KAJIAN KONSEP ARSITEKTUR BIOKLIMATIK PADA MASJID DARUL ULUM PAMULANG

Ahmad Faisal, Finta Lissimia

Abstract


Masjid adalah tempat peribadatan bagi umat islam, merupakan tempat suci dimana umat islam melaksanakan kewajiban sholat berjamaah, dzikir, I’tikaf dan lain sebagainya yang bertujuan untuk mendekatkan diri Kepada Sang Pencipta. masjid yang kurang nyaman membuat proses ibadah di dalamnya menjadi tidak terlalu khusyu. Pendekatan arsitektur bioklimatik adalah solusi yang memanfaatkan sumber daya alam eksisting Dengan mengetahui apa saja penerapan arsitektur bioklimatik pada bangunan masjid, dan Mengetahui aspek-aspek pada bangunan masjid yang terpengaruh langsung pada arsitektur bioklimatik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif, yaitu untuk mengetahui penerapan konsep arsitektur bioklimatik. Sehingga dalam prinsip bioklimatik yaitu core, orientasi, penempatan jendela, balkon, ruang transisi, desain dinding, lanskap, desain pasif dan penyekatan panas pada lantai dapat diaplikasikan dengan secara baik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data sekunder. Data sekunder adalah metode survei data dengan mengumpulkan data yang diambil dari buku, catatan, arsip, dan literatur dari penelitian sebelumnya. Dengan Hasil dari bioklimatik yaitu core, orientasi, penempatan jendela, balkon, ruang transisi, desain dinding, lanskap, desain pasif dan penyekatan panas pada lantai.

Full Text:

PDF

References


Noviani Rahmadiah, Popi Puspitasari, Khotijah Lahji. 2019. Arsitektur Bioklimatik Dan Kearifan Lokal. IPTEKSEN, hal: 257-262.

Jarwa Prasetya Sih Handoko. 2019. Prinsip Desain Arsitektur Bioklimatik Pada Iklim Tropis. Jurnal Arsitektur, Vol. 6, No. 2.

Lia Amelia Megawati, Akhmad Akromusyuhada. 2018. Pendekatan Arsitektur Bioklimatik Pada Konsep Bangunan Sekolah Yang Hemat Energi. Prosiding Seminar Nasional Unimus (Volume 1).

Nurul Amalia, Agung Murti Nugroho, Damayanti Asikin. 2014. Fasad Bioklimatik Pada Rancangan Perpustakaan Umum Di Kedung Kandang Kota Malang. Jurnal Mahasiswa Jurusan Arsitektur, vol.2, no.2.

Hajar Kusuma Cahyaningrum, Hardiyati, Rachmadi Nugroho. 2017. Implementasi Prinsip Desain Arsitektur Bioklimatik Pada Bangunan Perpustakaan Di Klaten. Jurnal Ilmiah Arsitektur Dan Lingkungan Binaan, VOL.15 NO.2.

Faiz Dewangga B. D. dan Purwanita Setijanti. 2016. Pendekatan Arsitektur Bioklimatik Pada Bangunan Pesisir. JURNAL SAINS DAN SENI ITS Vol. 5, No.2.

Inggrid A.G Tumimomor dan Hanny Poli. 2011. Arsitektur Bioklimatik. MEDIA MATRASAIN, VOL.8, NO.1.

Natalia Suwarno, Ikaputra. 2020. Arsitektur Bioklimatik Usaha Arsitek Membantu Keseimbangan Alam Dengan Unsur Buatan. Jurnal Arsitektur Komposisi, Volume 13 No. 2.

Fatmadhita Arumsari, Yohannes Firzal, Mira Dharma Susilawati. 2017. Penerapan Arsitektur Bioklimatik Pada Science Technology Park Universitas Riau. Jom FTEKNIK Volume 4 No. 2.

Delfta Yugaswara. 2014. Rumah Susun Dengan Konsep Bioklimatik Di Kota Malang. Jurnal Mahasiswa Jurusan Arsitektur, vol.2, no.1




DOI: https://doi.org/10.24853/purwarupa.6.2.45-52

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

Garba Rujukan Digital(Garuda)
Powered by Puskom-UMJ