KAJIAN KONSEP ARSITEKTUR HYBRID PADA HOTEL WISATA : PUTRI DUYUNG RESORT DI JAKARTA

Muhammad Izzat Zendy, Anisa Anisa

Abstract


ABSTRAK. Arsitektur adalah seni dan ilmi dalam merancang bangunan. Dari masa  ke masa arsitektur mengalami perkembangan yang pesat seperti halnya di Indonesia yang terus mengembangkan infrastrukturnya. Indonesia yang merupakan negara kepulauan memiliki berbagai macam destinasi wisata, sehingga hal ini menjadi salah satu faktor cepatnya pembangunan agar destinasi wisata yang ada dapat dinikmati dengan mudah dan nyaman khususnya pembangunan sebuah penginapan seperti hotel wisata. Hotel wisata pada umumnya dibangun menyesuaikan keindahan lokasi, sehingga penerapan arsitektur hybrid diharapkan mampu menghasilkan desain yang memiliki ciri khas pada lokasi yang ada namun tetap dapat dinikmati oleh masyarakat secara luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mengenai penerapan desain arsitektur pada hotel wisata. Metode yang digunakkan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif-deskriptif. Dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi baru dalam penerapan konsep arsitektur hybrid khususnya pada bangunan hotel wisata. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini yaitu penerapan konsep arsitektur hybrid pada hotel wisata Putri Duyung Resort antara tradisional dengan modern di dominasi oleh elemen arsitektur modern.

 

Kata Kunci: Arsitektur Hybrid, Hotel Wisata, Resort,

 

ABSTRACT. Architecture is the art and science of designing buildings. Along with the times, architecture has experienced rapid development, as in Indonesia, which continues to develop its infrastructure. Indonesia, which is an archipelagic country, has various kinds of tourist destinations, so this has become one of the factors in the speed of development so that existing tourist destinations can be enjoyed easily and comfortably, especially the construction of an inn such as a tourist hotel. Tourist hotels are generally built according to the beauty of the location, so the application of hybrid architecture is expected to be able to produce designs that have the characteristics of the existing location but can still be enjoyed by the wider community. This study aims to examine the application of architectural design to tourist hotels. The method used in this research is a qualitative-descriptive method. From this research, it is hoped that it can become a new reference in the application of the concept of hybrid architecture, especially in tourist hotel buildings.The conclusion drawn from this study is that the application of the hybrid architectural concept to the Putri Duyung Resort tourist hotel between traditional and modern is dominated by modern architectural elements.

 

Keywords: Hybrid Architecture, Tourism Hotels, Resorts


Full Text:

PDF

References


Miles, B. Mathew dan Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Rum, Ikaputra (2021). Arsitektur Hibrida: Kombinasi Untuk Menghasilkan Karya Arsitektur Yang Lebih Baik. Semarang: Universitas Muhammadiyah Semarang.

Ningsar, Erdiono (2012). Komparasi Konsep Arsitektur Hibrid Dan Arsitektur Simbiosis. Manado : Universitas Sam Ratulangi Manado.

Ardan, Mahendra (2017). Metode Hybrid dalam Perancangan Terminal Kampung Melayu Jatinegara, Jakarta Timur. Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Putri, Pitana dan Mustaqimah (2018). Arsitektur Hibrid Pada Institut Desain Dan Mode Di Yogyakarta, Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Sari, Runa dan Mustika (2020). Konsep Desain Hotel Resort Beridentitas Bali Di Pantai Bugbug, Karangasem – Bali. Bali: Universitas Warmadewa.

Seriawan, Ardiansyah, dan Sofjan (2017). Perancangan Stasiun MRT dengan pendekatan Architecture Hybrid, Lampung: Universitas Bandar Lampung.

Riyadi, Mauliani dan Sari (2019). Penerapan Arsitektur Modern Pada Bangunan Singapore Polytechnic di Tangerang, Jakarta : Universitas Muhammdiyah Jakarta

Hayuputri, Sumarwanto dan Wulandari (2020). Perancangan Gelanggang Mahasiswa Di Semarang, Semarang: Universitas 17 Agustus 1945

Prayoga, Anisa (2019). Pendekatan Arsitektur Tradisional Pada Bangunan Pendidikan Berkonsep Modern “Karol Wojtyla” Universitas Katolik Atma Jaya, Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta

Cambridge Dictonary. (n.d.). https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/hybrid (diakses pada 27 November 2022 Pukul 19.00 WIB).

Ikhwanuddin (2011). Analisis Konsep Desain Hybrid Pada Masjid Agung Jawa Tengah (Tinjauan Aspek Ruang Dan Bentuk ), Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Allsop, Bruce (1977). A Modern Theory of Architecture. Rotledge & Kagan Paul, University Press.




DOI: https://doi.org/10.24853/purwarupa.7.1.43-50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

Garba Rujukan Digital(Garuda)
Powered by Puskom-UMJ