ANALISIS PENGADAAN BARANG DAN JASA DI PT. PERTAMINA RETAIL

Nurul Alifia Risky, Nida Handayani

Abstract


Pengadaan barang dan/atau jasa disetiap isntansi pemerintah atau perusahaan baik milik negara maupun swasta menjadi faktor pendukung dalam kegiatan operasional yang ada didalamnya. Salah satu perusahaan yang didalam aktivitasnya terdapat melakukan kegiatan pengadaan barang dan/atau jasa yaitu PT Pertamina Retail. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengadaan barang dan/atau jasa di PT Pertamina Retail. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan observasi, wawancara dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengadaan barang dan/atau jasa di PT Pertamina Retail telah terstruktur baik dengan terlaksananya tahapan-tahapan pengadaan barang dan/atau jasa dan telah mengimplementasikan e-procurement yang bernama sistem I-Care dan I-Vendz.

 Kata kunci: pengadaan; e-procurement


Full Text:

PDF

References


Admin bpbjsetda. (2021, Maret 02). Apa itu Pengadaan Barang dan Jasa. Dipetik Juli 30, 2022, dari Pemerintah Kabupaten Buleleng Bagian Pengadaan Barang dan Jasa: https://bpbjsetda.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/21-apa-itu-pengadaan-barang-dan-jasa

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kulitatif. Humanika, 21(1).

Kartiningrum, E. D. (2015). Panduan Penyusunan Studi Literatur. 5.

Nur Ilmi Faisal, J. M. (2017). Analisis Sistem Pengadaan Barang dan Jasa (Penunjung Langsung) Pada Di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Manado. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern, 12(2).

Pratiwi Putri, G. M. (2018). Penerapan Siap Dalam Proses Pengadaan Barang dan Jasa Secara Elektornik Untuk Mewujudkan Good Governance Di Pemerintah Kabupaten Buleleng. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika, 8(3).

PT Pertamina Retail. PT Pertamina Retail. Dipetik Juli 30, 2022, dari Procurement : https://pertaminaretail.com/procurement/

Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. Equilibrium, 5(9)..




DOI: https://doi.org/10.24853/penta.1.1.51-56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Visitors

Flag Counter

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Powered by Puskom-UMJ