KAJIAN KONSEP ARSITEKTUR PERILAKU PADA KAMPUNG SUSUN AKUARIUM, JAKARTA UTARA

Agus Erlangga, Ari Widyati Purwantiasning

Abstract


Kampung Vertikal saat ini sudah mulai dikembangkan oleh pemerintah di Jakarta. Sudah ada beberapa permukiman horizontal yang menjadi permukiman vertikal, beberapa permukiman yang sudah menjadi permukiman vertikal salah satunya di sebabkan program pemerintah yang akhirnya mengahruskan permukiman itu terkena gusuran untuk pembangunan-pembangunan pemerintah. Sebuah Kampung Vertikal merupakan salah satu solusi kepadatan di permukiman dengan lahan yang terbatas. Studi Kasus pada penelitian ini yang di gunakan adalah Kampung Susun Akuarium yang terletak di Jakarta Utara. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi perilaku penghuni dan memahami apa saja kebutuhan dari penghuni Kampung Vertikal/Kampung Susun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskritif kualitatif naratif yang acuan variable nya di antaranya adalah observasi, wawancara, analisis dokumen pribadi, lalu menguraikan suatu hal dengan apa adanya dengan data-data yang di kumpulkan berupa sebuah gambar, kata-kata atau penalaran, dan bukan berupa angka-angka. Berdasarkan hasil dari analisis prinsip-prinsip arsitektur perilaku menurut teori dari Weinstein & David, Kampung Susun Akuarium ini sudah memenuhi keempat prinsip yang ada pada teori tersebut. Semua prinsip yang sudah diterapkan pada kampung susun ini di antaranya Memiliki ruang yang sesui dengan fungsinya dan dapat dimanfaatkan oleh warga seperti ruang usaha (kios) dan koridor yang cukup lebar. memiliki koridor yang lebar sehingga memberikan kenyamanan untuk warga dan memiliki ruang usaha, ruang terbuka hijau (Kebun) dan aula yang dapat mewadahi aktivitas warganya. Memiliki bentuk atap yang selaras dengan sekiatarnya menjadi harmonis, warna cat putih pada bangunan memberikan nilai estetika dan memberikan kesan bersih dan nyaman untuk warga, dan pola ruang yang unik di sesuaikan dengan prilaku warga seperti ruang dapur yang berada di dekat pintu keluar/masuk untuk mengantisipasi sesuatu hal yang tidak di inginkan.


Full Text:

PDF

References


Afifah, I., Yuliarso, H., & Sunoko, K. (2018). PENERAPAN ARSITEKTUR PERILAKU PADA PENGEMBANGAN KHADIJAH BUSINESS SCHOOL PONDOK PRENEUR INDONESIA DI SURAKARTA. Jurnal SENTHONG, 303.

Gunawan, I. (2022). Metode Penelitian Kualitatif : Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara, 179

Gunawan, W., & Purwantiasning, A. W. (2021). KAJIAN TIPOLOGI POLA RUANG HUNIAN VERTIKAL DI JAKARTA. BORDER Jurnal Arsitektur, 32.

Haryadi dan Setiawan (2014) Arsitektur, Lingkungan dan Perilaku. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Laurens, J. M. (2005). Arsitektur dan Perilaku Manusia. Jakarta: PT Grasindo.

Moleong, L. J. (2000). Metodologi penelitian kualitatif, cet. XI. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 03.

Mulyandari, H., & Bhayusukma, M. Y. (2015). PROSPEK PUBLIC SPACE PADA KAMPUNG SUSUN SEBAGAI RUANG INTERAKSI SOSIAL, EKONOMI DAN PENGEMBANGAN ILMU DI AREA BANTARAN SUNGAI. JURNAL TEKNIK SIPIL PERENCANAAN, 91.

Nizar, F., & Setyowati, E. (2021). PENGARUH PERILAKU PENGUNJUNG TERHADAP PERSONAL SPACE DI MASJID AL HADDAD PAMANUKAN PADA MASA PANDEMI COVID 19. ARCADE JURNAL ARSITEKTUR, 83.

Pramudito, S., W.P, A. L., & Nasir, D. J. (2019). Studi Model Rancangan Hunuan Vertikal Berdasarkan Bentuk Interaksi warga di Bantaran Sungai Winogo Yogyakarta. ARTEKS : Jurnal Teknik Arsitektur, 150-151.

Pramudiani, A. (2017). Pengaruh Perilaku Pengguna Terhadap Massa Bangunan Sekolah Menengah Kejuruan Peternakan Tanjungsari. Jurnal Reka Karsa, 10.

Riogilang, H. (2016). IDENTIFIKASI DAN PEDAMPINGAN UNTUK MENGATASI MASALAH SAITASI PADA PEMUKIMAN KUMUH DI KAMPUNG SANGER, DARIO MANADO. Jurnal LPPM Bidang Sains dan Teknologi , 55.

Saputra, J. A. (2021). PERANCANGAN KAMPUNG VERTIKAL DI KAMPUNG DUPAK MEGERSARI KOTA SURABAYA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR ADAPTIF. Doctoral dissertasion, UIN Sunan Ampel Surabaya, 4.

Sing, Y. (2021, 11 Rabu). Konsep Sirkulasi Sosial. Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia. Diakses November 16, 2022, dari https://www.instagram.com/p/CWqSdPosahZ/?hl=id

Sutanto, A., & Prayogi, L. (2021). KAJIAN KONSEP KAMPUNG VERTIKAL PADA KAMPUNG ADMIRALTY SINGAPURA. Jurnal Arsitektur PURWARUPA, 48.

Tandal, A. N., & Egam, I. P. (2011). ARSITEKTUR BERWAWASAN PERILAKU (BEHAVIORISME). MEDIA MATRASAIN, 66.

Wijayanti, A. C., Iswati, T. Y., & Nirawati, M. A. (2019). PENERAPAN PENDEKATAN ARSITEKTUR PERILAKU PADA TAMAN INKLUSIF DI SURAKARTA. Jurnal SENTHONG, 628.




DOI: https://doi.org/10.24853/purwarupa.7.2.7-14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

Garba Rujukan Digital(Garuda)
Powered by Puskom-UMJ