PENERAPAN SISTEM APLIKASI TANGSEL PAY DALAM MENINGKATKAN LAYANAN KEUANGAN DIGITAL DI KOTA TANGERANG SELATAN

Risma Wati, Qiqi Asmara

Abstract


Artikel ini membahas tentang penerapan sistem aplikasi TangselPay dalam meningkatkan layanan keuangan  digital di Kota Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan  pendekatan kualitatif dan menggunakan teori DeLone dan McLean. Hasil penelitian pada indikator  kenyamanan akses bahwa fitur pada aplikasi TangselPay dianggap sudah nyaman, namun masih terdapat  kesulitan ketika login yang membutuhkan waktu lama. Mengenai keluwesan/fleksibilitas, aplikasi  TangselPay masih kurang fleksibel karena ketika terdapat penambahan fitur atau Channel aplikasi  TangselPay mengalami maintenance. Mengenai realisasi dari ekspektasi-ekspektasi pemakai, bahwa  aplikasi TangselPay sudah memenuhi ekspektasi pengguna dalam memperoleh informasi. Mengenai  kegunaan fungsi-fungsi spesifik, bahwa keberagaman fitur spesifik memberikan pelayanan yang baik untuk  melakukan pembayaran dan fitur-fitur tersebut mudah digunakan. Mengenai keandalan sistem bahwa  aplikasi TangselPay merupakan layanan bertransaksi secara digital pertama yang dibuat oleh Pemerintah  Daerah Kota Tangerang Selatan untuk mempermudah pembayaran dan aplikasi TangselPay dapat  menyelesaikan masalah terkait pembayaran. Mengenai kecepatan akses, bahwa kecepatan akses aplikasi  TangselPay sudah cukup cepat dan optimal.

Kata Kunci : Sistem Informasi, Aplikasi Tangsel Pay, Digital

Full Text:

PDF

References


Diat Prasojo, L. (2013). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Yogyakarta : UNY Press.

Firkawati, F. , M. Mappamiring, M., & Nasrulhaq, N. (2022). Penerapan E-Government di Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP),3(2), 699–711.

Gaol, L, Jimmy (2008). Sistem Informasi Manajemen pemahaman dan Aplikasi. Jakarta:PT Grasindo.

lham, W. M., Subowo, A., & Afrizal, T. (2022). Implementasi Program TangselPay di Kota Tangerang Selatan dalam Rangka Mencapai Smart City. Journal of Public Policy and Management Review, 12(1), 140-162.

Irawan, A. (2018). Sistem Pelayanan Publik Berbasis E-Government Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Merauke. Jurnal Ilmu

Administrasi Dan Sosial, 7(1), 20– 37.

Jogiyanto. (2007). Model Kesuksesan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

O’Brien dan Markas. (2010). Management System Information. Mc Graw Hill, New York.

Maulidah, H., Krisdiyawati, K., & Utami, E. U. S. (2022). Peran Financial Technology Berbasis Digital Payment System E-Wallet dalam Meningkatkan Literasi Keuangan. Jurnal Riset dan Jurnal Akuntansi, 6(4).

Nur, B. S., & Hendratmi, A. (2020). Pengembangan Layanan Keuangan Digital Pada Lembaga Keuangan Non Bank (Studi Kasus Koperasi Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan). Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 7(3), 532.

Stephens, Matthew P. (2004). Productivity and Reliability Based Maintenance Management. Pearson Education Inc: New Jersey




DOI: https://doi.org/10.24853/penta.1.2.189-200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Visitors

Flag Counter

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Powered by Puskom-UMJ