PERAN PRODUK MANAGER DALAM PENGEMBANGAN APLIKASI SI CANTIK

Novinda Serikandi Serikandi, Ainaya Nazilatul Fathinia Muqaffa, Revindra Al Ghivary

Abstract


Si Cantik merupakan singkatan dari Aplikasi Layanan Perizinan Terpadu untuk Publik berupa sitem cloud yang dapat digunakan oleh instansi pemerintahan secara gratis. Sicantik sendiri merupakan aplikasi berbasis web yang terintegrasi dengan online single submission (OSS) untuk perizinan dan non perizinan yang dilakukan oleh Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) pemerintah baik di pusat maupun daerah. Aplikasi ini dikembangkan guna memfasilitasi layanan perizinan yang transparan, efektif dan efisien. Produk manager atau manajemen produk adalah suatu fungsi strategis dalam organisasi perusahaan yang berurusan langsung dengan hal-hal terkait pengembangan produk, pembenahan bisnis, peluncuran produk, hingga menentukan strategi pemasaran suatu produk di perusahaan. Produk mananger berkaitan dengan pengembangan produk. Maka dari itu produk manager diperlukan untuk pengembangkan aplikasi Si Cantik. Jenis dari penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, serta Teknik pengumpulan data dengan studi kepustakaan atau literatur. Si Cantik dirancang untuk menangani proses perizinan dan non perizinan, mulai dari tahap permohonan sampai dengan penertbitan dokumen, dan pembuatan laporan eksekutif yang terintegrasi. Peran produk manager akan membantu dalam pengembangkan aplikasi Si Cantik. Produk manager akan menggunakan 12 tools dalam mempermudah tugasnya. 12 tools ini akan digunakan untuk pengembangan aplikasi Si Cantik dan juga menambahkan fitur yang nantinya akan memberi kemudahan dan kenyamanan pelayanan bagi masyarakat.

 Kata kunci: pengembangan; produk manager; si cantik


Full Text:

PDF

References


Adieb Maulana, 2021. Semakin Diminati, Seperi Apa Karier dan Tanggung Jawab Product Manager. [Online] Tersedia: https://glints.com/id/lowongan/product-manager/#.Yuog13bP25c. [3 Agustus 2022].

Agustini Pratiwi, 2020. Aplikasi Cerdas Layanan Perizinan Terpadu untuk Publik (SiCantik). [Online] Tersedia: https://aptika.kominfo.go.id/2020/01/aplikasi-cerdas-layanan-perizinan-terpadu-untuk-publik-sicantik/. [3 Agustus 2022].

KOMINFO, 2022. Sicantik – Portal Layanan Publik Terintegrasi Kemkominfo. [Online] Tersedia: https://layanan.kominfo.go.id/faqs/76080863759d4cd149ac672004298453. [3 Agustus 2022].

Liputan Media, 2021. SiCantik Cloud Berikan Kemudahan Perizinan Daerah. [Online] Tersedia: https://aptika.kominfo.go.id/2021/11/sicantik-cloud-berikan-kemudahan-perizinan-daerah/. [3 Agustus 2022].

Nurrahman Agung, Rahman Jamila, 2021. “ Efektivitas Sicantik Cloud Pada Pelayanan Publik Perizinan Berbasis E-Government Dikabupaten Purwakarta” dalam Jurnal Teknologi dan Komunikasi Pemerintahan Vol.3 No.2, hlm: 31-50

Seprianti, R., Susanto, A., & Friansyah, I. G. (2022). Analisis Sistem Pelayanan Perizinan Online “Si Cantik” Berbasis Web Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dpmptsp) Kabupaten Karimun. Jurnal Tikar, 3(1), 52-62.

Utami Putri Eliya, Frinaldi Aldri, 2021. “ Efektivitas Penerapan Aplikasi Sicantik di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Bukit Tinggi” dalam Jurnal Manajemen dan Ilmu Administrasi Publik Volume 3 Nomor 1, hlm: 22-30.




DOI: https://doi.org/10.24853/penta.1.1.45-49

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Visitors

Flag Counter

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Powered by Puskom-UMJ