PENERAPAN KONSEP TOD (TRANSIT ORIENTED DEVELOPMENT) PADA PERENCANAAN KAWASAN PERMUKIMAN DAN KOMERSIAL YANG MENGGUNAKAN ENERGI TERBARUKAN DI TANGERANG

Junaedi Junaedi, Ari Widyati Purwantiasning, lutfi prayogi

Abstract


ABSTRAK. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk memberikan ide gagasan sebuah konsep perencanaan dan perancangan sebuah kawasan permukiman dan komersial melalui pendekatan konsep TOD dengan energi terbarukan, merancang bangunan baru dengan konsep bangunan hemat energi yang akan mendukung sebuah kawasan permukiman dan komersial yang mengusung konsep energi terbarukan dan untuk mengetahui sejauh mana penerapan konsep TOD dan energi terbarukan bisa diterapkan di Indonesia. Metode yang digunakan penulis untuk membuat tulisan ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deduktif yaitu metode berpikir yang menerapkan hal-hal yang umum terlebih dahulu untuk seterusnya dihubungkan dalam bagian-bagiannya yang khusus dengan mengkaji permasalahan dan kebutuhan yang ada untuk disesuaikan dengan bahan tulisan. Hasil dari tulisan ini adalah berupa konsep perencanaan dan perancangan desain kawasan permukiman dan komersial berkonsep TOD dengan energi terbarukan di Tangerang, konsep meliputi zonasi, sirkulasi bangunan, penempatan titik transit, program ruang dan penempatan titik-titik energi terbarukan di dalam tapak.

 

Kata Kunci: permukiman, komersial, TOD, energi terbarukan

 

ABSTRACT. The purpose of this paper is to give the idea of a conceptual plan and design of a residential and commercial area utilizing Transit Oriented Development (TOD) and renewable energy principles. It proposes the design of new buildings utilizing energy-efficient principles that support residential and commercial area that is energy efficient. It also aims to test the feasibility of TOD and renewable energy principles utilization in Indonesia. The method used is qualitative method with deductive approach, that is applying common principles on specific issues found on site. The product of this study is a conceptual plan and design of a residential and commercial area utilizing TOD and renewable energy principles in Tangerang, consists of zoning, area circulation, transit hub and point plan, spatial program and renewable energy generation point plan.

 

Keywords: residential, commercial, TOD, renewable energy


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24853/purwarupa.1.2.13-18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

Garba Rujukan Digital(Garuda)
Powered by Puskom-UMJ