POLA KOMUNIKASI KELUARGA DALAM PEMBENTUKAN BAKAT SENI PADA ANGGOTA TEATER ABU-ABU SMK ANTARTIKA 2 SIDOARJO

Authors

  • Novita Dwi Agustina
  • Nur Aini Shofiya Asy'ari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola komunikasi keluarga dalam mendukung pembentukan bakat seni anggota Teater Abu-Abu di SMK Antartika 2 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, pengumpulan data melalui observasi non-partisipatif dan wawancara mendalam pada 3 (tiga) keluarga Informan yang selanjutnya dilakukan validasi data menggunakan triangulasi sumber dan metode Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterbukaan dalam komunikasi memungkinkan anak merasa didukung secara emosional dan termotivasi dalam mengembangkan bakatnya. Empati dari orang tua membangun kedekatan emosional yang memperkuat rasa percaya diri anak. Sikap mendukung terlihat dari dukungan emosional dan finansial yang diberikan orang tua dalam pengembangan minat di bidang teater. Sikap positif ditunjukkan melalui apresiasi orang tua atas pencapaian anak, sementara kesetaraan memberikan ruang bagi anak untuk berpendapat meskipun keputusan akhir tetap di tangan orang tua. Pola komunikasi yang terbuka, empatik, dan mendukung berperan penting dalam membentuk kepercayaan diri dan prestasi anak di bidang seni. Pola komunikasi persamaan memberikan ruang lebih besar bagi anak untuk berkembang, sedangkan pola seimbang terpisah dan tak seimbang terpisah membatasi partisipasi anak dalam pengambilan keputusan. Jika diklasifikasikan, terdapat 3 (tiga) pola komunikasi keluarga yang berkontribusi pada pengembangan bakat teater siswa SMK Antartika 2 Sidoarjo yaitu Pola Komunikasi persamaan, Pola Komunikasi tak seimbang terpisah dan Pola komunikasi seimbang terpisah.

References

Akromah, J., Rohmah, L., Age, G., Ilmiah, J., Kembang, T., & Usia, A. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Jumrotul Akromah, Lailatu Rohmah | 47, (1), 47–56.

Alfa Salsabilah, S. A. N. (2022). Tanda: Jurnal Kajian Budaya, Bahasa dan Sastra , Volume 02 No. 02 Tahun (2022). Jurnal Kajian Budaya, 02(02), 60–61.

Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis, 5(2), 146–150.

Aprianti, D. N., Hairunnisa, H., & Arsyad, A. W. (2022). Peran Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dalam Menumbuhkan Perilaku Positif Pada Anak Tunarungu. Journal of Communication Studies, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.37680/jcs.v1i2.1534

Asfahani, A., Puspitarini, R. C., Nuswantoro, P., Dewi, S. P., & Nugroho, F. A. (2024). Pemberdayaan Pendampingan Orang Tua Dalam Mendukung Pendidikan Anak Di Era Digital. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6060–6067.

Asiyah, N. (2013). Pola Asuh Demokratis, Kepercayaan Diri dan Kemandirian Mahasiswa Baru. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 2(2), 108–121. https://doi.org/10.30996/persona.v2i2.98

Awi, M. V., Mewengkang, N., & Golung, A. (2016). Peranan Komunikasi Antar Pribadi dalam Menciptakan Harmonisasi Keluarga di Desa Kimaam Kabupaten Merauke. E-Journal “Acta Diurna,” 5(2), 1–12.

Azzahra, Q. A., & Putri, D. R. (2024). Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Orang Tua Dengan Pengambilan Keputusan Karir Pada Siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(1), 92–99.

Baharuddin. (2019). Keutapang Aceh Jaya Baharuddin * * Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-, 5(1), 105–123.

Dina, D., Fadli, N., & Nurunnisa, R. (2021). Literasi Dari Sejak Dini (Vol. 4).

Eni. (1967). Pola Asuh Orang Tua. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Erdiyanti, Y. P. (2018a). Dosen Tetap S1 Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Majalengka. Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan, 1(2).

Erdiyanti, Y. P. (2018b). Peran Komunikasi Interpersonal Orang Tua Terhadap Anak Berprestasi Akademik Dalam Pembentukan Karakter Yang Positif Dan Minat Belajar. JiKA, 11(2), 63–66.

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Halifatun. (2020). Pola Komunikasi Antar Pribadi Keluarga TKI Yang Bekerja Di Jepang (Studi Deskriptif Kualitatif Penggunaan Whatsapp Videocall Sebagai Sarana Komunikasi Keluarga TKI di Desa Jatirejo …. Solidaritas.

Handoko, D., Habibi, M., & Arisa, I. (2020). Visi Islami Perguruan Tinggi serta Penerapannya pada Aktivitas Komunikasi, 4(2), 137–144.

Hasbullah. (2013). Pengaruh Komunikasi Keluarga Terhadap. Jurnal EducatiO, 8(2), 1–16.

Istiningsih, S., & Hasbullah, H. 2014. (2014). Pengaruh Komunikasi Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 1(1), 12–18. https://doi.org/10.21009/jkkp.011.03

Jessica Juliawati, R. D. (2022). No Title, 7(7).

L. Linda. (2023). Terhadap Kedisplinan Belajar Siswa Kelas V Sdn Rawabuntu Di Serpong Tanggerang Selatan.

Losa, T. J. (2016). Pola Komunikasi Ibu Single Parent Terhadap Pembentukan Konsep Diri Anak di Kelurahan Tingkulu. e- journal “Acta Diurna” Volume V. No.2. Tahun 2016, V(2).

Mahanani, F. P., & Christanti, M. F. (2020). Strategi Komunikasi Organisasi Fungsi HSSE PT Pertamina Patra Niaga Dalam Menjaga, 3(1), 100–111.

Pangestuti, L. (2018). Peran Orang Tua Dalam Membina Ketrampilan Berkomunikasi Untuk Meningkatkan Kecerdasan Bahasa Anak Usia Dini Dalam Keluarga Di Kelompok Bermain Mutiara Bunda Desa Cabean Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun. J+Plus Unesa, 7(2), 1–9.

Rahmayanty, D., Simar, S., Thohiroh, N. S., & Permadi, K. (2023). Pentingnya Komunikasi Untuk Mengatasi Problematika Yang Ada Dalam Keluarga. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(6), 28–35. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i6.20180

Ramadhani, R. W., & Prihantoro, E. (2020). Strategi Komunikasi Pembangunan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dalam Menerapkan Nawacita dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Development Communication Strategy by Bojonegoro District Government on Applying Nawacita and Sustainable Development Goals, 18(02), 117–127.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin, 17(33), 81–95.

Romdona, S., Junista2, S. S., Gunawan, A., & 2025. (2025). Teknik Pengumpulan Data. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 3(1), 39–47.

Rosliana, S. (2022). Oleh : Sinta Rosliana NPM 1703060028 Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam ( KPI ) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro 1443 H / 2022 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro 1443 H / 2022.

Safitri, H. D., Widiyowati, E., Studi, P., Komunikasi, I., Slamet, U., & Surakarta, R. (n.d.). Komunikasi pembangunan dalam pemberdayaan umkm di desa pelem kecamatan simo kabupaten boyolali, (3).

Santosa, M. A. (2019). Komunikasi Antar Pribadi Orangtua Dan Anak Dalam Proses Pengembangan Bakat Dan Pemilihan Karir Anak Dengan Pilihan Profesi Musisi.

Shintia Windiarti Ananda, Y. W. S. (2022). Hubungan Antara Kelekatan Orang Tua Dengan Kecdrdasan Emosional Pada Remaja, 6.

Susiana, & Susanti, N. D. (2023). Analisis pola komunikasi interpersonal: Fondasi pilar keluarga sakinah. JAWI: Journal of Ahkam Wa Iqtishad, 1(4), 249–258.

Tanujaya, C. (2017). Perancangan Standart Operational Procedure Produksi Pada Perusahaan Coffein, 2(April).

Tarmizi, Muhammad Lubis, Suwardi Zulkarnain, I. (2024). Pola Komunikasi Antarpribadi dalam Membangun Budaya Antikorupsi pada Keluarga Pegawai Beacukai, 7, 4472–4480.

Tjang, S., & Setyanto, Y. (2023). Peran Komunikasi Antarpribadi Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Anak. Koneksi, 7(1), 58–64. https://doi.org/10.24912/kn.v7i1.16047

Uldafira, A., & Rochmaniah, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Dan Komunikasi Keluarga Terhadap Perilaku Cyberbullying Pada Anak, 6(2), 327–338.

Wibowo, A., Lestari, E., & Sugihardjo. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penguatan Modal Sosial Dan Peran Stakeholder Dalam Pembangunan Desa Wisata Di Kabupaten Karanganyar. Jurnal Penyuluhan, 20(01), 149–164. https://doi.org/10.25015/20202446684

Yoanita, D. (2022). Pola Komunikasi Keluarga Di Mata Gen Z, 12(1), 33–42. https://doi.org/10.9744/scriptura.12.1.33-42

Yulianti, Y., Utami, S., & Febriani, W. (2023). Pola Komunikasi Keluarga dalam Pembentukan Kepribadian Anak. Indonesian Journal of Educational Counseling, 7(2), 178–188. https://doi.org/10.30653/001.202372.275

Downloads

Published

2025-06-30