PERAN VISUALISASI DATA UNTUK MENUNJANG ANALISA DATA KEPENDUDUKAN DI INDONESIA

Revindra Al Ghivary, Mawar Mawar, Nadia Wulandari, Novinda Srikandi, Ainaya Nazilatul M. F

Abstract


Visualisasi data pada era ini sudah sangat banyak sekali output atau hasil nya tetapi kita juga harus tahu proses apa saja yang sudah di lewati untuk bisa menghasilkan visualisasi yang baik dan bisa menjelaskan data tersebut dengan tepat.  Metode dalam penelitian yang di pakai yakni metode penelitian deskrifitf dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan studi kepustakaan atau literatur review. visualisasi data akan sangat menunjang sebuah analisa data kependudukan yang mana kedua hal tersebut saling bergantung satu sama lain, karena sebuah analisa data akan lebih mudah jika di visualisasikan dalam bentuk grafik atau tabel dari data yang sudah di analisa .sehingga analisa yang sudah di lakukan dapat di baca dan di pahami oleh orang lain walaupun  bukan seorang analis data tersebut.

 Kata kunci: visualisasi data; analisa data; kependudukan


Full Text:

PDF

References


Aditya, Mohamad Adhisyanda, R. Dicky Mulyana, I. Putu Eka, and Septian Rheno Widianto. 2020. "Penggabungan Teknologi Untuk Analisa Data Berbasis Data Science." Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) 1(1):51-56.

Agnes (2021). 4 Manfaat Visualisasi Data untuk Setiap Bisnis Perlu Ketahui. [online] Dqlab.id. Available at: https://www.dqlab.id/4-manfaat-visualisasi-data-untuk-setiap-bisnis-perlu-ketahui.

Athoillah, M., Pramesti, W., & PH, E. M. (2020). Pelatihan Analisa Statistika Deskriptif Data Kependudukan Dengan Menggunakan Microsoft Excel Di Desa Gedangan Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. J-Adimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 8(1), 16-21.

Dicoding Indonesia (2017). Developer Academy: Memulai Pemrograman Dengan Python. [online] Dicoding. Available at: https://www.dicoding.com/academies/86

Galuh Nurvinda. 2021. "Apa Itu Analisis Data Dan Mengapa Analisis Data Penting?" Dqlab.Id. Retrieved August 4, 2022 (https://www.dqlab.id/apa-itu-analisis-data-dan-mengapa-analisis-data-penting).

Geofanni Nerissa Arviana (2020). Mengenal Tableau, Software yang Bisa Ubah Datamu Jadi Visual Menarik. [online] Glints Blog. Available at: https://glints.com/id/lowongan/tableau-adalah/#.Yune-r1BzIV.

Mohamad Adhisyanda Aditya, R. Dicky Mulyana, I Putu Eka and Septian Rheno Widianto (2020). Penggabungan Teknologi Untuk Analisa Data Berbasis Data Science. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), [online] 1(1), pp.51-56.

Muhammad Ariffudin (2021). Apa itu PostgreSQL? Mengenal Database PostgreSQL. [online] Niagahoster Blog. Available at: https://www.niagahoster.co.id/blog/postgresql-adalah/




DOI: https://doi.org/10.24853/penta.1.1.57-62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Visitors

Flag Counter

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Powered by Puskom-UMJ