INOVASI LAYANAN SURAT IZIN MENGEMUDI (SIM) MELALUI LAYANAN SINAR (SIM NASIONAL PRESISI) DI TANGERANG SELATAN

Sabrina Kartika Wulan, Erika Erika, Nurul Ma’rifah, Farhani Farhani, Titania Yasmin Novandra

Abstract


Masyarakat kini dapat memperpanjang SIM dengan lebih mudah secara online dengan adanya layanan SIM Nasional Presisi (SINAR) di aplikasi digital Korlantas Polri. Dikutip dari website Digitalkorlantas.id, aplikasi ini memiliki banyak fitur. Tidak hanya layanan SINAR namun juga layanan SIGNAL (Samsat Digital Nasional) berupa pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) bahkan layanan NTMC Polri berupa informasi jadwal mobile SAMSAT dan CCTV yang berfungsi memantau kondisi lalu lintas secara real time. Ada juga layanan ETLE (Electronic Traffic Enforcement) untuk notifikasi real-time tentang E-Tilang. Layanan SIM identik dengan layanan yang kompleks dan prosedur yang kompleks yang muncul dari banyak hal lain yang harus diurus, seperti persyaratan administratif untuk tes tertulis dan latihan. Masyarakat mengeluhkan semakin kompleksnya layanan SIM. Antrean panjang berjam-jam atau bahkan sehari saja tidak cukup. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui inovasi pelayanan SIM melalui layanan SINAR (SIM Nasional Presisi) di Tangerang Selatan. Pendekatan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai informan dan pendukung serta mengamati penerapan SINAR. Hasil dari penelitian ini adalah inovasi rencana layanan SIM berbasis aplikasi yang diterapkan oleh  Kota Tangerang Selatan dalam rangka pengembangan e-government sebagai bentuk implementasi smart governance. Selain itu, inovasi SINAR ini dibuat untuk meminimalisir keberadaan perantara saat pembuatan SIM di SATPAS Cilenggang Tangerang Selatan.

 Kata kunci: inovasi; pelayanan; SIM; SINAR (SIM Nasional Presisi)


Full Text:

PDF

References


Cahyani, LI. (2021) “Transformasi Manajemen Kepolisian Melalui Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi SIM Nasional Presisi (SINAR)” Jurnal Mahasiswa Administrasi Negara, Available at : https://jom.untidar.ac.id/index.php/jman/article/view/1982/pdf (Accessed 3 November 2022).

Ediyanti, M. (2021) “Akuntabilitas Layanan Surat Izin Mengemudi Keliling di Jawa Tengah”, Avalilabe at : https://www.ojs.uma.ac.id/index.php/perspektif/article/view/5346 (Accessed 5 November 2022).

Fidianingsih, V. (2020) “Inovasi Layanan e-SIM (Elektronik Surat Izin Mengemudi) Sebagai Upaya Meningkatkan Pelayanan di Kepolisian Resort Kota Sidoarjo”, Publika, Available at:

https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/27/article/view/36023/32038 (Accessed 3 November 2022).

Fitriatul, I. (2023) “Strategi Peningkatan Layanan Surat Izin Mengemudi Melalui Layanan SINAR (SIM Presisi Nasional) di Kantor Satuan Lalu Lintas Polres Kabupaten Gresik”, Publika, pp. 1361-1372, Available at : https://ejournal.unesa.ac.id (Accessed 3 November 2022).

Hayati, N. (2020) “Hubungan Efektivitas Program Layanan SIM Online dengan Kepuasan Masyarakat di Polresta Padang”, Eksiklopediaa Social Review, Available at : https://jurnal.ensiklopediaku.org/ojs-2.4.8-3/index.php/sosial/article/view/579 (Accessed 4 November 2022).

Indrajit, Richardus Eko, 2002, Electronic Government Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital, Yogyakarta: Andi.

Indrajit, Richardus Eko. 2002. Membangun Aplikasi e-Government. Yokyakarta: Andi. Kadir, Abdul. 2007. Pengenalan Sistem Informasi, Yogyakarta: Andi.

Korlantas POLRI. 2021. Layanan Perpanjangan SIM Berbasis Aplikasi Sinar Diluncurkan, Ini Alurnya. Available at : www.korlantas.polri.go.id (Accessed 3 November 2022)

Kumorotomo, W& Margono, S.A. (2004). Sistem Informasi Manajemen dalam Organisasi Publik, Yogyakarta: Gama Press.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik.

Pramono, K. (2021) “ Efektivitas Layanan Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satlantas Polrestabes Semarang”, Available at : https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/fh1/article/view/8713 (Accessed 5 November 2022).

Purnamasari, H. (2020) “Kualitas Pelayanan Publik dalam Pembuatan Surat Izin Mengemudi Kendaraan Motor (SIM C) di Polres Karawang”, Available at : https://journal.unsika.ac.id/index.php/politikomindonesiana/article/view/4542 (Accessed 6 November 2022).

Putra, T. (2017) “Optimalisasi Program SIM Online Guna Mendukung Pelayanan SIM di Wilayah Hukum Polres Magelang”, Available at : https://journal.akademikepolisian.com/index.php/ijps/article/view/37 (Accessed 5

November 2022).

Sekretariat Negara RI, Undang-Undang RI Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, (Jakarta, 2009), bab I, Pasal 1 ayat (1).

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suhartono, S. (2015) “Perpanjangan Surat Izin Mengemudi Melalui Mobil Layanan dan SIM

Corner”, Available at : http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/dih/article/view/443/407 (Accessed 5 November 2022).

Sutarman. 2009. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutrisno. (2018) “Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Pada Layanan SIM Berbasis Online (E-PAS) di Kepolisian Resor Bantul”, Available at : http://eprint.stieww.ac.id/667/1/161503267%20SUTRISNO.pdf (Accessed 5 November 2022).




DOI: https://doi.org/10.24853/penta.1.1.93-101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Visitors

Flag Counter

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Powered by Puskom-UMJ