MEMBANGUN REPUTASI SEKOLAH ISLAM DI KALANGAN KELAS MENENGAH MUSLIM

Laela Ratnasari, Agus Suradika

Abstract


Sekolah Islam tumbuh pesat ditengah kebutuhan masyarakat akan pendidikan yang mampu memberikan keseimbangan antara pengetahuan agama dan umum. Persaingan yang semakin tinggi menuntut Sekolah Islam berlomba-lomba merebut hati konsumennya dengan melakukan berbagai strategi. Membangun reputasi dan citra dalam layanan publik seperti sekolah ini menjadi kunci penting dalam memenangkan persaingan tersebut, karena masyarakat cenderung membeli produk dan layanan dari perusahaan yang memliki reputasi baik. Berdasarkan para ahli, reputasi yang baik memungkinkan sebuah perusahaan menetapkan harga premium untuk produk/jasanya. Tak heran bila kalangan Kelas Menengah Muslim yang umumnya memiliki kekuatan kapital (modal) ini menjadi segmen yang dituju oleh Sekolah Islam Terpadu Auliya yang berlokasi di pemukiman elit, Bintaro Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana langkah-langkah yang dilakukan Sekolah Islam Terpadu Auliya dalam membangun reputasinya di kalangan Kelas Menengah Muslim. Penelitian yang menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan studi kasus dan teknik pengambilan sampel ini, menggunakan purposive sampling serta metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dan teknik analisis data dengan model interaktif. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa langkah yang dilakukan Sekolah Islam Terpadu Auliya dalam membangun reputasi telah sesuai dengan capaian visi sekolah. Perbedaan yang dimiliki pada Inovasi sistem pembelajaran, program dedikasi guru dan kolaborasi orangtua dengan nilai keislaman sebagai DNA Sekolah Islam Terpadu Auliya serta adanya pertumbuhan unit bisnis yang semula hanya level Taman Kanak-Kanak, kemudian berkembang ke level SD, SMP dan SMA dan peningkatan jumlah siswa dari 25 menjadi 1400 siswa serta 10 ribu alumni yang telah lulus, membuktikan bahwa Sekolah Islam Terpadu Auliya telah mendapatkan kepercayaan Kalangan Menengah Muslim dalam mendidik generasi yang Pintar, Kreatif sekaligus Saleh.

Full Text:

PDF

References


Beheshtifar, M., & Korouki, A. (2013). Reputation: An Important Component of Corporations’ Value. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 3(7), 15–20. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v3-i7/6

Doorley, J. and G. F. (2007). Reputation Management The Key to Successful Public Relations and Corporate Communication. Taylor & Francis Group.

Fombrun, C. (1996). The Reputational Landscape. Corporate Reputation Review, 1, 5–14.

Ganiem, K. (2019). Komunikasi Korporat Konteks Teoretis dan Praktis. Prenadamedia Group.

Griffin, A. (2008). New Strategies for Reputation.

Kurnia, I. H., Santoso, D., & Dkk. (2013). REPUTASI SEKOLAH ( Studi Kasus di SMA Negeri 1 Surakarta ). Jupe UNS, I(2), 1–7. https://doi.org/10.1038/nbt.3121.ChIP-nexus

Nashmi, M. M. (2017). The relationship between Islamic marketing ethics and brand credibility: A case of pharmaceutical industry in Yemen. Journal of Islamic Marketing, 8(2), 261–288. https://doi.org/10.1108/JIMA-03-2015-0024

Purwandi, L. (2017). Indonesia Middle Class Moslem: Religiosity and Consumerism.

Ridho, S. (2017). Kelas Menengah Muslim Baru dan Kontestasi Wacana Pluralisme di Media Sosial. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 4(2), 88. https://doi.org/10.22146/jps.v4i2.28582

Rizal, S. (2013). Potensi Dan Strategi Marketing Perbankan Syariah Pada Segmen Kelas. Al-Iqtishad, 5(2), 181–194.

Romenti, S. (2013). Reputation Management. The Key to Successful Public Relations and Corporate Communication. Corporate Communications: An International Journal, 18(1), 161–164. https://doi.org/10.1108/13563281311294182

Tjiptono, F. (n.d.). Strategi Pemasaran. Andi Offset.

Tom Duncan. (2002). IMC: Using Advertising and Promotion to Build Brands. McGraw-Hill Education.

van Riel, C. B. M., & Balmer, J. M. T. (1997). Corporate identity: the concept, its measurement and management. European Journal of Marketing, 31(5/6), 340–355. https://doi.org/10.1108/eb060635

Yuswohady. (2014). Marketing to The Middle-Class Muslim. PT Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.24853/pk.4.1.18-29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


 

My Stats
Powered by Puskom-UMJ