PRAKTIK EKONOMI POLITIK MEDIA PADA TAYANGAN LIGA INGGRIS DI TVRI

Makroen Sanjaya

Abstract


Televisi merupakan medium paling efektif menyebarluaskan budaya dan praktik ekonomi politik secara global. Pertandingan sepakbola adalah program yang paling banyak disiarkan televisi di seluruh dunia. Karena itu TVRI tertarik menyiarkan Liga Primer Inggris (English Premier League), salah satu liga sepakbola paling kompetitif di dunia pada musim kompetisi 2019/2020. Penayangan Liga Primer Inggris di TVRI merupakan kerjasama dengan Mola TV, pemegang lisensi siaran di Indonesia. Objektif artikel ini  bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik ekonomi politik media itu berlangsung pada tayangan Liga Primer Inggris di TVRI, satu-satunya Lembaga Penyiaran Publik (LPP) di Indonesia.  Metode studi literatur yang digunakan dalam arikel ini berbasis perspektif teori ekonomi politik media Golding & Murdock, dan observasi terhadap salah satu episode tayangan. Didapat hasil bahwa terjadi interplay antara organisasi ekonomi, yaitu Mola TV sebagai pemegang hak siar Liga Primer Inggris di Indonesia yang orientasinya adalah mencari keuntungan, dengan memanfaatkan TVRI sebagai institusi budaya publik. Interplay ini dapat dipahami sebagai cara perusahaan komunikasi kapitalis, Mola TV, memanfaatkan TV publik yang memiliki jaringan transmisi yang luas dengan potensi jangkauan audien yang besar, bagi terjadinya proses komodifikasi konten, audien dan pekerja dalam sistem ekonomi politik komunikasi.

Full Text:

PDF

References


Armando, Ade. (2016). Televisi Indonesia di

Bawah Kapitalisme Global. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Cox, Adam. (2012). Live Broadcasting, Gate

Revenue, and Football Club Performance: Some Evidence”. International Journal of the Economics of Business. Volume 19.

Dahgren, Peter. (2000) Television and the

Public Sphere. London: Sage

Publications.

Bibikas, Dimitri. (2009). The Potential of

Enterprise Social Software dalam

Hatzipanagos, Stylianos, Warburton,

Steven (eds). Handbook of Research

on Social Software and Developing

Community Ontologies. New York: Information Science Reference.

McQuail, Denis. (2010). McQuail’s Mass

Communication Theory (6th edition).

London: Sage Publications.

Mosco, Vincent. (2009). The Political

Economy of Communications, 2nd Edition. London: Sage Publications.

O’Donnel, Victoria. (2017). Television

Criticism. Edition 3. London: Sage Publications.

Rusadi, Dr.Udi, M.S. (2015). Kajian Media. Isu

Ideologis dalam Perspektif, Teori dan

Metode. Jakarta: PT Raja Grafindo

Persada.

Turnock, Rob. (2007). Television and

Consumer Culture. New York: I.B.Tauris & Co Ltd.

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200127 212733-20-469237/dewas-tvri-sindir- ucapan-helmy-soal-liga-inggris-gratis.

https://bola.tempo.co/read/1216998/alasan- mola-tv-gandeng-tvri-tayangkan- langsung-liga-inggris/Jumat

https://ekonomi.bisnis.com/read/20190626/12/ 937971/arti-premier-league-bagi-tvri

https://kumparan.com/kumparanbola/apa-itu- mola-tv-dan-bagaimana-cara- menonton-premier-league-di-sana

https://tvri.go.id/about

https://www.Youtube.com: Live Streaming

Komisi I RDP dengan Dewas LPP

TVRI, 21 Januari 2020




DOI: https://doi.org/10.24853/pk.4.1.30-39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


 

My Stats
Powered by Puskom-UMJ