KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM PENGHIMPUNAN DANA ZAKAT DI LEMBAGA AMIL ZAKAT DARUSSALAM KOTA WISATA CIBUBUR

Deni Rahman, Wichitra Yasya

Abstract


Kesadaran umat Islam dalam berzakat belum seperti kesadaran mereka terhadap kewajiban shalat. Potensi zakat cukup besar menjadi tantangan sekaligus peluang bagi para pengelola zakat dalam melakukan penghimpunan dana zakat. Komunikasi persuasif menjadi salah satu pendekatan yang dapat ditempuh dalam penghimpunan zakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi persuasif sebagai pendekatan komunikasi yang ditempuh oleh petugas amil zakat, unsur-unsur komunikasi persuasif dalam penghimpunan dana zakat, dan teknik komunikasi persuasif yang dipakai dalam penghimpunan dana zakat. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif deksriptif. Penelitian ini dilakukan di Kota Wisata Cibubur dalam rentang waktu Oktober 2019–Januari 2020. Teknik pengumpulan data primer dan data sekunder melalui observasi, wawancara yang mendalam dengan dua orang informan dan didukung dokumen dan informasi lain dari internet. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis serta pembahasan atas semua temuan dan data yang dikumpulkan menunjukan bahwa penghimpunan dana zakat dilakukan dengan pendekatan proses komunikasi persuasif melalui penyuluhan, layanan konsultasi, layanan tunai dan gesek, layanan jemput zakat, program kegiatan, dan melalui media/saluran cetak maupun online. Unsur-unsur komunikasi persuasif dalam penghimpunan dana zakat terdiri dari persuader, persuadee, pesan, saluran, efek, umpan balik, dan lingkungan. Teknik komunikasi persuasif yang digunakan dalam penghimpunan dana zakat antara lain teknik asosiasi, integrasi, ganjaran, dan tataan. Adapun teknik red-herring tidak dilakukan. Penelitian ini diharapkan dapat berguna secara teoretis sebagai sumbangan pemikiran dalam pengembangan ilmu komunikasi dan secara praktis sebagai pembelajaran bagi lembaga-lembaga amil zakat dalam melakukan penghimpunan dana zakat.

Full Text:

PDF

References


Al Quranul Karim. (2016). Bandung: Al Haramain

Araby, Abu bakar Ibnu. Tanpa tahun. Ahkamul al Qur’an. Beirut: Daarul Ma’rifah.

Aziz, A. (2016) Strategi Penghimpunan Dana Zakat Lima Lembaga pengelola zakat di indonesia. Jurnal Syarikah, vol. 2 No. 1, ISSN 2442-4420.

Budi Utomo, Setiawan. (2009). Metode Praktis Penetapan Nisab Zakat. Bandung: Mizania.

Efendy, Onong Uchana. (2018). Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

. (2018), Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

El Yaser, Mishbah. (2016). Tesis: Upaya Komunikasi Persuasif Berzakat Ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Di Kota Padang. Universitas Andalas

Hafidhuddin, Didin. (2010). Agar Harta Berkah & Bertambah, Depok: Gema Insani.

Liliweri, Alo. (2010). Strategi Komunikasi Masyarakat. Yogyakarta: Lkis.

. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna, Jakarta: Prenada Media Group.

Mannan, M. Abdul. (2010). Teori dan Praktek Ekonomi Islam, Yogyakarta: PT. Dana Bhakti Prima Yasa.

Norton, Michael. (2012). Menggalang Dana. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia dan Kemitraan Untuk Pembaruan Tata Pemerintahan Di Indonesia.

Moleong, Lexy J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Mulyana, Deddy. (2016). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Purba, Evan Irianov dan Samopa, Febriliyan. (2013). Customer Relationship Management dalam Organisasi Non Profit. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XIX, Prodi MMT-ITS, Surabaya.

Purbasari, Indah. (2015). Pengelolaan Zakat Oleh Badan dan Lembaga Amil Zakat di Surabaya dan Gresik. Jurnal, vol 27 No 1, Surabaya.

Purwanto, April. (2009). Manajemen Fundraising bagi Organisasi Pengelola Zakat. Yogyakarta: Sukses.

Sarwono, Jonathan. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sani, M. Anwar. (2010). Jurus Menghimpun Fulus, Manajemen Zakat Berbasis Masjid. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,

Sugiyono. (2016). Cara mudah Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi. Bandung: CV Alfabeta.

. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Sumirat, Suryana dan Soleh, Asep. (2017). Komunikasi Persuasif. Banten: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.24853/pk.4.1.1-10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


 

My Stats
Powered by Puskom-UMJ