TRANPARANSI KOMUNIKASI HUMAS KEMENTERIAN AGAMA KOTA JAMBI DALAM PENYEBARAN INFORMASI PUBLIK SECARA DIGITAL

Authors

  • Muhammad Ilyas Darmawan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Keywords:

Humas Kemenag, Informasi Digital, Kota Jambi, Transparansi Komunikasi

Abstract

Humas Kantor wilayah Kementerian Agama memiliki tugas untuk menyebar informasi publik. Salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan adalah melakukan komunikasi yang transparan melalui kanal resmi yang dimiliki institusi. Komunikasi yang transparan ini tercermin dalam informasi yang dipublikasikan secara digital. Untuk itu, Humas Kanwil Kementerian Agama Kota Jambi berupaya menjalankan tugas tersebut dengan baik. Dengan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk menguraikan alur transparansi informasi Humas Kanwil Kementerian Agama Kota Jambi. Data penelitian didapatkan dengan sumber data primer dengan wawancara dan observasi serta data sekunder melalui studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif model Miles dan Huberman, yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menemukan bahwa Humas Kanwil Kementerian Agama Kota Jambi menyuguhkan informasi yang berkualitas secara digital. Dalam meramu informasi yang berkualitas, tim humas memiliki alur informasi yang disesuaikan dengan kebutuhan institusi yakni mengedepankan prinsip transparansi informasi. Alur informasi dimulai dari: (1) Penemuan ide; (2) Riset Topik; (3) Mempertimbangkan penting tidaknya informasi, apakah  Kepala  Bidang Humas menerima informasi dari pusat jika ada kegiatan yang harus ditayangkan, apakah  kegiatan  mewakili  kepentingan banyak orang, apakah sudah sesuai dengan tujuan untuk melakukan transparansi informasi kepada publik; (4) Menentukan narasumber, waktu pelaksanaan, serta strategi yang digunakan dalam konten; (5) Mempertegas pembagian jobdesk untuk tim; (6) Meliput kegiatan sesuai rencana; (7) Penyuntingan; (8) Hasilnya diajukan ke Kepala Bidang Humas untuk disetujui; (9) Informasi yang sudah jadi akan disetujui dan dipublikasikan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi bagi Humas Kanwil Kementerian Agama Kota Jambi agar dapat memberikan kelancaran dalam transparansi informasi secara digital.

References

M., Mu’min, L., & . F. (2022). Tantangan Manajemen Humas dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MAN 2 Bone. Jurnal Mappesona, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.30863/mappesona.v5i1.2494

Abdi, Chandra, A., Sofyan, A., Lusiana Susanti, A., Riwahyu A, G. P., Faturrahman, I. A., … Winarsih, T. (2023). Cara Menyikapi Berita Hoax Di Media Sosial, 1(5), 466–470. Retrieved from https://jurnal.portalpublikasi.id/index.php/AJP/index466

Adila, G. Z. (2023). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Publikasi Informasi Pemerintah Oleh Diskominfo Kabupaten Lampung Utara, 1–12.

Ahmad, J. (2023). Humas Pemerintah Dan Transparansi Informasi Untuk Membangun Kepercayaan Publik. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik Dan Komunikasi Bisnis, 7(2), 155. https://doi.org/10.24853/pk.7.2.155-168

Aji, G., Sukardani, P., Setianingrum, V. M., & Indrajayani, G. G. (2023). Interactivity on Government Social Media to Improve Public Services. COMMENTATE: Journal of Communication Management, 4(1), 12. https://doi.org/10.37535/103004120232

Alzaira, F., Uin, R., Abdurrahman, K. H., Alamat, W., Pahlawan, J., Kabupaten, K., & Tengah, J. (2024). Misterius : Publikasi Ilmu Seni dan Desain Komunikasi Visual Strategi Publik Relations dalam Mengoptimalkan Pengaruh Digital. Misterius : Publikasi Ilmu Seni Dan Desain Komunikasi Visual, (2), 55–64.

Amanda. (2015). Strategi Public relations Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan. Journal of Advertising, 1(1), 125–135. https://doi.org/10.15642/JAPI.2024.6.1.85-101

Amelia, R. (2019). Penerapan Sistem Publikasi Informasi Humas dalam Meningkatkan Validitas Informasi di Website Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 7(2), 181–190. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v7i2.2906

Amirah, L., & Darwis, R. H. (2021). Perancangan Media Planning Konten Digital Marketing Berbasis Media Sosial Dalam Rangka Menarik Minat Pelanggan. Al-Iqtishad: Jurnal Ekonomi, 13(2), 60–72. Retrieved from https://www.jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/aliqtishad/article/view/2540%0Ahttps://www.jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/aliqtishad/article/download/2540/1133

Anggen Suari, K. R., & Sarjana, I. M. (2023). Menjaga Privasi di Era Digital: Perlindungan Data Pribadi di Indonesia. Jurnal Analisis Hukum, 6(1), 132–142. https://doi.org/10.38043/jah.v6i1.4484

Chairunnisa, L. L., Habibi, F., Berthanila, R., Indonesia, B., Habibi2, F., & Berthanila3, R. (2023). Analisis Penerapan Kebijakan Keterbukaan Informasi Publik Oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi di Kota Serang. JURNAL ILMU ADMINISTRSI NEGARA (AsIAN), 11(2), 31–45.

Damayanti, A., Delima, I. D., & Suseno, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Informasi dan Publikasi (Studi Deskriptif Kualitatif pada Akun Instagram @rumahkimkotatangerang). Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 6(1), 173–190. https://doi.org/10.24076/pikma.v6i1.1308

Deslima, Y. D. (2021). Komunikasi Publik Dan Sistem Sosial Masyarakat Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Ath Thariq Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 4(2), 224. https://doi.org/10.32332/ath_thariq.v4i2.3660

Dr. H. Zuchri Abdussamad, S.I.K., M. S. (2021). Metode Penelitian Kualitatif.

Haryanti, S., & Rusfian, E. Z. (2019). Government Public relations and Social Media: Bridging the Digital Divide on People with Social Welfare Problems. JKAP (Jurnal Kebijakan Dan Administrasi Publik), 22(2), 128. https://doi.org/10.22146/jkap.34602

Hazzah, S., & Ritonga, N. (2019). Upaya menanggulangi hoax melalui literasi media pada anggota Karang Taruna Desa Tandem Hilir I Kecamatan Hamparan Perak. Indonesian Journal of Community Services, 1(2), 144–151.

Hermanto, A., & Aldawiyah, S. El. (2020). Branding Dan Positioning Identitas Budaya Indonesia Dalam Pesan Iklan TV Komersial Bejo Bintang Toedjoe Jahe Merah. Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 24–40. https://doi.org/10.30596/interaksi.v4i1.3958

Hermawan, V. (2025). Transparency in Government Political Communication: Challenges and Opportunities. Jurnal Ekonomi, 14(03), 2025. https://doi.org/10.54209/ekonomi.v14i03

Jambi, H. D. dan I. K. (2023). No TitlPerkuat Sinergitas Humas Pemerintah Dalam Era Transformasi Digital, HDI Kemenag Jambi Gelar Pertemuan Stakeholder Kehumasane. Retrieved from https://www.jambinews.id/2023/12/perkuat-sinergitas-humas-pemerintah.html

Jeniedya, J., Syarifudin, A., & Hamandia, M. R. (2023). Strategi Humas Kantor Kementerian Agama Kota Palembang Melalui Media Online Youtube. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 3(2), 407–410. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v3i2.683

Kustiawan, W., Katibah, K., & Kudadiri, A. J. (2023). Strategi Komunikasi Massa Dalam Pengelolaan Dan Pelayanan Informasi Di Humas Kementerian Agama Kabupaten Dairi. Innovative: Journal Of Social …, 1(4), 13288–13299.

Moneta, A., & Kurniawan, A. (2022). Peran HUMAS dalam Meningkatkan Daya Saing Madrasah Aliyah Negeri 1 Aceh Barat. SKILLS : Jurnal Riset Dan Studi Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 15–25. https://doi.org/10.47498/skills.v1i1.1207

Mucharam, A. (2022). Membangun Komunikasi Publik Yang Efektif. Jurnal Ilmu Komunikasi, 27(1), 71–82.

Mutia, A., & Putri, M. S. (2020). Proses Kegiatan Jurnalistik Berita “Indonesia Hari Ini” Di Tvri. Jurnal Pendidikan, 2(2), 92–105.

Nadia, N. K., Sazili, Sarmiati, & Arif, E. (2022). Implementasi Keterbukaan Informasi Publik (Studi Pada Website Ppid Desa Sidodadi Kabupaten Mukomuko). Jurnal Komunikatio, 8(1), 29–42. https://doi.org/10.30997/jk.v8i1.5642

Nazhifah. (2022). Pemanfaatan Website Sebagai Media Informasi Desa Melung. Intelektiva Journal, 3(10), 146–157.

Negara, A. B., Matompo, O. S., & Hasmin, M. Y. (2022). Pemenuhan Terhadap Hak Warga Negara dalam Memperoleh Informasi Publik Menurut Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik. Jurnal Kolaboratif Sains, 5(5), 248–255. https://doi.org/10.56338/jks.v5i5.2416

Nurhanifah. (2022). Peran Hubungan Masyarakat ( Humas ) Kementrian Agama Kabupaten Deli Serdang Dalam Mengelola Website Sebagai Media Informasi Publik. Al-I’lam; Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1(1), 17–25.

Pah, O. A., & Bulan, S. J. (2021). DINAS SOSIAL KABUPATEN ROTE NDAO ( Studi Kasus : Kantor Dinas Sosial Kabupaten Rote Ndao ) INFORMATION SYSTEM STRATEGIC PLANNING IN, 1, 40–49.

Rafi, M., Nurmandi, A., & Afandi, S. A. (2020). Analisis Kegunaan Website Kementerian Agama Provinsi DIY dan Provinsi Riau. Jurnal Komunikasi, 12(1), 92. https://doi.org/10.24912/jk.v12i1.6960

Rahim, M., Akib, M., Natsir, M., & Mirosea, N. (2023). Penerapan Prinsip Transparansi Dalam Pengelolaan Keuangan di Kantor Camat Latambaga Kabupaten Kolaka. JPEP (Jurnal Progres …, 8, 195–204. Retrieved from https://journal.uho.ac.id/index.php/jpep/article/view/554%0Ahttps://journal.uho.ac.id/index.php/jpep/article/download/554/220

Salvator, M., & Heremba, N. K. (2023). Efektivitas Penyebaran Informasi Publik Melalui Website oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ngada, 3(1), 42–55.

Sudarta. (2022). Transformasi Digital Kementerian Agama: Mewujudkan Transparansi, Efisiensi, dan Responsivitas Layanan. Retrieved from https://balitbangdiklat.kemenag.go.id/berita/transformasi-digital-kementerian-agama-mewujudkan-transparansi-efisiensi-dan-responsivitas-layanan

Sunar. (2021). Dampak Kepercayaan Terhadap Praktik Komunikasi Humas : Sebuah Analisis Mendalam, 03, 20–27.

Susanto, E. H. (2017). Transparansi Informasi, Kebebasan Komunikasi dan Karakteristik Masyarakat. Mediamorfosa, 1–19.

Ulumiyah, P. R., & Gati, R. A. (n.d.). HUMAS PEMERINTAHAN DALAM PELAYANAN INFORMASI PUBLIK PADA PORTAL WEBSITE PPID KEMENTERIAN.

Wachid, I. B., Wulandari, M. P., & Nasution, Z. (2024). Evolving human resource dimension in Indonesia’s digital public relations landscape. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 8(2), 441–450. https://doi.org/10.25139/jsk.v8i2.8267

Downloads

Published

2025-06-30