PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT PELAJAR STUDI KE JERMAN MELALUI EURO MANAGEMENT

Novi Andayani Praptiningsih

Abstract


Euro  Management  adalah  perusahaan  yang  bergerak  di  bidang  jasa  dan  konsultasi  pendidikan  untuk  pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi ke berbagai perguruan tinggi di negara-negara Eropa, khususnya Jerman. Salah  satu  alternatif  promosi  Euro  Management  antara  lain  melalui  word  of  mouth  yang  dilakukan  oleh konsumen. Word of mouth merupakan salah satu promosi dengan memberitahukan tentang informasi dari satu orang  ke  orang  yang  lain,  dimana  biasa  dilakukan  dengan  cara  oral  communication  atau  bahasa  verbal  berupa bahasa lisanPenelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) adakah pengaruh word of mouth terhadap minat pelajar studi ke Jerman melalui Euro Management, dan 2) seberapa besar pengaruh pengaruh word of mouth terhadap minat pelajar studi ke Jerman melalui Euro Management. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan paradigma klasik/positivis. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 30 orang pelajar sebagai konsumen Euro Management. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui kuesioner dengan dilakukan uji instrument,  yakni uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan data sekunder bersumber pada studi literatur. Analisis data menggunakan analisis korelasi sederhana  dan  analisis  regresi  linear  sederhana.  Penelitian  menunjukkan  bahwa  Word  of  mouth  berpengaruh positif terhadap minat pelajar studi ke Jerman melalui Euro Management. Berdasarkan hasil analisis uji korelasi, nilai koefisien korelasi antara word of mouth Euro Management terhadap minat pelajar studi ke Jerman adalah sebesar  0,663.  Berdasarkan  kriteria  interpretasi  koefisien  korelasi,  nilai  tersebut  terletak  0,60  sampai  dengan 0,799  dengan  kriteria  kuat.  Maka  dapat  disimpulkan  bahwa  korelasi  variabel  word  of  mouth  terhadap  minat pelajar melanjutkan studi ke Jerman melalui Euro Management kuat.   

Kata kunci: Minat, Pelajar, Studi, Word of Mouth


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24853/pk.3.1.23-29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


 

My Stats
Powered by Puskom-UMJ