EFEKTIVITAS PROGRAM JAKPRENEUR DALAM MENINGKATAN TRANSFORMASI DIGITAL UMKM DI DAERAH KHUSUS JAKARTA

Izzatusholekha Izzatusholekha, Fajar Reza Rivaldi, Tazkiyatul Qolbi, Ziddane Rafian

Abstract


Daerah Khusus Jakarta mengalami peningkatan aktivitas usaha namun juga menghadapi kenaikan tingkat kemiskinan dan pengangguran yang signifikan, terutama selama tahun 2020 dan 2021. Pemerintah mendorong peran UMKM yang dapat membantu mengurangi pengangguran dengan menyerap tenaga kerja hingga 97%. memperburuk situasi ekonomi Indonesia, menyebabkan pertumbuhan negatif dan peningkatan pengangguran. Melalui Inovasi digital melalui program Jakpreneur, pemerintah fokus pada pengembangan UMKM. Namun, tantangan dalam pengembangan UMKM terkait dengan penggunaan teknologi informasi. Hanya sekitar 30% hingga 40% UMKM di Indonesia yang menggunakan teknologi informasi, menyebabkan rendahnya daya saing dalam pemasaran digital. Oleh karena itu, pengembangan UMKM berbasis digital seperti program Jakpreneur di Daerah Khusus Jakarta Jakarta dapat menjadi solusi yang efektif untuk meningkatkan partisipasi UMKM, mengurangi angka kemiskinan, dan meningkatkan daya saing UMKM di Jakarta. Pada penelitian ini penulis menggunakan teori difusi inovasi dari Everett M. Rogers dengan mengkaji melalui lima atribut inovasi yang meliputi keuntungan relatif, kompatibilitas, kompleksitas, triabilitas, dan observabilitas. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan program Jakpreneur. Diharapkan penelitian ini memberikan wawasan dan manfaat bagi UMKM untuk meningkatkan pemasaran dan daya saing mereka melalui transformasi digital.

Kata kunci: Transformasi Digital; Jakpreneur; UMKM


Full Text:

PDF

References


Andersson, P., Movin, S., Mähring, M., Teigland, R., & Wennberg, K. (2018). Managing digital transformation. SSE Institute for Research, Stockholm School of Economics.

Fajar, M. (2016). UMKM di Indonesia Perspektif Hukum Ekonomi (Ratih, Ed.). Pustaka Pelajar.

Kondoj, M., Langi, H., Putung, Y., & Kumaat, A. (2023). Model E-Commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Dalam Ekosistem Kewirausahaan Digital di Sulawesi Utara. Technomedia Journal, 8(2), 221–234. https://doi.org/10.33050/tmj.v8i2.2089

Putri, I., Mulyadi, A. I., Fajarin, S. D., & Eriyansyah, R. (2023). Transformasi Digital Umkm Kota Palembang. Jurnal Ilmu Komunikasi Balayudha, Vol 3 No.1(1), 28–40.

Rogers, E. M., & Singhal, A. (2003). Empowerment and communication: Lessons learned from organizing for social change. Annals of the International Communication Association, 27(1), 67-85.

Suwarno, Y. (2008). Inovasi di Sektor Publik.

Taufik, Y., Harto, B., Sumarni, T., Pramuditha, P., & Marhanah, S. (2023). Inovasi dan Resiliensi Untuk Mengoptimalkan Transformasi Digital di Sektor Kreatif. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 9(2), 299–309. https://doi.org/10.38204/atrabis.v9i2.1756

Triwijayati, A., Luciany, Y. P., Novita, Y., Sintesa, N., & Zahruddin, A. (2023). Strategi Inovasi Bisnis untuk Meningkatkan Daya Saing dan Pertumbuhan Organisasi di Era Digital. Jurnal Bisnis Dan Manajemen West Science, 2(03), 306–314. https://doi.org/10.58812/jbmws.v2i03.564

Badan Pusat Statistik. Diakses pada tanggal 22 Mei 2024.

Beritajakarta.id. Diakses pada tanggal 25 Mei 2024.

Jakpreneur.go.id. Diakses pada tanggal 27 Mei 2024




DOI: https://doi.org/10.24853/penta.2.2.205-216.%25y

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Visitors

Flag Counter

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Powered by Puskom-UMJ