PENGEMBANGAN MODEL KOMUNIKASI BERBASIS NETWORK SOCIETY DAN MOBILE CONTENT MANAGEMENT DALAM MODEL PEMBELAJARAN DAN IMPLIKASINYA PADA GEN Z DEVELOPMENT INDEX DI JAWA BARAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi dan pengaruh jejaring sosial, manajemen konten gawai terhadap perkembangan kualitas generasi Z di tiga wilayah Propinsi Jawa Barat bagian selatan yaitu Kabupaten Bogor, Kota Banjar dan Kabupaten Cianjur. Metode campuran kualitatif dan kuantitatif dilakukan untuk memperoleh gambaran awal dari proses pembelajaran model konvensional yang selama ini diterapkan, termasuk di dalamnya mengeksplorasi kesiapan teknologi dan infrastruktur obyek penelitian, pre test, post test serta pemanfaatan rubrik ke dalam sampel kontrol dan bebas. Metode kuantitatif dengan jumlah sampel data diolah sebanyak 306 dilakukan untuk mendapatkan data kemudian diolah dengan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan teknologi informasi sebagai sarana pendukung pembelajaran masih sangat dibatasi oleh pola pikir bahwa gawai dianggap lebih sebagai a distractive factor dan bukan a supporting factor bagi proses pembelajaran. Model pembelajaran interactive dan collaborative learning minim dilakukan, meskipun cara tersebut dianggap paling sesuai untuk siswa dengan tingkat pendidikan setara sekolah Menengah/Tsnawiyah, yang bergenre Z.
Kata kunci: komunikasi jejaring sosial, manajemen konten, index generasi Z
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24853/pk.3.2.139-148
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
My Stats