ANALISIS PENERAPAN GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL PADA DIREKTORAT JENDERAL KEKAYAAN INTELEKTUAL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA REPUBLIK INDONESIA

Ainaya Nazilatul Fathinia Muqoffa, Mawar Mawar

Abstract


Gaya kepemimpinan merupakan hal yang sangat penting didalam sebuah organisasi karena dengan adanya gaya kepemimpinan diharapkan akan adanya penerapan keterbukaan dan komunikasi antara pemimpin dan bawahan. Pada penelitian ini ditemukan beberapa permasalahan yang terdapat pada Subdirektorat Permohonan dan Publikasi yaitu pemimpin yang tidak melaksanakan koordinasi secara rutin antara pemimpin dan bawahan serta pemimpin yang kurang berinovasi pada kepemimpinannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis gaya kepemimpinan transformasional pada Subdirektorat Permohonan dan Publikasi. Dalam penelitian ini menggunakan teori Bass dan Avolio (2010) yaitu Pengaruh Ideal, Motivasi Inspirasional, Rangsangan Intelektual, dan Perhatian Individual. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada indikator pertama yaitu Pengaruh Ideal pemimpin sudah optimal, hal tersebut bisa dilihat dari pemimpin yang mampu memberikan teladan kepada bawahan dengan memberikan contoh ketepatan waktu. Pada indikator motivasi inspirasional pemimpin sudah menunjukan hasil yang sudah baik dimana pemimpin menginspirasi para bawahan dengan tidak segan memberikan pujian hal tersebut tentunya membuat bawahan lebih bersemangat dalam bekerja. Pada indikator rangsangan intelektual, ditemukan permasalahan yang dimana tidak optimal nya pemimpin dalam berinovasi untuk mengikuti perkembangan zaman. Permasalahan lain yang ditemukan pada indikator rangsangan intelektual adalah pemimpin tidak melaksanakan koordinasi atau rapat secara rutin dengan bawahan untuk mengevaluasi kerja pada Sub Direktorat Permohonan dan Publikasi Pemimpin mempunyai hubungan yang baik dengan para bawahan, hal itu ditunjukan dengan pemimpin selalu menanggapi segala saran dan keluhan yang diberikan oleh semua bawahan dan pemimpin juga menghilangkan batasan antara atasan dengan bawahan.

Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan Transformasional, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual

Full Text:

PDF

References


Buku :

Kartono, K. (2005). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: : PT. Raja Grafindo Persada.

Achua, C.F. & Lussier, R. N. (2010). Effective Leadership (4nd ed). SouthWestern : Cengage Learning

Wibowo. (2015). Perilaku dalam organisasi. Jakarta: Rajawali Pers

Yukl, G. (2010). Kepemimpinan dalam organisasi (5th ed.) Jakarta: Indeks.

Silaban, Pasaman. Pengaruh gaya kepemimpinan, budaya sekolah dan motivasi terhadap kinerja guru SMP swast , Harmoni Sosial:Jurnal Pendidikan IPS , Volume 6, No 1, Maret 2019 (49-60)

Hasibuan, Malayu S.P. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara. 2016.

Rothwell, J William., Stavros, M Jacqueline., Sullivan, L Roland. Practicing Organization Development (leading transformation and change). Fourth Edition. Hoboken, New Jersey. Canada. 2016.

Hidayat, A. (2018). Analisa Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Jakarta Timur, 1(1), 141–150.

Sedarmayanti. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi Dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Bass (2011), Transactional to Transformational Leadership Learning to Share the Vision,Organizational Dynamics.

Bass dan Avolio (2011), Full leadership development: Building the vital forces in organizations. Thousand Oaks, CA: Sage.

Robbins dan judge (2018), Perilaku Organisasi, Jakarta.

Jurnal/skripsi

Muhammad, R. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Transaksional Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis, 110 - 119.

Wasiman, “Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit di Kota Batam”,Jurnal Akrab Juara Vol. 3 No. 1 Edisi Februari 2018.

Lidya Rorimpandey,gaya kepemimpinan transformasional, transaksional, situasional, pelayanan dan autentik terhadap kinerja pegawai kelurahan di kecamatan Bunaken kota Manado.Jurnal EMBA Vol.1 No.4 Desember 2013.

Muhammad Najhan Noor “Analisis Gaya Kepemimpinan dan Motivasi dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan pada PT. Melati Mulya Valindo Group Banjarmasin” (Skripsi,2019).

Yusuf Fajar H, “Gaya Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Di Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara” (Skripsi, Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017).

Karim, Mohammad. Pemimpin transformasional di lembaga pendidikan islam, Malang: Uin-Maliki press, 2010.

Ramadhani, Suci. Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada BPJS Kesehatan Regional 1 medan, Fak. Ekonomi UMSU, 2015.

Harsiwi, A. (2011). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Budaya Organisasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen dan Kewirausahaan, Vol 5, no.1. Retrieved March, 7, 2016. from http://www.ejournal unisma.net/ojs/index.php/optimal/article/view/443.

Qori, & Husrin, I. L. A. (2013). Kepemimpinan karismatik vs kepemimpinan transformasional. 71 Analisa, 1(2), 70±77.

Pribadi, S. C., & Roesminingsih. E. (2014). Implementasi kepemimpinan transformasional di SD Muhammadiyah 4 Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 3(3), 56-65.

Sadeghi, A., & Pihie, A. L. Z. (2012). Transformational leadership and its predictive effects on leadership effectiveness. International Journal of Business and Social Science, 3(7), 186-197.

Stone, A. G., Russell, R. F., & Patterson, K. (2004). Transformational versus servant leadership: A difference in leader focus. Leadership & Organization Development Journal, 25(4), 349-361.

Sudarji, N. T. (2016). Analisa penerapan kepemimpinan transformasional pada PT. Wonojoyo Prima Mandiri Tulungagung. Agora, 4(2), 76- 82.




DOI: https://doi.org/10.24853/penta.2.1.63-70

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Visitors

Flag Counter

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Powered by Puskom-UMJ