KAJIAN KONSEP ARSITEKTUR TROPIS PADA BANGUNAN PUSAT PERBELANJAAN MODERN TRANSMART CIBUBUR

Faiz Al Farisi, Anggana Fitri Satwikasari

Abstract


ABSTRAK. Indonesia merupakan negara yang memiliki iklim tropis. Iklim tropis terdiri atas musim kemarau dan musim hujan. Di wilayah tropis memiliki suhu yang lumayan panas dan juga meiliki curah hujan yang tinggi sehingga hal ini dapat berdampak pada bentuk adaptasi bangunan di wilayah tropis. Salah satu bangunan yang lumayan penting pada era modern ini adalah Pusat Perbelanjaan atau Mall yang menjadi tempat transaksi dan jual beli. Untuk membuat sebuah mall juga harus memperhatikan kenyamanan terutama di iklim tropis sehingga dibutuhkan kajian mengenai arsitektur modern di bangunan Pusat perbelanjaaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ddan memahami tentang konsep arsitektur tropis pada bangunan Mall. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan studi kasus Transmart Cibubur. Hasilnya Transmart Cibubur terdapat sebuah kanopi dan double façade pada muka bangunan, untuk menciptakan sistem penghawaan yang menyilang dilakukan dengan menerapkan dua bukaan pada sisi bangunan terdapat pula void untuk penghawaan.

 

Kata Kunci: arsitektur, mall, tropis

ABSTRACT.. Indonesia is a country that has a tropical climate. The tropical climate consists of a dry season and a rainy season. In the tropics, the temperature is quite hot and also has high rainfall, so this can have an impact on the adaptation of buildings in the tropics. One of the buildings that is quite important in this modern era is the Shopping Center or Mall which is the place for transactions and buying and selling. To make a mall you also have to pay attention to comfort, especially in a tropical climate, so you need a study of modern architecture in shopping center buildings. This study aims to find out and understand the concept of tropical architecture in Mall buildings. The method used in this study is a qualitative descriptive method with a case study of Transmart Cibubur. As a result, Transmart Cibubur has a canopy and double façade on the front of the building. To create a cross ventilation system, it is done by applying two openings on the sides of the building, there are also voids for ventilation.

Keywords: architecture, mall, tropical


Full Text:

PDF

References


Nuryadi, Arief. (1995). SHOPPING MALL SEBAGAIPUSAT PERBEIANJAAN, REKREASI DAN INFORMASI DI CIIACAP. Jurnal UII

Basuki, A. (2013, November 3). Ventilasi Pada Bangunan. From Department of Civil Engineering: https://sipil.ft.uns.ac.id/?p=888

Brown, G. (1987). Matahari, Angin Dan Cahaya

Irfandi. (2009). Pengaruh Iklim Dalam Perancangan Arsitektur

Mn, L. H. (2009). PENGUDARAAN SILANG PADA PENGEMBANGAN

Suptandar, P. (1982). Aspek Pencahayaan Dalam Interior Design




DOI: https://doi.org/10.24853/purwarupa.7.2.31-36

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

Garba Rujukan Digital(Garuda)
Powered by Puskom-UMJ