KAJIAN KONSEP ARSITEKTUR KANONIK PADA BANGUNAN INDONESIA CONVENTION EXHIBITION (ICE)

Muhamad Faiz Akmal, Ashadi Ashadi

Abstract


Keteraturan pada sebuah desain arsitektur sangatlah penting. Hal tersebut sudah menjadi hal yang sudah umum sejak zaman dahulu hingga sekarang. Konsep arsitektur yang sangat berkaitan erat dengan keteraturan dan pola adalah konsep arsitektur kanonik. Konsep arsitektur kanonik memiliki ciri perancangan bentuk melalui kaidah-kaidah. Metode penelitian yang digunakan pada penelitan ini adalah jenis metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode kualitatif deskrptif/naratif disini maksudnya adalah metode penelitian dimana peneliti melihat kondisi nyata objek penelitian yang akan diteliti secara tidak langsung untuk selanjutnya dilakukan analisis dengan dideskripsikan dengan bentuk narasi. Tujuan penelitian ini adalah memberikan gambaran kondisi dari kenyataan yang sesuai dan terjadi pada konsep arsitektur kanonik. Hasil dari penelitian ini adalah bangunan studi kasus gedung konvensi  yaitu Indonesia Convention Exhibition (ICE) memiliki ciri arsitektur kanonik yaitu Geometris, Modular, Grid, Fungsional, Kekokohan dan Estetika.

 

Kata kunci: Arsitektur Kanonik, Keteraturan, Gedung Konvensi


Full Text:

PDF

References


Akbar, Yusuf Zenal; Munawan, Reza; Fandy, Empy; Fachri, Muhammad. (2015). MULTIFUNGSIONALITAS DALAM TEORI ARSITEKTUR KLASIK. Link: Academia.edu

Ardiansyah; Ravsyan, Ricky; Dwipuri, Ria. (2019). REKONSTRUKSI BENTUK ARSITEKTUR CANDI PADANG ROCO DI KABUPATEN DHARMASRAYA SUMATERA BARAT. Link: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/nalars/article/view/3886.

Ashadi. (2018). Kajian Makna Dalam Arsitektur Dan Paham-paham Yang Mempengaruhinya. Penerbit UMJ Press.

Astuti, Retno Fitri. (2018). SIMBOLISME ARSITEKTUR TIMUR TENGAH, PADA BANGUNAN MASJID DI INDONESIA. 13(2), 17–31. Link: http://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/pelitatekno/article/view/212.

Atmojo, B. Suryo; Santosa, Henry; Haripradianto, Tito.(2016). Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dengan Pendekatan Arsitektur Ramah Lingkungan. Link: http://arsitektur.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jma/article/view/251.

Ekomadyo, Agus. S., & Jones, C. (2018). Riset tentang Desain Arsitektur : Tinjauan Beberapa Pemikiran Teoretis dan Operasionalisasinya. Link:http://dosen.ar.itb.ac.id/ekomadyo/wpcontent/uploads/2018/06/EkomadyoITB-Riset-tentang-Desain-TI-IPLBI-2018-10-01.pdf.

Manaroinsong, Keren; Suryo. (2017). PENERAPAN ANALOGI LINGUISTIK PADA ARSITEKTUR DENGAN MENGGUNAKAN PRINSIP SENI EKSPRESIONIS. Link: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jmm/article/view/18470.

Pawitro, Udjianto. (2009). Pemahaman Keterkaitan ‘Teori Arsitektur’’ – Kegiatan “Perancangan’’ dan ‘Kritik Karya’’ dalam Arsitektur.’”’ Jurnal Itenas Rekayasa, 13(4), 218779.

Pujihastuti, Hesti. (2016). PENDEKATAN DESAIN DALAM ARSITEKTUR. Link: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jmm/article/view/18470.

Sayekti, Sirly. (2014). Geometri Fraktal Percandian Singosari Pada Perancangan Museum Purbakala Singosari. Link: http://repository.ub.ac.id/142949/.

Soedigdo, Doddy. (2010). Arsitektur Regionalisme (Tradisional Modern). 26–32. Link: https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JTA/article/view/808.

Sulistio, Agus; Sufianto, Heru; Soekirno, Ali. (2016). KONSEP ARSITEKTUR RAMAH LINGKUNGAN PADA FASILITAS PELELANGAN IKAN DI PPN PONDOKDADAP SENDANGBIRU. Link: http://arsitektur.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jma/article/view/230.

Suwarningsih, W., Supriana, I., & Purwarianti, A. (2015). Model dan Metoda Arsitektur pada Sistem Tanya Jawab Medis. Jurnal INKOM, 8(2), 69. https://doi.org/10.14203/j.inkom.303.

Syarifudin, Umam; Setijanti, Purwanita. (2017). Maritime Living Museum: Eksplorasi Ruang Ekspose Pesisir. Link: http://www.ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/viewFile/27429/4367.

Zulkarnaen, Guruh; Nugroho, Agung; Sujudwijono, Nurachmad. (2015) MUSEUM LAYANG-LAYANG DI KUTA SELATAN. Link: http://arsitektur.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jma/article/view/76.




DOI: https://doi.org/10.24853/purwarupa.5.2.41-48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

Garba Rujukan Digital(Garuda)
Powered by Puskom-UMJ