KEKERASAN VERBAL DI TELEVISI: ANALISIS SEMIOTIKA SINETRON ‘ORANG KETIGA’ SCTV

Desliana Dwita

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena maraknya tayangan dengan tema pelakor dalam program televisi. Pelakor merupakan istilah baru di Indonesia yang merupakan kependekan dari perebut (le)laki orang. Sebelumnya pernah dikenal istilah ‘selingkuhan’, ‘simpanan’, atau ‘wanita idaman lain’ dengan makna yang hampir sama. Fenomena memperlakukan pelakor dengan kekerasan verbal menjadi tayangan yang paling banyak diminati pemirsa televisi khususnya perempuan. Salah satunya adalah sinetron ‘Orang Ketiga’ yang ditayangkan oleh stasiun televisi SCTV. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang adanya kekerasan verbal dalam sinetron ‘Orang Ketiga’ yang ditayangkan oleh stasiun televisi SCTV. Dalam beberapa episode, kekerasan verbal sering ditujukan kepada pelakor. Penelitian ini diharapkan dapat memberi informasi kepada penonton dan pembuat program televisi tentang makna yang terkandung dalam dialog yang mengandung kekerasan verbal. Penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi masukan bagi regulator yang mengawasi isi siaran tentang adanya kekerasan verbal dalam tayangan televisi. Penelitian kualitatif dengan metode analisis semiotika Roland Barthes ini berfokus pada makna denotasi, konotasi, dan mitos kekerasan verbal yang terdapat dalam sinetron ‘Orang Ketiga’. Hasil penelitian menunjukan terdapat makna denotasi berupa kata perebut, perusak, penghancur, menjadikan orang lain gila, pengambil hak orang, tidak punya hati, serta murahan. Makna konotasi dan mitos dalam sinetron ini mengandung makna yang tidak membangun berupa niat yang tidak baik, hati yang tidak baik, otak yang tidak normal, tidak memiliki harga diri, dan tidak memiliki perasaan layaknya manusia. Bentuk kekerasan verbal berupa kata-kata memaki, membentak, mengancam, mengejek, melecehkan, menjelekan, menyudutkan, membuat malu dan menghina.

Full Text:

PDF

References


Dwita, D., Mayasari, F., & Sjuchro, D. W. (2019). Illegitimate Pelakor in TV Soap Opera. International Conference of CELSciTech 2019 - Social Sciences and Humanities Track (ICCELST-SS 2019), 373(Advances in Social Science, Education and Humanities Research), 6–10. https://doi.org/10.2991/iccelst-ss-19.2019.2

Dwita, D., & Wijayani, I. (2018). Gender Equality in Media Television (Semiotics Analysis of Fair and Lovely Advertisement Issue of Marriage or Master Degree). Komuniti: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 10(1), 44–53. Retrieved from http://journals.ums.ac.id/index.php/komuniti/article/view/5316/3889

Martin, N. (2018, June 18). Apa Kata Ahli Linguistik Soal ‘Pelakor’? Kompas.Com. Retrieved from https://sains.kompas.com/read/2018/02/24/200600523/apa-kata-ahli-linguistik-soal-pelakor?page=all

Mudjiyanto, B., & Nur, E. (2013). Semiotika Dalam Metode Penelitian Komunikasi. Jurnal Penelitian Komunikasi, Informatika Dan Media Massa – PEKOMMAS, 16(1), 73–82.

Nielsen Newsletter. (2011, March). Understanding Women’s Media Habits. Nielsen, 1–4.

Nisa, A. C., & Wahid, U. (2014). Analisis Isi Kekerasan Verbal Dalam Sinetron “Tukang Bubur Naik Haji the Series” di RCTI (Analisis Isi Episode 396–407). Jurnal Komunikasi, 9(1), 85–102. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol9.iss1.art7

Rasyid, M. R. (2013). Kekerasan di Layar Kaca. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara.

Sari, W. P. (2015). Konflik Budaya Dalam Konstruksi Kecantikan Wanita Indonesia (Analisis Semiotika dan Marxist Iklan Pond ’s White Beauty Versi Gita Gutawa ). Jurnal Komunikasi, 7(2), 198–206.

Yuliyanti, F. D., Bajari, A., & Mulyana, S. (2017). Representasi Maskulinitas Dalam Iklan Televisi Pond ’ s Men #Lelakimasakini (Analisis Semiotika Roland Barthes Terhadap Representasi Maskulinitas). Jurnal Komunikasi, 9(1), 16–30.

Yusuf, R. (2014). BLACK IS BEAUTIFUL: Konstruksi Kemewahan dan Eksotisisme dalam Iklan Kopi Kapal Api. Jurnal Ilmiah Universitas Bakrie, 4(2).




DOI: https://doi.org/10.24853/pk.4.1.92-99

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


 

My Stats
Powered by Puskom-UMJ