STRATEGI PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS) KECAMATAN CILANDAK DALAM MENINGKATKAN AKREDITASI KE TINGKAT PARIPURNA

Adinda Lutfiana, Indriani Sri Lestari, Khairu Annisa, Sarah Sarah, Ria Puspita, Yudan Rasyid

Abstract


Puskesmas adalah lembaga pelayanan kesehatan yang harus menyediakan fasilitas kesehatan yang baik. Pencapaian kualitas pelayanan ditunjukan melalui akreditasi yang dimiliki, akreditasi juga merupakan syarat bagi puskesmas untuk bekerjasama dengan BPJS. Setiap puskesmas berlomba-lomba membuat strategi agar dapat meningkatkan akreditasi ke tingkat yang lebih tinggi. Puskesmas Kecamatan Cilandak salah satu puskesmas yang sudah meraih dua (2) kali akreditasi Paripurna, yaitu pada tahun 2016 dan 2019. Berdasarkan data tersebut, penelitian ini bertujuan untuk membahas bagaimanakah strategi pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) kecamatan cilandak dalam meningkatkan akreditasi ke tingkat Paripurna. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang dianalisis adalah hasil wawancara, observasi, serta dokumentasi di Puskesmas Kecamatan Cilandak. Hasil penelitian menggunakan teori Wheleen dan Hunger (1998:8) pada indikator Implementasi Strategi, dengan tiga sub Indikator yaitu: (1) Pengembangan Program, strategi pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Cilandak dalam meningkatkan akreditasi ke tingkat Paripurna adalah dengan menjalankan program-program yang sudah berjalan seperti sebelumnya, karena semua program dan kegiatan pelayanan yang berjalan seperti Upaya Keehatan Perorangan dan Upaya Keehatan Masyarakat, sudah masuk ke dalam daftar instrumen penilaian akreditasi. Namun untuk menambah penilaian akreditasi, Puskesmas Kecamatan Cilandak rajin memberikan inovasi-inovasi program pelayanan kesehatan kepada masyarakat dalam rangka menjawab permasalahan yang ada di masyarakat wilayah Kecamatan Cilandak. Sistem kerja yang diterapkan di puskesmas sudah mayoritas digital, hanya pada pelayanan masyarakat ada beberapa yang masih manual sesuai dengan kebutuhan masyarakat ; (2) Anggaran, yaitu APBN, APBD dan BLUD (dana yang dikelola sendiri) oleh Puskesmas, setiap anggaran dikelompokkan untuk dialokasikan untuk keperluan pelayanan kesehatan, seperti gaji pegawai, alat, sarana dan prasarana, kegiatan, program serta keperluan dalam pemeliharaan gedungdan (3) Prosedur, Puskesmas memiliki beberapa SOP yang berbeda untuk setiap pelayanan, setiap SOP yang menyangkut kepentingan masyarakat maka akan diadakan sosialisasi sebelum nya.

Kata kunci: Akreditasi; Puskesmas; Strategi


Full Text:

PDF

References


Buku :

Syafika Alaydrus,dkk. (2020). “Ilmu Kesehatan Masyarakat”. Bandung: Widina Sakti Persada Bandung.

dr. Wayan Citra Wulan Sucipta Putri, MPH, dkk. (2017). “Dasar-dasar Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Edisi 1, Bagian Ilmu Kedokteran Komunitas Ilmu Kedokteran”. Bali:

Djaliel. (1997). “Prinsip dan Strategi Dakwah”.

Jakarta: Prenada Media.

Kuncoro. (2006). “Strategi: Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif?”.

Jakarta: Erlangga.

Nazarudin. (2020). “Manajemen Strategik”.

Palembang: NoerFikri Offset.

Eddy Yunus. (2016). “Manajemen Strategis”.

Yogyakarta: Andi.

Rahmat. (2014). “Manajemen Strategik”.

Bandung: CV Pustaka Setia.

Kaplan RS. dan David ,PN. (2000). “Balanced Scrorecard: Menerapkan strategi menjadi aksi”. Jakarta: Erlangga, hlm. 10

Mudrajad Kuncoro. (2006). “Strategi bagaimana meraih keunggulan kompetitif”.

Jakarta: Erlangga.

AB Susanto. (2005). “Manajemen Strategik Komperhensif”.

Jakarta: Erlangga.

Pearce dan Robinson. (1997). “Manajemen Strategi”.

Jakarta: Binarupa Aksara,.

J.Winardi. (2003). “Teori Organisasi dan Pengorganisasian”.

Jakarta, PT.Raja Grafindo.

Dr. Kusdi. (2009). “Teori Organisasi dan Adminitrasi”.

Jakarta,Salemba Humanika.

Wheelen TL dan J David Hunger. (2004). “Strategic Management and Business Policy”.

New Jersey: Ninth Edition. Prentice.

David FR. (2011). “Strategic Management : Consepts and Cases. Edition 13th Pearson Education”. Upper Saddle River New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Satrianegara, MF. (2014). “Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan”.

Jakarta: Salemba Medika.

Admin. (2014). “Standar Akreditasi Puskesmas”.

Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Sugiyono. (2017). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”.

Bandung: Alfabeta.

Elvinaro Ardianto. (2010). “Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif”. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Lexy J. Moleong. (2007). “Metode Penelitian Kualitatif”.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan/Undang-Undang :

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 128/Menkes/Sk/Ii/2004 tentang Kebijakan Dasar Pusat Kesehatan Masyarakat Menteri Kesehatan Republik Indonesia

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat

Peraturan Menteri Keehatan Republik Indonesia Nomor 27 tahun 2019 Tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 46 Tahun 2015 Tentang Akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama, Tempat Praktik Mandiri Dokter, dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi.

Peraturan Menteri Keehatan Republik Indonesia Nomor 46 tahun (2015) tentang Akreditasi Puskesmas.

Peraturan Menteri Kesehatan No. 7 Tahun 2021 tentang Akreditasi Puskesmas

Jurnal :

Dawanson, dkk. (2020). “Analisis Perbedaan Kualitas Pelayanan Sebelum Dan Sesudah Akreditasi Di Uptd Puskesmas Telang Siong Kecamatan Paju Epat Kabupaten Barito Timur”. Jurnal Mahasiswa Administrasi Publik dan Administrasi Bisnis, Vol. 3, No.2, e-SSN: 2723-0937.

Sinta Nurul Utami, dkk. (2021). “Efektivitas Akreditasi Puskesmas Puskesmas Terhadap Kualitas Puskesmas Medan Helvetia”. Jurnal Publik Reform UNDHAR MEDAN, Vol. 8, No. 2, ISSN : 2541-6537, ISSN : 2807-3452 (Online).

Dessy Sutanti, dkk. (2020). “Studi Analisis Ketercapaian Implementasi Kebijakan Akreditasi Puskesmas Dan Kinerja Puskesmas Di Kabupaten Kuningan”. Journal Of Public Health Inovation, Vol. 2 No. 2, e-ISSN: 2775-1155.

Septia Putri Arof, dkk. (2021). “Studi Mutu (Servqual) Dan Kepuasan Pasiem Berdasarkan Akreditasi Puskesmas”. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, Vol. 10, No. 1, p-ISSN : 2253-4234, e-ISSN : 2354-8185.

Misnaniarti, dkk. (2018). “Aspek Penting Akreditasi Puskesmas Dalam Mendukung Implementasi Jaminan Kesehatan Nasional”. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan, Vol. 2, No. 1, p- ISSN: 2598-8573, e- ISSN : 2599-1388.

Artikel :

Hestanto. “Pengertian Strategi Bisnis Menurut Para Ahli”. https://www.hestanto.web.id/pengertian-strategi-bisnis-menurut-para-ahli/ - diakses pada 27 Juli 2022.

Mas Min, 18 November 2021. “20 Pengertian Strategi Menurut Pendapat Para Ahli Terlengkap”. https://www.pelajaran.co.id/pengertian-strategi-menurut-pendapat-para-ahli-terlengkap/ - diakses pada 27 Juli 2022.

Anisa, 22 Januari 2022. “Bupati: Pembangunan Kesehatan Meruapakan Aspek Penting”,

https://analisadaily.com/berita/arsip/2018/1/22/490661/bupati-pembangunan-kesehatan-merupakan-aspek-penting/, - diakses pada 29 Juli 2022.

Utomo. BA, 9 Oktober 2016. “Tugas Resensi Bahasa Indonesia”. https://pendidikangeografiuns2016.blogspot.com/2016/10/puskesmas.html, - diakses pada 29 Juli 2022.

Admin PPKPD, 27 Agustus 2022. “Bimtek Akreditasi Puskesmas / Fktp Tahun 2022 /2023”, https://www.pusdikipd.com/bimtek-akreditasi-puskesmas-tahun-2022-2023/, - diakses pada 29 Juli 2022

Yusuf Abdul, 3 Februari 2022. “Pengertian Strategi: Tujuan, Jenis Dan Contoh”. https://deepublishstore.com/materi/pengertian-strategi/, 29 Juli 2022.

Website :

Admin djpb Kemenkeu. (2022). “Strategi Organisasi KPPN Pelaihari”. https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/pelaihari/id/profil/strategi-organisasi.html - diakses pada 4 Agustus 2022.

Ika Ruhana. (2012). “Strategi Organisasi”. http://anahuraki.lecture.ub.ac.id/files/2012/07/Bab-7-STRATEGI-ORG.pdf - diakses pada 4 Agustus 2022.




DOI: https://doi.org/10.24853/penta.2.2.217-227.%25y

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Visitors

Flag Counter

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Powered by Puskom-UMJ