PENGEMBANGAN MODEL KOMUNIKASI BERBASIS NETWORK SOCIETY DAN MOBILE CONTENT MANAGEMENT DALAM MODEL PEMBELAJARAN DAN IMPLIKASINYA PADA GEN Z DEVELOPMENT INDEX DI JAWA BARAT

Gofur Ahmad, Mohammad Annas

Abstract


Penelitian  ini bertujuan  untuk  mengetahui  korelasi dan pengaruh jejaring sosial,   manajemen konten  gawai terhadap  perkembangan  kualitas  generasi  Z  di  tiga  wilayah  Propinsi  Jawa  Barat  bagian  selatan  yaitu Kabupaten Bogor, Kota Banjar dan Kabupaten Cianjur. Metode campuran kualitatif dan kuantitatif dilakukan untuk memperoleh gambaran awal dari proses pembelajaran model konvensional yang selama ini diterapkan, termasuk  di  dalamnya  mengeksplorasi  kesiapan  teknologi  dan  infrastruktur  obyek  penelitian,  pre  test,  post test serta pemanfaatan rubrik ke dalam sampel kontrol dan bebas. Metode kuantitatif dengan jumlah sampel data  diolah sebanyak 306 dilakukan untuk  mendapatkan data  kemudian diolah dengan  software  SmartPLS. Hasil  penelitian  menunjukan  bahwa  pemanfaatan  teknologi  informasi  sebagai  sarana  pendukung pembelajaran masih sangat dibatasi oleh pola pikir bahwa gawai dianggap lebih sebagai  a distractive factor dan bukan a supporting factor bagi proses pembelajaran. Model pembelajaran interactive dan collaborative learning  minim  dilakukan,  meskipun  cara  tersebut  dianggap  paling  sesuai  untuk  siswa  dengan  tingkat pendidikan setara sekolah Menengah/Tsnawiyah, yang bergenre Z. 

Kata kunci: komunikasi jejaring sosial, manajemen konten, index generasi Z 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24853/pk.3.2.139-148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


 

My Stats
Powered by Puskom-UMJ