PERANCANGAN RUANG EKSPRESI REMAJA PADA GELANGGANG REMAJA DI YOGYAKARTA

Muhammad Johar Nehru, Endah Tisnawati, Setiawan Ardyanto

Abstract


Remaja merupakan masa dimana seseorang sedang mencari identias diri, masa tersebut berkaitan dengan pertumbuhan fisik dan psikis. Remaja mempunyai sifat yang cenderung menggebu-gebu dan mempunyai tingkat emosi yang tinggi. Sifat-sifat tersebut adakalanya baik dan buruk. Kenakalan remaja yang terjadi saat ini merupakan sifat buruk dari remaja yang diluapkan kedalam suatu aktifitas yang negatif. Tetapi sifat positif yang terluapkan dari remaja dapat terlihat pada prestasi dan hobi yang mampu memberikan rasa percaya diri dalam berekspresi. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan analisis. Rancangan Ekspresi remaja pada prinsipnya mengarah pada ruang-ruang yang tersedia pada bangunan baik ruang luar maupun ruang dalam.


Full Text:

PDF

References


D.K Ching, Francis (Ir. Paulus Hanoto Adjie). 1994. Arsitektur bentuk ruang dan susunannya. Jakarta: Erlangga.

De Chiara, Joseph & John Callender. 1987. Time-Saver Standards for Building Types: 2nd edition. Singapore: National Printers Ltd.

Hurlock, Elizabeth B. 1999. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa: Istiwidayanti & Soedjarwo. Edisi Kelima. Jakarta:Erlangga.

Susilowati, Gunawan, & Mustaqimah. 2018. Penerapan Arsitektur Perilaku Pada Perancangan Akademi Sepak Bola Di Yogyakarta, Surakarta:Jurnal Senthong

Yudhanta, W. C. 2018. Pengaruh Konfigurasi dan Visibilitas Ruang pada Aksesibilitas Studi Kasus pada Kawasan XT Square Yogyakarta. KOMPOSISI, 12(1), 67-76.

Mulyandari, H., & Bhayusukma , M. 2015. Prospek Public Space pada Kampung Susun sebagai Ruang Interaksi Sosial, Ekonomi dan Pengembangan Ilmu di Area Bantaran Sungai. Yogyakarta: Jurnal FTSP UNNES, 17(2), 89-98




DOI: https://doi.org/10.24853/purwarupa.3.4.39-44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

Garba Rujukan Digital(Garuda)
Powered by Puskom-UMJ