KAJIAN KONSEP ARSITEKTUR KONTEMPORER PADA BANGUNAN PENDIDIKAN P.K. OJONG-JAKOB OETAMA TOWER

Azka Raihan Zulfa, Jundi Jundullah Afgani

Abstract


ABSTRAK. Ilmu merupakan sebuah kunci akan segala kebaikan serta pengetahuan. Ilmu menjadi sebuah sarana untuk bisa menjalankan hidup ini dan apa yang menjadi perintah Allah SWT kepada kita. Dalam perkembangannya pembangunan bangunan pendidikan sangat penting untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman dan bermanfaat bagi pengguna, sekaligus sebagai penanda bahwa pendidikan tidak hanya berkembang pada sistem saja akan tetatapi juga dengan pembangunan penunjang fasilitas yang berkualitas dan menjadi citra yang baik untuk pendidikan Indonesia. Kajian ini bertujuan lebih memehami konsep kontemporer terhadap prinsip dan penerapan pada bangunan pendidikan lebih tepatnya universitas dengan rumusan masalah Bagaimana bangunan pendidikan dalam studi kasus dikatakan menerapkan konsep arsitektur kontemporer?. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah kulaitatif dengan pendekatan deskriptif pada studi kasus bangunan kontemporer pada bangunan pendidikan lebih tepatnya universitas. Hasil dari kajian ini menunjukan bahwa konsep kontemporer memiliki prinsip tersendiri dari segi bentuk yang dinamis, kompleks, dan bentuk pengulangan dan simetri. Kajian ini diharapkan dapat digunakan sebagai awal pengembangan desain dalam rancangan arsitektur kontemporer.

 

Kata Kunci: Konsep Kontemporer, Bangunan Pendidikan, Arsitektur

 

ABSTRACT. Science is the key to all goodness and knowledge. Science becomes a means to be able to live this life and what Allah Almighty commands us. In its development, the construction of educational buildings is very important to create a comfortable and useful learning atmosphere for users, as well as a sign that education will not only develop in the system, but also with the construction of supporting quality facilities and become a good image for Indonesian education. This study aims to better understand the contemporary concept of principles and application to educational buildings, more precisely universities with the formulation of the problem How is educational building in case studies said to apply the concept of contemporary architecture?. The method used in this study is quantifiable with a descriptive approach to case studies of contemporary buildings in educational buildings, more precisely universities. The results of this study show that contemporary concepts have their own principles in terms of dynamic, complex shapes, and forms of repetition and symmetry. This study is expected to be used as a prelude to design development in contemporary architectural design.

 

Keywords: Contemporary Concepts, Educational Buildings, Architecture


Full Text:

PDF

References


umn.ac.id. (September 27, 2017). P.K. Ojong – Jakob Oetama Tower Diresmikan. Diakses pada 30 september 2022, Dari https://www.umn.ac.id/p-k-ojong-jakob-oetama-tower-diresmikan/.

Schirmbeck, E. (1988). Gagasan, Bentuk dan Arsitektur: Prinsip-Prinsi Perancangan dalam Arsitektur Kontemporer. Bandung: Intermatra

gramedia.com (febuari 21 2022). Arsitektur Kontemporer dan Contohnya Pada Bangunan Ternama di Dunia. Dari https://www.gramedia.com/

arsimedia.com (September 24, 2022). Memahami Konsep Desain Arsitektur Kontemporer. Diakses pada 10 November 2022, Dari https://www.arsimedia.com/.

Rustama Fasda Bimaktumaru (2021). KAJIAN KONSEP GENERATIF DALAM DUNIA KONSTRUKSI KONTEMPORER




DOI: https://doi.org/10.24853/purwarupa.8.1.27-32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

Garba Rujukan Digital(Garuda)
Powered by Puskom-UMJ