PRAKTIK EKONOMI POLITIK MEDIA PADA TAYANGAN LIGA INGGRIS DI TVRI
DOI:
https://doi.org/10.24853/pk.4.1.30-39Abstract
Televisi merupakan medium paling efektif menyebarluaskan budaya dan praktik ekonomi politik secara global. Pertandingan sepakbola adalah program yang paling banyak disiarkan televisi di seluruh dunia. Karena itu TVRI tertarik menyiarkan Liga Primer Inggris (English Premier League), salah satu liga sepakbola paling kompetitif di dunia pada musim kompetisi 2019/2020. Penayangan Liga Primer Inggris di TVRI merupakan kerjasama dengan Mola TV, pemegang lisensi siaran di Indonesia. Objektif artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik ekonomi politik media itu berlangsung pada tayangan Liga Primer Inggris di TVRI, satu-satunya Lembaga Penyiaran Publik (LPP) di Indonesia. Metode studi literatur yang digunakan dalam arikel ini berbasis perspektif teori ekonomi politik media Golding & Murdock, dan observasi terhadap salah satu episode tayangan. Didapat hasil bahwa terjadi interplay antara organisasi ekonomi, yaitu Mola TV sebagai pemegang hak siar Liga Primer Inggris di Indonesia yang orientasinya adalah mencari keuntungan, dengan memanfaatkan TVRI sebagai institusi budaya publik. Interplay ini dapat dipahami sebagai cara perusahaan komunikasi kapitalis, Mola TV, memanfaatkan TV publik yang memiliki jaringan transmisi yang luas dengan potensi jangkauan audien yang besar, bagi terjadinya proses komodifikasi konten, audien dan pekerja dalam sistem ekonomi politik komunikasi.References
Armando, Ade. (2016). Televisi Indonesia di
Bawah Kapitalisme Global. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.
Cox, Adam. (2012). Live Broadcasting, Gate
Revenue, and Football Club Performance: Some Evidence”. International Journal of the Economics of Business. Volume 19.
Dahgren, Peter. (2000) Television and the
Public Sphere. London: Sage
Publications.
Bibikas, Dimitri. (2009). The Potential of
Enterprise Social Software dalam
Hatzipanagos, Stylianos, Warburton,
Steven (eds). Handbook of Research
on Social Software and Developing
Community Ontologies. New York: Information Science Reference.
McQuail, Denis. (2010). McQuail’s Mass
Communication Theory (6th edition).
London: Sage Publications.
Mosco, Vincent. (2009). The Political
Economy of Communications, 2nd Edition. London: Sage Publications.
O’Donnel, Victoria. (2017). Television
Criticism. Edition 3. London: Sage Publications.
Rusadi, Dr.Udi, M.S. (2015). Kajian Media. Isu
Ideologis dalam Perspektif, Teori dan
Metode. Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada.
Turnock, Rob. (2007). Television and
Consumer Culture. New York: I.B.Tauris & Co Ltd.
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200127 212733-20-469237/dewas-tvri-sindir- ucapan-helmy-soal-liga-inggris-gratis.
https://bola.tempo.co/read/1216998/alasan- mola-tv-gandeng-tvri-tayangkan- langsung-liga-inggris/Jumat
https://ekonomi.bisnis.com/read/20190626/12/ 937971/arti-premier-league-bagi-tvri
https://kumparan.com/kumparanbola/apa-itu- mola-tv-dan-bagaimana-cara- menonton-premier-league-di-sana
https://tvri.go.id/about
https://www.Youtube.com: Live Streaming
Komisi I RDP dengan Dewas LPP
TVRI, 21 Januari 2020