MANAJEMEN KOMUNIKASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) “REMBUK STUNTING” THE PARK MALL SOLO

Authors

  • Diva Wahyu Pratiwi Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Choirul Fajri Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) memegang peran krusial dalam membangun citra perusahaan sekaligus memberikan manfaat nyata bagi masyarakat. Penelitian ini berfokus pada bagaimana strategi komunikasi diterapkan dalam setiap tahapan manajemen CSR “Rembuk Stunting” yang diinisiasi oleh The Park Mall Solo bersama berbagai instansi untuk menangani isu stunting di Kabupaten Sukoharjo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen CSR tersebut dijalankan dari perspektif komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, studi pustaka, dan wawancara mendalam. Analisis dilakukan menggunakan teori manajemen POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) oleh George R. Terry untuk membedah proses manajerial yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan, strategi komunikasi dirancang untuk mengidentifikasi khalayak sasaran dan merumuskan pesan persuasif. Tahap pengorganisasian berfokus pada pembangunan alur komunikasi yang efektif antar-stakeholder melalui berbagai saluran untuk memastikan sinergi program. Pada tahap pelaksanaan, digunakan strategi kampanye komunikasi terpadu melalui media daring dan luring untuk menyebarkan pesan edukatif secara masif. Sementara pada tahap pengawasan, evaluasi komunikasi menunjukkan pesan diterima dengan baik oleh masyarakat, namun tantangan utama ditemukan pada sistem pendataan untuk pemantauan jangka panjang. Disimpulkan bahwa manajemen CSR ini telah berjalan terstruktur dari sisi komunikasi, namun efektivitasnya di masa depan bergantung pada perbaikan mekanisme evaluasi dan tindak lanjut.

References

Amri, U. (2023). Manajemen Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Semen Tonasa di Wilayah Ring 1 Kabupaten Pangkep [Universitas Muhammadiyah Makassar]. In Unismuh Makassar. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/38406-Full_Text.pdf

Askandary, A. I., Rahman, A. Z., & Hanani, R. (2024). Implementasi Kebijakan Intervensi Gizi Spesifik Melalui Pemberian Makanan Tambahan (Pmt) Dalam Upaya Penurunan Stunting Di Kelurahan Bandarhajo, Kecamatan Semarang Utara. Journal Management & Public Policy, 13(2), 1–17. https://doi.org/10.14710/jppmr.v13i2.43546

Astuti, R. S., Warsono, H., & Rachim, A. (2020). Collaborative Governance. In D. Press (Ed.), Collaborative Governance Dalam Perspektif Publik (Juni 2020). Program Studi Doktor Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro Press. https://doc-pak.undip.ac.id/id/eprint/1143/1/collaborative gov (revisi)_5 7 20-converted-.pdf

BPS. (2024). Data Stunting Balita Kabupaten Sukoharjo Berdasarkan e-PPGBM (Jiwa). Badan Pusat Statistik Kabupaten Sukoharjo. https://sukoharjokab.bps.go.id/id/statistics-table/2/MjA5IzI=/data-stunting-balita-kabupaten-sukoharjo-berdasarkan-e-ppgbm.html

Chairunnisa, A., Larasati, E., & Lituhayu, D. (2024). Implementasi Kebijakan Penanggulangan Stunting di Kecamatan Brebes. Journal of Management & Public Policy, 13(4), 1–16. https://doi.org/10.14710/jppmr.v13i4.47210

Dakhi, Y. (2016). Implementasi POAC terhadap Kegiatan Organisasi dalam Mencapai Tujuan Tertentu. Jurnal Dharmawangsa, 50, 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.46576/wdw.v0i50.204

Diandra, M. P., & Dewi, R. (2024). Proses Manajemen Program Corporate Social Responsibility In-LITE LED 2023 Oleh PT Prima Praxis Komunika. CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 4(3), 208–221. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v4i3.3054

Fahada, A. I., & Hardiyanto, A. (2023). Manajemen Komunikasi CSR Dalam Membentuk Brand Image Perusahaan PT. Cahaya Gaharu Kabupaten Langkat. KESKAP: Jurnal Kesejahteraan Sosial, Komunikasi Dan Administrasi Publik, 2(3), 244–252. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/keskap/article/view/17515

Faiz, M., Suciamy, R., Zaskia, S., & Kusumaningrum, H. (2024). Implementasi POAC dalam Manajemen Pendidikan Modern. Reflection : Islamic Education Journal, 1(4), 26–35. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/reflection.v1i4.157

Fajri, C., Najih, M., Longani, K. D., Novianto, F., & Kusuma, A. (2024). Government Digital Communication Model in Corporate Social Responsibility Programs (Study in Gunung Kidul, Yogyakarta-Indonesia). Journal Komunikator, 16(2), 173–181. https://doi.org/10.18196/jkm.23765

Fajri, C., Sari, N., & Amali, M. T. (2024). Corporate Social Responsibility and the Sustainable Development Goals: A Case Study of Nusantara, The Future Capital City of Indonesia. Journal of Ecohumanism, 6798, 221–232. https://doi.org/10.4337/9781803927367.00022

Fina, Razak, A. R., & Mone, A. (2022). Pengelolaan Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Pln (Persero) Unit Induk Wilayah Sulselrabar Kota Makassar. JPPM: Journal of Public Policy and Management, 4(1), 49–55. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jppm/article/view/8117

Gitosaputro, S., & Irawan, S. A. (2024). Identifikasi Perencanaan , Implementasi dan Evaluasi Program Corporate Social Responsibility Perusahaan Karet di Kabupaten Tulang Bawang Barat , Lampung Identification of Planning , Implementation , and Evaluation of Corporate Social Responsibility Progra. Journal of Agricultural Extension, 48(2), 57–66. https://doi.org/10.20961/agritexts.v48i2.94871

Kartikawati, D., & Puspitasari, R. (2020). Manajemen Komunikasi dalam Perwujudan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan PT Jasa Marga (Persero) Tbk Melalui Program Binaan Banksasuci. Ekspresi Dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 147–156. https://doi.org/10.33822/jep.v3i2.1651

Labetuan, M. A. H., Nugroho, L., Pinem, D., Mukhtadi, Sinurat, J., Pusporini, Umiyati, H., Hendrayani, Y., Anwar, K., Lahallo, F. F., Rahayu, P. S., Ahmad, D., & Gaol, S. L. (2022). CSR PERUSAHAAN “Teori dan Praktis Untuk Manajemen Yang Bertanggung Jawab” (U. Saripudin (ed.); Februari,). Widina Bhakti Persada Bandung. https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/355240-csr-perusahaan-teori-dan-praktis-untuk-m-66541f8d.pdf

Mulachela, H. (2022). Kampanye Adalah Proses Komunikasi, Ini Ciri-ciri dan Jenisnya. Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/berita/nasional/625538cd327a4/kampanye-adalah-proses-komunikasi-ini-ciri-ciri-dan-jenisnya

Ningtyas, C. P., Kambolong, M., & Makmur, M. (2022). Implementasi Corporate Social Responsibilty Studi Pada PT. Aneka Tambang Tbk. UBPN Sulawesi Tenggara. Journal Publicuho, 5(4), 1091–1112. https://doi.org/10.35817/publicuho.v5i4.50

Pamungkas, P. (2023). The Park Mall Gelar Program Stunting Festival di Kabupaten Sukoharjo, Ini Fokusnya. Tribunnewswiki.Com. https://mall.theparksolo.com/read/389/the-park-mall-gelar-program-stunting-festival-di-kabupaten-sukoharjo-ini-fokusnya.html

Pikoli, W., Saiman, & Sulistyowati, T. (2023). Kontribusi Perusahaan melalui Program Corporate Social Responsibility dalam Penanganan Masalah Stunting di Kalimantan. Jurnal Entitas Sosiologi, 12(2), 151–168. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JES/article/view/41148

Pratiwi, A., & Pratiwi, Y. (2024). Pencegahan Stunting melalui Pengembangan Kewirausahaan dan Capacity Building. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship (AJIE), 08(01), 22–29. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/32839

Rahmadany, R. (2021). Tanggung Jawab Sosial Perseroan Terbatas (Csr) Menurut Undang- Undang No. 40 Tahun 2007. Juripol, 4(2), 213–221. https://doi.org/10.33395/juripol.v4i2.11133

Rahmadika, H., & Riauan, M. A. I. (2022). Corporate Social Responsibility GraPari Kota Pekanbaru Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat. Journal of Communication Management and Organization, 1(01), 1–13. https://doi.org/10.55985/jcmo.v1i01.7

Rochmaniah, A., Dharma, F. A., & Utomo, D. B. (2021). Buku Ajar Dasar-Dasar Public Relations. In M. T. Multazam, M. D. K. Wardana, & W. W. Wijayanti (Eds.), Umsida Press (Juli 2021). UMSIDA Press. https://press.umsida.ac.id/index.php/umsidapress/article/view/978-623-6292-23-5

Salsabila, F. S., & Santoso, R. S. (2024). Collaborative Governance Dalam Penanganan Stunting di Kelurahan Tanjung Mas , Kota Semarang. Journal Of Public Policy And Management Review, 13(1), 1–22. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jppmr.v13i1.42468

Sari, M. A. J., & Fitriawan, R. A. (2020). Efektifitas Media Cetak Internal Tabloid “Kontak” sebagai Sarana Informasi PT Kereta Api Indonesia (PERSERO). E-Proceeding of Management, 7(2), 5–24. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/13755/13497

Siregar, E. (2021). Pengantar Manajemen Dan Bisnis (N. Rismawati (ed.); Oktober 20). Widina Bhakti Persada Bandung. https://repository.ung.ac.id/get/karyailmiah/9718/Pengantar-Manajemen-Bisnis.pdf

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. In Ayup (Ed.), Dasar Metodologi Penelitian (Juni 2015). Literasi Media Publishing. https://books.google.co.id/books?id=QPhFDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Sutikno, M. S., & Hadisaputra, P. (2020). Penelitian kualitatif Penelitian kualitatif. In Bandung: PT. Remaja Rosda Karya (Issue c). http://www.academia.edu/download/54257684/Tabrani._ZA_2014-Dasar-dasar_Metodologi_Penelitian_Kualitatif.pdf

W.R., W. A. (2021). Monitoring Dan Evaluasi Program Corporate Social Responsbility Berbasis Pemberdayaan Masyarakat. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 2(1), 29–37. https://doi.org/10.15575/jim.v2i1.12476

Wardhana, A. (2024). Management (Planning, Organizing, Leading, Coordinating, Controlling) - Edisi Indonesia (M. Pradana (ed.); Agustus 20). Eureka Media Aksara. https://www.researchgate.net/publication/383272355_PENGORGANISASIAN_ORGANIZING_DALAM_MANAJEMEN

Zuraiyah, T. A., Sulistiyono, F. D., & Mislahudin, M. F. (2024). Pengembangan Sistem Pendataan dan Monitoring untuk Pencegahan Stunting di Kota Bogor Berbasis WEB. Multitek Indonesia: Jurnal Ilmiah, 18(1), 1–16. https://journal.umpo.ac.id/index.php/multitek/article/view/8819

Downloads

Published

2025-06-30