: https://doi.org/10.24853/penta.1.1.35-44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Visitors

Flag Counter

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Powered by Puskom-UMJ