PENDAMPINGAN PELESTARIAN KAWASAN BERSEJARAH DENGAN KEGIATAN IDENTIFIKASI ISSUE DAN MASALAH PADA KOTA PUSAKA PARAKAN

Ari Widyati Purwantiasning, Saeful Bahri, Dedi Hantono, Lutfi Prayogi, Yeptadian Sari

Abstract


Kegiatan pendampingan pelestarian Kawasan bersejarah ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan oleh Program Studi Arsitektur berkolaborasi dengan Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan selama bulan Februari 2021-Juni 2021 antara dosen dan mahasiswa yang tergabung di dalam Tim Pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pendampingan terutama pada masyarakat yang tergabung di dalam LSM Nata Parakan Luwes dan Pusat Informasi Pariwisata Parakan dalam pengelolaan pelestarian Kawasan bersejarah di Kota Pusaka Parakan. Kegiatan menyeluruh yang terdiri dari tiga tahapan kegiatan ini masih berlangsung sampai beberapa waktu ke depan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah dengan melaksanakan observasi lapangan langsung pada studi kasus, melakukan diskusi kelompok terstruktur dan membuat kajian terhadap isu dan masalah yang teridentifikasi. Diharapkan dengan adanya kajian ini, maka masyarakat Parakan yang tergabung dalam LSM NPL dan PIPPA dapat memiliki panduan dalam melakukan pengelolaan pelestarian Kawasan bersejarah di Kota Pusaka Parakan.


Full Text:

PDF

References


Direktorat Jendral Ciptakarya. (diakses 28 Agustua 2021). Program Penataan dan Pelestarian Kota Pusaka. http://sim.ciptakarya.pu.go.id/kotapusaka/page/3-program-penataan-dan-pelestarian-kota-pusaka-p3kp

Fitasari, Nofika. and R. Kurniati. (2018). Upaya Pelestarian Kawasan Bersejarah Kota Pusaka Parakan, Kabupaten Temanggung. Jurnal Ruang, Vol. 4 No.1, pg. 48-56.

Marnala, Milana Angelika. Medtry. Lestari, Fiona. (2020). Kajian Pelestarian dan Pengelolaan Kawasan Cagar Budaya di Kota Lama Semarang. TECHNOPEX 2020 Institut Teknologi Indonesia.

Navapan, N. and K. Oonprai. (2019). Integration of historic places in new urban development: A case study of Phitsanulok, Thailand. Geographia Technica, 14: 22-31.

Purwantiasning, AW, Kurniawan, KR. (2017). Prosiding Seminar Heritage IPLBI 2017: Kota Pusaka dan Pemikiran Kembali tentang Historical Attachment dalam Persepsi Masyarakat. Dipresentasikan dalam Seminar Heritage Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia 2017. Cirebon, 2017.

Purwantiasning, AW, Kurniawan, KR., Suniarti, PMPS. (2019). Reading Activities in Kauman Area, Parakan, Indonesia, During Colonial Era Using Mapping Analysis. International Journal of Geography and Geology, Vol. 8 No. 9, pg. 34-43. Conscientia Beam Publisher.

Pemerintah Republik Indonesia. (2010). Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya.

Peraturan Menteri PUPR No. 1 tahun 2015 tentang Bangunan Gedung Cagar Budaya yang Dilestarikan.

Syaiful, Muhammad. (2016). Pemanfaatan Benda Cagar Budaya sebagai Potensi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bagi Masyarakat Sekitar di Kota Pontianak Kalimantan Barat. Jurnal Sejarah dan Budaya. Vol.10 No.2, pg. 222-233. http://dx.doi.org/10.17977/sb.v10i2.7671


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ