PENDEKATAN KOMUNITAS KOMPAS MUDA JAKARTA DALAM KEGIATAN MARKETING COMMUNICATION HARIAN KOMPAS

Siti Muslichatul Mahmudah

Abstract


Marketing communication mempunyai peranan penting bagi kelangsungan hidup sebuah perusahaan. Begitu pula yang diupayakan oleh Harian Kompas dalam proses regenerasi konsumennya agar bisa diminati juga oleh pembaca muda melalui kegiatan marketing communication. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendekatan komunitas Kompas Muda Jakarta dalam kegiatan marketing communication Harian Kompas. Teori yang digunakan pada penelitian ini ialah teori Fisher dan Hawes dengan model sistem interaksi dalam dua dimensi yaitu dimensi isi dan dimensi hubungan. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis. Metode penelitian ini ialah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data ialah wawancara kepada informan yaitu pada divisi marketing communication Harian Kompas dan anggota komunitas Kompas Muda batch Jakarta yang menjadi pusat komunitas. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber untuk teknik keabsahan data. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Dimensi isi pada komunikasi kelompok komunitas Kompas Muda Jakarta ialah dalam bentuk sosialisasi dan edukasi terhadap anggota Kompas Muda Jakarta terkait brand Harian Kompas dan dimensi hubungan pada komunikasi kelompok komunitas Kompas Muda Jakarta ialah dengan membangun relationship di antara anggota komunitas maupun antara pihak Kompas dengan anggota komunitas yang nantinya berkembang ke arah kohesivitas kelompok komunitas Kompas Muda Jakarta.


Full Text:

PDF

References


Andriyanto, Njo Evan Andriyanto, Herlina Budiono, Hendra Wiyanto. (2018). Pengaruh brand Image dan Corporate Branding Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Smartphone SAMSUNG Melalui Brand Equity sebagai Mediasi Pada Mahasiswa/I S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara. Conference on Management and Behavioral Studies. ISSN No: 2541-3406 e-ISSN No: 2541-285X. Hal. 251 – 262.

Ardianto, Elvinaro. (2011). Metodelogi Penelitian untuk Public Relations, kuantitatif dan kualitatif. Bandung : Simbioasa Rekatama Media.

Iriantara, Yosal. (2010). Community Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Kotler, Philip. (2001). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhalindo.

Kusdiyanto. (2008). Citra Perguruan Tinggi Swasta Di Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah. BENEFIT Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 12 No. 2. Hal 150-160.

Moleong, Lexy J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Morrisan. (2013). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Putro, Diki Anjasmoro, M. Kholid Mawardi (2017) Peran Brand Community Dalam Menciptakan Brand Image. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 47 No. 2 Juni. Hal 137-144.

Shihab, Mohammad Shihab. (2017). Strategi Public Relations Dan Pencak Silat Tradisional. JISIP: Jurna lIlmu Sosial dan Ilmu Politik. ISSN. 2442-6962. Vol. 6 No. 1. Hal 1 – 7.

Taurissa, Alvia Maya. (2017). Evaluasi Program Community Relations Perusahaan X. Jurnal E-Komunikasi Vol. 5. No.1. Hal 1 – 12.

Wiwitan, Tresna, Wulan Trigartanti. (2008). Konsep Corporate Social Responsibility dalam Kegiatan Community Relations. MIMBAR, Vol. XXIV, No. 2. Juli - Desember: 151-164.




DOI: https://doi.org/10.24853/pk.4.1.40-49

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


 

My Stats
Powered by Puskom-UMJ