TEKNIK KOMUNIKASI BARISTA TUNARUNGU DENGAN KONSUMEN (STUDI KASUS SUNYI COFFEE)

Fridakhul Jannah, Rangga Galura Gumelar

Abstract


Komunikasi non verbal biasanya digunakan untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang kurang cakap dalam proses komunikasi. Salah satu yang memiliki keterbatasan dalam berkomunikasi yaitu penyandang tunarungu. Banyaknya potensi terpendam yang dimiliki penyandang tunarungu ini melahirkan bisnis baru yang berorientasi sosial terbuka bahkan dikhususkan bagi penyandang tunarungu. Salah satu bisnis tersebut adalah Sunyi Coffee yang berorientasi sosial berfokus pada karyawan penyandang disabilitas khususnya tunarungu. Penelitian ini diperlukan untuk meningkatkan penelitian tentang teknik komunikasi, terutama teknik komunikasi pada penyandang tunarungu yang bekerja. Penelitian ini menggunakan teori interaksi simbolik dan teori akomodasi komunikasi yang berfokus pada hakikat manusia sebagai makhluk sosial. Penelitian ini juga menggunakan Teori Akomodasi Komunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi literatur. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik komunikasi yang digunakan adalah komunikasi non verbal melalui bahasa isyarat, gestur tubuh, dan gerak bibir dengan implementasi simbol-simbol yang digunakan seperti ungkapan “selamat menikmati” dan “terima kasih”. Hambatan yang dialami oleh barista saat beriteraksi dengan konsumen adalah hambatan semantik. Kehadiran Sunyi memberikan dampak positif dari para konsumen mengenai fasilitas, pelayanan, hingga rasa kopi yang disajikan. Konsumen juga merasakan kehangatan dan kenyamanan yang diberikan oleh barista Sunyi.


Keywords


Teknik Komunikasi, Bahasa Isyarat, Barista Tunarungu

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, D. (2008). Interaksi Simbolik. Jurnal Mediator, 9(2), 301–316.

Apriliyanti, S. (2018). Teknik Komunikasi Orang Tua terhadap Anak Penyandang Tunarungu (Studi Deskriptif Teknik Komunikasi Orang Tua Terhadap Anak Penyandang Tunarungu yang bersekolah di SLB 01 Kota Serang). Komunikasi, 132.

Armstrong, K. (2015). Marketing Introducing Prentice Hall Twelfth Edition. Person Eduication.

Aufa, N. H., & Sidik, A. P. (2021). Pola Komunikasi Barista Dengan Costumer Di Coffe Shop Coconude Beverages Sweetened Bandung. 186–194. https://doi.org/10.32897/sobat3.2021.17

Cahyati, T. T. R. (2022). POLA KOMUNIKASI PARA PEGAWAI PENYANDANG DISABILITAS TUNARUNGU DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN DAN INFORMASI KEPADA PELANGGAN (Studi Kasus pada Kafe Dapur Dif_able Bandar Lampung). Universitas Lampung.

Candra, A. (2006). Pengantar Ilmu Komunikasi Dosen: Ade Candra 1. April, 1–17.

Derung, T. N. (2017). Interaksionisme Simbolik Dalam Kehidupan Bermasyarakat. SAPA - Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 2(1), 118–131. https://doi.org/10.53544/sapa.v2i1.33

Elvinaro, A. (2010). Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Simbiosa Rekatama Media.

Fadila & Ridho. (2013). Perilaku Konsumen. Citrabooks.

Fauzi, M. H. (2021). Strukturasi Pemberdayaan Disabilitas (Studi Kasus : Tuna Rungu Wicara Pada Sunyi Coffee House and Hope Jakarta Selatan). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/60644/1/MALVIRA HUTAMI FAUZI.FISIP.pdf

Haenudin. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu. PT. Luxima Metro Media.

Hariyanto, D. (2021). Buku Ajar Pengantar Ilmu Komunikasi Penulis : Didik Hariyanto Diterbitkan oleh Jl . Mojopahit 666 B Sidoarjo ISBN : 978-623-6081-32-7 Copyright © 2021 . Authors All rights reserved.

Ika Febrian Kristiana, C. G. W. (2021). Buku ajar psikologi anak berkebutuhan khusus 1. 1–110.

Lorenssa, B. A., Astuti, M., & Husniati, R. (2020). Kepuasan Konsumen Sunyi House of Coffee and Hope. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(3), 249–260. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i3.360

Ma’rifat, A. (2016). TEKNIK KOMUNIKASI DALAM PEMBINAAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MARKAZ TAHFIZH AL-QUR’AN ABDURRAHMAN BIN AUF WAHDAH ISLAMIYAH KENDARI. IAIN KENDARI, 1–23. http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3733

Moleong. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Morissan. (2013). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Kencana Prenada Media Grup.

Siregar, N. S. S. (2016). Kajian Tentang Interaksionisme Simbolik. Perspektif, 1(2), 100–110. https://doi.org/10.31289/perspektif.v1i2.86

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, dan Konstruktif. Alfabeta.

Suharmini. (2009). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Kanwqa Publisher.

Tandy, D., & Pribadi, M. A. (2023). Pemberdayaan Komunitas Tunarungu : Studi Kasus Interaksi Simbolik di Sunyi Coffee Alam Sutera. 432–438.




DOI: https://doi.org/10.24853/pk.8.1.57-66

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


 

My Stats
Powered by Puskom-UMJ