KUALITAS PELAYANAN PUNLIK BERBASIS WEB DARI PERSPEKTIF MASYARAKAT DI DESA CINUNUK

Khalid Aldien, Dava Lingga Bagaskara, Wandi Imam Subakti

Abstract


Melalui transformasi digital, pelayanan publik telah mengalami peningkatan yang signifikan. Inovasi-inovasi baru yang muncul dalam penyediaan layanan membuktikan bahwa teknologi dapat mengubah interaksi antara pemerintah dan masyarakat menjadi lebih baik. Digitalisasi juga berhasil mengurangi stigma terhadap birokrasi. Masyarakat menjadi lebih percaya diri dan puas dengan layanan yang diberikan oleh pemerintah karena adanya upaya nyata untuk beradaptasi dengan perubahan zaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, sementara teknik penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka dan penelitian lapangan yang melibatkan observasi non-partisipan, serta penyebaran kuesioner sensus kepada 40 responden. Berdasarkan penelitian, digitalisasi yang terjadi dalam penggunaan situs web desa membantu masyarakat untuk mengetahui lebih banyak tentang Desa Cinunuk. Seperti agenda acara desa, layanan desa, dan informasi tentang Desa Cinunuk itu sendiri. Selain itu, efisiensi situs web desa bergantung pada perspektif masyarakat sebagai pengguna situs web.

Kata kunci: Optimalisasi; Publik; Digitalisasi


Full Text:

PDF

References


Peraturan/Undang-Undang :

Keputusan MENPAN Nomor 63/2004 Juknis Transparansi dan Akuntabilitas dalam penyelenggaraan Pelayanan publik.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Jurnal :

Agung Nurrahman, Muhamad Dimas, Muhammad Falakhuddin Ma’sum, Muhammad Farhan Ino. (2021). Pemanfaatan Website Sebagai Bentuk Digitalisasi Pelayanan Publik Di Kabupaten Garut.

Agustianti, R., Nussifera, L., Angelianawati, L., Meliana, I., Sidik, E. A., Nurlaila, Q., ... & Hardika, I. R. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Tohar Media.

Setyawati, iin Endah. 2022. Analisis kinerja aparatur desa dalam penyelenggaran pemerintah desa di kantor desa Cinunuk. Bandung: FISIP Universitas Al-ghifari.

Sulistyanto, Ari. 2022. Pemberdayaan dan pendampingan masyarakat desa dalam transformasi digital pelayanan publik berbasis website.Jakarta Raya : Universitas bhayangkara.

Mohi, widya Kurniati, 2018, kualitas pelayanan publik di Desa Potang, Gorontalo : Jurnal ilmu Administrasi.

Jalil, Lili Abdul, 2023, Kualitas Pela Yanan Administratif Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bandung Barat (Studi Kasus Pelayanan Ktp), Bandung: JICA STIA Bagasasi.

Magdalena, Nur Maria, Steviana Br Sihombing, and Mellyana Candra. "Hambatan Dan Standar Pelayanan Publik Pada Pemerintah Daerah." Eksekusi: Jurnal Ilmu Hukum dan Administrasi Negara 2.1 (2024).

Satibi, Iwan. "Manajemen Publik Dalam Perspektif Teoritik dan Empirik." (2023).

Wirijadinata, Jat Jat. "Standar Pelayanan Publik Dalam Merealisasikan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah." Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja dan Administrasi Pelayanan Publik (2020).

Nur amin sholeh,ovan. 2021 transformasi kepemimpinan hmi sulawesi selatan.

Suhartono, Suhartono, Reimond Hasangapan Mikkael Napitupulu, and R. Muh Deddy Hanif Sardjito. "PENGUKURAN KINERJA KEUANGAN RETURN ON ASSETS (ROA) DAN RETURN ON EQUITY (ROE) BERDASARKAN PERUBAHAN LABA KOMPREHENSIF PADA PERUSAHAAN REASURANSI DI INDONESIA." JURNAL LENTERA BISNIS (2023).

Fadhli, Khotim, and Mukhibatul Khusnia. Manajemen sumber daya manusia (produktivitas kerja). Guepedia, 2021.

Lailul Mursyidah, M.AP ilmi Usrotin Choiriyah, M.AP. 2020. manajemen pelayanan publik. universitas muhammadiyah sidoarjo.

Riris Katharina, Robert Na Endi Jaweng 2020. pelayanan publik dan pemerintahan digital. Jakarta.

Wijoyo, Hadion, and Partono Nyanasuryanadi. "Analisis Efektifitas Penerapan Kurikulum Pendidikan Sekolah Minggu Buddha Di Masa Pandemi COVID-19." JP3M: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat 2.2 (2020).

Imam, Pratama. 2020. Pengaruh beban kinerja dan kualitas kerja terhadap kinerja karyawan akademi farmasi Indonesia Yogjakarta di masa pandemi. Jurnal riset akuntansi dan bisnis Indonesia STIE Widya Wisaha.




DOI: https://doi.org/10.24853/penta.2.1.1-10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Visitors

Flag Counter

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Powered by Puskom-UMJ