KAJIAN KONSEP ARSITEKTUR PERILAKU PADA BANGUNAN PERKANTORAN DI KAWASAN INDUSTRI, STUDI KASUS : KANTOR PUSAT PT. KAWASAN BERIKAT NUSANTARA

Satrio Aji Nugroho Prasetyo, Finta Lissimia

Abstract


ABSTRAK. Arsitektur perilaku merupakan sebuah konsep arsitektur yang memperhatikan perilaku pada setiap proses perancangannya. Bangunan perkantoran merupakan sebuah bangunan yang menjalani fungsi administrasi dan manajemen. Kawasan industri merupakan sebuah kawasan yang terletak di zona perindustrian selain bangunan industri terdapat juga bangunan perkantoran. Bangunan perkantoran di kawasan industri memiliki ciri khas perilaku tersendiri. Bangunan perkantoran yang ada tidak jarang tidak memperhatikan perilaku penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan penerapan arsitektur perilaku pada bangunan perkantoran di kawasan industri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif data yang ada baik primer maupun sekunder yang didapat melalui observasi maupun literatur di analisis dengan cara di deskripsikan kemudian diverifikasi dan ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini berupa elemen prinsip arsitektur perilaku yang diterapkan pada bangunan perkantoran di kawasan industri. Sirkulasi yang ada pada bangunan perkantoran di kawasan industri dapat mengakomodasi manusia dengan memiliki jalur yang lebar selebar bahu manusia. Warna yang digunakan dapat memberikan semangat serta ketenangan. Kebisingan yang ada memiliki kebisingan yang rendah untuk fokus karyawan serta pada pencahayaan terdapat bukaan cahaya alami yang dapat meningkatkan produktifitas pengguna.

Kata Kunci: arsitektur perilaku, bangunan perkantoran, kawasan industri

ABSTRACT. Behavioral architecture is an architectural concept that pays attention to behavior in each design process. An office building is a building that performs administrative and management functions. Industrial area is an area located in an industrial zone besides industrial buildings there are also office buildings. Office buildings in industrial areas have their own characteristics of behavior. Existing office buildings often do not pay attention to the behavior of their users. This study aims to determine and describe the application of behavioral architecture in office buildings in industrial areas. This study used a descriptive-qualitative method. The existing data, both primary and secondary, obtained through observation and literature, were analyzed by means of descriptions, then verified and conclusions drawn. The results of this study are the principle elements of behavioral architecture applied to office buildings in industrial areas. The existing circulation in office buildings in industrial areas can accommodate humans by having wide lanes as wide as human shoulders. The colors used can give enthusiasm and serenity. The existing noise has low noise for employee focus and in the lighting there are natural light openings which can increase user productivity.

Keywords: behavioral architecture, office building, industrial area


Full Text:

PDF

References


Alimin, J. (2020). Ragam Warna Untuk Tata Ruang Kantor yang Bikin Kerja Karyawan Makin Produktif. Great Day. Diakses 6 Januari 2023.

Carnelian, C. (2020). 8 Warna Cat Terbaik Untuk Kantor dan Home Office. Rukita. Diakses 10 Januari 2023.

Hariyanto, A. Yong, D, S. Mulyono, H. (2018). Perancangan Interior Kantor Konsultan Interior dengan Konsep “Grow Creativity” di Surabaya. Jurnal INTRA Volume 6 No 2 2018 : 749-756.

Mahasasi, D. (2018). Aluminium Composite Panel : Karakteristik dan kelebihannya. Homify.co.id. Diakses 7 Januari 2023.

Marsya, H, I & Anggraita, W, A. (2016). Studi Pengaruh Warna pada Interior Terhadap Psikologis Penggunanya, Studi Kasus pada Unit Transfusi Darah Kota X. Jurnal Desain Interior Volume 1 No 1 April 2016 : 41-50.

Pratiwi, A. (2021). 5 Tanaman Ini Dapat Meredam Suara Bising. Diakses 5 Januari 2023.

Pratiwi, A. (2022). 7 Warna Yang Bisa Menghadirkan Ketenangan di Dalam Ruangan. Diakses 6 Januari 2023.

Purnosidi. (2017). Cara Memilih Warna Untuk Interior Kantor. PT Niki Four. Diakses 10 Januari 2023.

Sari, R, M. Hanafiah, M, I, U. Zahra, A, F, M. (2022). Perancangan Ulang Kantor Teknologi Informasi Dengan Pendekatan Aktivitas, Provinsi Aceh. Jurnal Arsitektur Zonasi Volume 5 No 2 2022.




DOI: https://doi.org/10.24853/purwarupa.7.2.63-68

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

Garba Rujukan Digital(Garuda)
Powered by Puskom-UMJ