KAJIAN KONSEP ARSITEKTUR METABOLISME PADA BANGUNAN BANDAR UDARA INTERNASIONAL (KUALA LUMPUR DAN QUEEN ALIA)

choirul umom, ashadi ashadi

Abstract


Sebuah karya dalam arsitektur ada dikenal sebuah aspek konseptual seperti sebuah gagasan yang mendasari sebuah karya yang dibuat. Salah satunya gagasan atau konsep dalam desain arsitektur adalah konsep arsitektur metabolisme yang lahir pada zaman arsitektur modern yang berasal dari Jepang. Konsep rancangan desain arsitektur metabolisme memiliki ide desain bangunan yang memungkinkan ruang dan bentuk dapat disesuaikan dengan perubahan (berkembang) sesuai dengan kebutuhan fungsinya dimasa depan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif naratif. Metode dengan cara ini yaitu melihat kondisi nyata yang terjadi pada objek penelitian dan selanjutnya melakukan analisis yang dideskripsikan secara naratif. Hasil dari penelitian ini adalah melihat pada objek studi kasus yaitu bangunan Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur dan Bandar Udara Internasional Queen Alia apakah menerapkan ciri-ciri arsitektur metabolisme. Pada penelitian diharapkan dapat memberikan pemahaman dan hasil identifikasi untuk menambah pembendaharaan ilmu khususnya terkait dengan penerapan ciri-ciri arsitektur metabolisme yaitu: modular, arsitektur yang fleksibel, dan teknologi prefabrikasi pada bangunan studi kasus bandar udara.


Full Text:

PDF

References


Basalamah, A., Tarore, R. C., dan Rompas, L. M. (2017). Redesain Terminal PenumpangInternasional Bandara Sam Ratulangi Manado (Arsitektur Metabolisme). Jurnal Arsitektur DASENG UNSRAT Manado

Firmansyah, A. Y. (2016). Architecture metabolism approach which integrates the concept Magersari in supporting balanced development with green agricultural land in suburbs. Procedia - Social and Behavioral Sciences 227 (2016) 609 – 616.

Kapugu, R. D. M. dan Poulan, R. J. (2014) Pusat Pelatihan Kepemimpinan Pemuda Gmim (Arsitektur Metabolisme). Jurnal Arsitektur DASENG UNSRAT Manado

Nasir, J. A. (2017). Metabolisme Apartement Peti Kemas. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya 2017.

Neufert. (2002). Data Arsitek Jilid II Edisi 33. Jakarta: PT. Erlangga, 2002.

Sinaga, M. R, dan Tinangon, A. J. (2011). Arsitektur New Brutalisme. MEDIA MATRASAIN VOL 8 NO 2 AGUSTUS 2011.

Syaifulloh, A. (2019). Perancangan Bandar Udara Internasional Di Kabupaten Kediri Dengan Pendekatan Konsep Futuristik. Central Library Of Maulana Malik Ibrahinstate Islamic University Of MALANG.

Widagdo, M. A., Kusumarini, Y. dan Basuki, L. (2013). Studi Terapan Konsep Metabolisme dan Simbiosis pada Bangunan Karya Kisho Kurokawa. Jurnal INTIRA: Vol.1, No.2, (2013) 1- 11.

Yonanda, H. dan Trisno, R. (2019). Kampung Nelayan Berkelanjutan Di Kamal Muara. Jurnal Stupa: Vol. 1, No. 2, Oktober 2019. hlm: 1009-1024.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung


Powered by Puskom-UMJ