COLLABORATIVE LEARNING UPAYA PENCEGAHAN GLOBAL WARMING DI PAUD CAHAYA KASIH IBU KOTA TANGERANG SELATAN

Ahmad Faisal, Alif Puspita Dewi, Indriana Syafitri, Marsya Zalfaa Bahri, Rabbani Priyotomo, Siti Sarah Nurfadlia

Abstract


Penelitian ini membahas penerapan pembelajaran kolaboratif  sebagai upaya preventif terhadap perubahan iklim global di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Cahaya Kasih Ibu di Kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dengan pendekatan Kualitatif. Penekanan diberikan pada bagaimana kolaborasi dalam pembelajaran dapat menjadi sarana efektif untuk meningkatkan kesadaran lingkungan anak usia dini dan mengajarkan praktik ramah lingkungan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam mitigasi dampak pemanasan global melalui pendidikan berbasis kolaboratif di lingkungan PAUD. Penelitian ini menggunakan teori yang dikemukaan oleh Vigo-Dagot (Kholifatul et al., 2023; Kurniawan et al., 2020) untuk memahami proses kolaborasi, kami menggunakan dan mengeksplorasi enam indikator. Indikator ini memberikan gambaran lengkap tentang kolaborasi yang dilakukan. Enam indikator tersebut adalah memutuskan isu, menentukan karakteristik masalah, mencari tahu siapa saja yang terlibat, mencari tau bagaimana mengimplementasikannya, mencari tau bagaimana menyelenggarakannya, dan mencari tau bagaimana mengevaluasi prosesnya.

Kata kunci: Pembelajaran Kolaboratif, Iklim Global, Pemanasan Global


Full Text:

PDF

References


Jurnal :

Abdullah, W. A. A. W., Razak, K. A., & Hamzah, M. I. (2021). KOLABORASI DALAM PENGHASILAN INOVASI PENGAJARAN: Collaboration in Producing Teaching Innovation. MANU Jurnal Pusat Penataran Ilmu Dan Bahasa (PPIB), 32(2), 1–18.

Fakhrurozi, J., & Adrian, Q. J. (2020). Ekranisasi Cerpen ke Film Pendek: Alternatif Pembelajaran Kolaboratif di Perguruan Tinggi. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 91–97.

Fitri, S. F. N. (2021). Problematika kualitas pendidikan di indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.

Fitriyanti, F., Laras, I. S., Khasanah, K., Anita, I. D., & Rahmawati, F. (2021). Implementasi Metode Collaborative Learning Dalam Pembelajaran Statistika Untuk Meningkatkan Keterampilan 4C (Critical And Problem Solving Skills, Collaboration Skills, Communication Skills, And Creativity And Innovation Skills) Pada Siswa Kelas XI. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 249–259.

Jihan, I., Asbari, M., & Nurhafifah, S. (2023). Quo Vadis Pendidikan Indonesia: Kurikulum Berubah, Pendidikan Membaik? Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(5), 17–22.

Junus, F. B., & Andula, N. (2020). Pengaruh implementasi moodle dan model pembelajaran kolaboratif pada lingkungan blended learning terhadap peningkatan pemahaman belajar mahasiswa. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(4), 797–806.

Khopifatu, I., Myrna, R., & Candradewini, ; Candradewini. (2023). KOLABORASI DALAM PENGELOLAAN WANA WISATA GUNUNG GALUNGGUNG DI KABUPATEN TASIKMALAYA. In Jurnal Administrasi Negara), Februari (Vol. 14, Issue 2).

Kurniawan, H., Tuah, D., Putra, F., Kepegawaian, B., Pengembangan, D., Daya, S., Provinsi, M., Riau, K., & Provinsi, P. (2020). Collaborative Governance dalam Pengelolaan Waduk Sei Pulai di Kota Tanjungpinang. Jurnal Widyaiswara Indonesia, 2(1), 1–20.

Kusumastuti, E. C., Prihandono, T., & Supriadi, B. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Dengan Media Sederhana Pada Pembelajaran Fisika Di Smp. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(2), 200–205.

Listiana, Y. R. (2021). Dampak Globalisasi Terhadap Karakter Peserta Didik dan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1544–1550.

Manurung, J. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF DENGAN STRATEGI QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRAN DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 SIPOHOLON SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020.

Ratnaningsih, D., & Septiana, S. (2019). Pembelajaran Kolaboratif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Smk Negeri 1 Kotabumi. Edukasi Lingua Sastra, 17(1), 21–28.

Wijanto, M. C., Tan, R., Sujadi, S. F., Panca, B. S., Toba, H., Yulianti, D. T., Budi, S., Santoso, S., Widjaja, A., & Nathasya, R. A. (2021). Implementasi Computational Thinking Melalui Pemrograman Visual dengan Kolaborasi Mata Pelajaran pada Siswa Menengah Atas. Sendimas 2021-Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 50–55.

Website :

Elvin, F. (2021, November). Aksi Edukasi Perubahan Iklim Sejak Taman Kanak-Kanak. Good News From Indonesia. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/11/30/aksi-edukasi-perubahan-iklim-sejak-taman-kanak-kanak (diakses pada 25 Desember 2023).

Fitriyanti, V., Basuningtyas, A., & Nasution, N. A. (2023, May). Tiga Cara Agar Pendidikan Bisa Jadi Solusi Perubahan Iklim. The Conversation. https://theconversation.com/3-cara-agar-pendidikan-bisa-jadi-solusi-perubahan-iklim-205567 (diakses pada 25 Desember 2023).

Kemdikbud.go.id (2021). Kolaborasi dalam Ekosistem Pendidikan Jadi Kunci Sukses Implementasi Program Sekolah Penggerak. Available at: https://ditsmp.kemdikbud.go.id/kolaborasi-dalam-ekosistem-pendidikan-jadi-kunci-sukses-implementasi-program-sekolah-penggerak/ (diakses pada 25 Desember 2023).

Maulana, A. H., & Diah Setiawan, S. R. (2021, September). Dua Belas Manfaat Tanaman Lidah Mertua, Bersihkan Udara Hingga Cegah Kangker. Kompas.Com. https://www.kompas.com/homey/read/2020/11/24/110100076/12-manfaat-tanaman-lidah-mertua-bersihkan-udara-hingga-cegah-kanker?page=all&_gl=1*dnx6qz*_ga*YW1wLThhV0d2NTAxUXgwUVdLc2VzRl8wSjJ4N3BCNHEyYjZsTGZ4Y2t5UTJiU2E3Uy14QVp5dFk3SGc2Tmx3VXlCVFk.*_ga_77DJNQ0227*MTcwMzYwMjUwNC4xMi4xLjE3MDM2MDI1MDQuMC4wLjA.#page2 (diakses pada 25 Desember 2023).

Pendi, S. (2023, October). BMKG Ungkap Suhu Tangsel Capai 39,4 Derajat Celcius. Beritatangsel.Com. https://beritatangsel.com/2023/10/20/bmkg-ungkap-suhu-tangsel-capai-394-derajat-celcius/ (diakses pada 25 Desember 2023).




DOI: https://doi.org/10.24853/penta.2.1.83-90

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Visitors

Flag Counter

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Powered by Puskom-UMJ