STRATEGI OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA DALAM MENSOSIALISASIKAN PERAN KEPADA MASYARAKAT

Febry Renaldi, M. Khoirul Anwar

Abstract


Masih banyak permasalahan dalam sistem pemberian pelayanan publik di Indonesia yang perlu diperbaiki. Masyarakat sangat membutuhkan fungsi Ombudsman Republik Indonesia, sebuah lembaga pemerintah, terutama dalam hal pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik. Namun keberadaan Ombudsman masih kurang dirasakan oleh masyarakat karena masih banyak masyarakat yang belum mengetahui apa itu Ombudsman dan apa fungsinya. Oleh karena itu, sangat penting bagi Ombudsman untuk terlibat dalam sosialisasi kepada masyarakat. Berdasarkan teori Alfred Chandler, penelitian ini berupaya memahami dan mengevaluasi strategi Ombudsman dalam mensosialisasikan fungsi Ombudsman, termasuk tujuan jangka pendek dan jangka panjang, pemilihan tindakan, dan alokasi sumber daya. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa indikator sasaran formulasi jangka panjang saat ini sudah memiliki tujuan sosialisasi, landasan hukum, dan sasaran yang jelas. Terkait indikator pemilihan tindakan, Ombudsman menggunakan strategi pemilihan tindakan sosialisasi yang bertujuan menjangkau seluruh lapisan masyarakat melalui berbagai teknik, antara lain teknik sosialisasi secara langsung seperti seminar, diskusi publik, pameran, workshop, kunjungan Ombudsman ke kampus, dan PVL on the spot. Kemudian teknik secara tidak langsung melalui media cetak, penyiaran, dan media sosial. Dari segi indikator alokasi sumber daya, masih terdapat kekurangan personel dengan spesialisasi yang dapat membantu mencapai tujuan sosialisasi serta belum memadainya pengarahan dan pengembangan keterampilan sumber daya manusia yang ada saat ini. Jangkauan dan cakupan yurisdiksi Ombudsman yang sangat luas menjadi faktor pendukung dalam sosialisasi. Sementara kurangnya infrastruktur, kurangnya sumber daya manusia, dan terbatasnya anggaran menjadi masih menjadi faktor penghambatnya

Kata Kunci: Ombudsman; Peran; Strategi; Sosialisasi


Full Text:

PDF

References


Buku :

Nurdin, I. (2019). Kualitas Pelayanan Publik. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Robert. (1996). Pelayanan Publik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rohman, A. (2017). Dasar-Dasar Manajemen. Malang: Inteligensia Media.

Salusu. (2015). Pengambilan Keputusan Stratejik: Untuk Organisasi Publik Dan Organisasi Non Profit. Jakarta: Grasindo.

Umar, Husein. (2005). Strategic Management In Action. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sellang Kamaruddin, Jamaluddin, & Ahmad Mutsanir. (2019). Strategi Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Jawa Timur: CV. PENERBIT QIARA MEDIA.

Amstrong, Kotler. (2003). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Indeks Gramedia.

David, F.R (2010). Manajemen Strategi: Konsep. Jakarta: Salemba Empat edisi 12.

J.David Hunger, Thomas L.Wheelen. (1996). Manajemen Strategis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Umar, Husein. (1999). Riset Strategi Perusahaan. Jakarta: PT. Gramedia.

Longenecker, Justin G. (2010). Kewirausahaan: Manajemen Usaha Kecil, Buku Satu. Jakarta: Salemba Empat.

Musjadjar. (2013). Sosiologi Gender Dalam Keluarga Bugis. Makasar: Rayhan Intermedia.

Irhomi, T.O. (1999). Bunga Rampai: Sosiologi Keluarga. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Khoirudin. (2008). Sosiologi Keluarga. Yogyakarta: Liberty.

Widodo. (2001). Etika Birokrasi Dalam Pelayanan Publik. Malang: Citra.

Hasibuan. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taufiqurokhman. (2016). Manejemen Stratejik. Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama.

Taufiqurokhman, & Satispi Evi. (2018). Teori dan Perkembangan Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: UMJ PRESS.

Jurnal :

Bisri, M. H., & Asmoro, B. T. (2019). Etika Pelayanan Publik di Indonesia. Journal of Governance Innovation, Volume 1 (1), 59–76.

Chyntia Dewi, R., & Suparno. (2022). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Media Administrasi, Volume 7 (1), 78–90.

King, T., Kiyai, R. B., & Mambo, R. (2019). Strategi Pemerintah Dalam Meningkatkan Pengembangan Parawisata di Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara. Jurnal Administrasi Publik, Volume V (084), 70–82.

Rizwi Aisyah, C, & Rahmawati. (2017) Strategi Ombudsman RI Perwakilan Aceh Dalam Mensosialisasikan Peran Ombudsman Kepada Masyarakat Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Volume 4 (3), 1-17.

Gleko, P., Suprojo, A., & Lestari, A. W. (2017). Strategi Komisi Pemilihan Umum Dalam

Upaya Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat Pada Pemilihan Umum Kepala Daerah. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Volume 6 (1), 38-47.

Mohi, W. K., & Botutihe, N. (2020). Strategi Pemerintah Daerah dalam Meningkatkan Pelayanan pada Masyarakat Melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Jurnal Ilmu Administrasi, Volume 9 (2), 115–124.

Oktriastra, K. (2020). Strategi Pengembangan dan Implementasi Smart City Pemerintah Kota Pontianak. Jurnal Indonesia Sosial Sains, Volume 1 (5), 426–447.

Syaharuddin, Agustang, A., Idkan, M. A., & Rifdan. (2021). Strategi Dinas Sosial Dalam Penanganan Anak Jalanan di Kota

Makasar. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, Volume 5 (4), 1621–1626.

Baturangka T, Kawoan J, Singkoh, F. (2019) Peran Dinas Sosial Kota Manado Dalam Pemberdayaan Masyarakat Penyandang Disabilitas. Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, Volume 3 (3), 1-9

Solechan. (2018) Memahami Peran Ombudsman Sebagai Badan Pengawas Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Indonesia. Administrative Law & Governance Journal, Volume 1 (2), 67-81

Artikel Berita :

Ombudsman Republik Indonesia : https://ombudsman.go.id/

Danang Girindrawardana, 2012. “Peran Ombudsman Republik Indonesia”, https://ombudsman.jogjaprov.go.id/peran-ombudsman-republik-indonesia/, diakses pada 9 Agustus 2022 Pukul 14.26




DOI: https://doi.org/10.24853/penta.1.2.115-124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Visitors

Flag Counter

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Powered by Puskom-UMJ