PRODUK MAHASISWA CIVITAS AKADEMIKA SIAP MENUJU PASAR EKSPOR

Lely Suryani, Sasmita Sari Ardaninggar, Asih Handayani

Abstract


Pemerintah menyatakan akan  terus mendorong kinerja ekspor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Peningkatan ekspor UMKM menjadi salah satu strategi pemerintah untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Permasalahan yang ada saat ini adalah  sumber daya manusia dan juga teknologi. SDM dan manajemen itu dari pola pikir, rekrutmen, pendampingan, budaya kerja, kualitas SDM dan lain-lain. Masalah lainnya  adalah inovasi dan teknologi. Inovasi produk, adopsi teknologi baru, kapasitas produksi dan lain-lain. (Masalah) Pasar dan bahan baku. Akses pasar digital, konvensional, kemitraan, akses ekspor, ketersediaan bahan baku dan lain-lain. Bagi perkembangan perekonomian Indonesia, transaksi ekspor impor ini merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang penting. Pengembangan produk untuk keperluan ekspor, juga menjadi lebih kompleks dibandingkan dengan keperluan perdagangan dalam negeri. Universitas Pamulang menyediakan berbagai macam unit usaha. Berbagai macam unit usaha yang sedang dikembangkan Universitas Pamulang antara lain DO  IT  & SOYA FIBER. Produk mahasiswa/civitas akademika seperti  DO  IT  Chocolate  Dan  Soya Fiber dapat dikembangkan dan  siap menuju pasar ekspor sehingga tercipta suatu  produk yang dapat diekspor dan mampu bersaing dengan pasar luar negeri. Dengan adanya latar belakang inilah, maka CV Samudra Alfath bekerjasama dengan UNPAM berencana untuk membuat pengabdian kepada masyarakat dengan judul “Produk Mahasiswa/Civitas Akademika Siap Menuju Pasar Ekspor”.

Full Text:

PDF

References


Agustina dan Reni. (2014). Pengaruh Ekspor, Impor Nilai Tukar Rupiah Dan Tingkat Inflasi Terhadap Cadangan Devisa Indonesia. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil Volume 4, Nomor 02, Oktober 2014, 4, nomor 61–70.

Chang, May Chu. 2012. Nurturing Creativity and Innovation in The Classroom. International Conference on Creativity and Innovation. UNESCO. Hotel Sulthan. Jakarta

Ginzberg, Eli. 2010 dalam http://ya2n67.blogspot.com/2010/06/do-you-knowbig-secret-to-success-of.html.

Lim, H. (2010). The Internationalization of Small and Medium Enterprises in Regional and Global Value Chains. Asian Development Bank Institute Working Paper Series, (231).

Nuriasari, S. Menumbuhkan Jiwa kewirausahaan di perguruan tinggi. STAIN Jurai Siwo Metro.

Santosa, I. (2014). Masalah Dan Tantangan Pengembangan Kewirausahaan Pada Kalangan Mahasiswa Di Indonesia, Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 203-207

Sudaryanto, R. (2013). Strategi Pemberdayaan UMKM Menghadapi Pasar Bebas 91 Asean. Jurnal Analisis Sosial, 3(6), 1–32


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ