UPAYA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS IKM “IDONUTE” DALAM PROSES DAN PENGEMASAN

M. Ulfah, F. Arina, P.B. Katili

Abstract


IKM IDONUTE merupakan IKM yang bergerak dibidang makanan yang memproduksi donat dan dessert box. Di masa pandemi Covid-19 dimana hampir semua usaha kuliner bangkrut karena sepi pembeli tetapi IKM ini malah kebanjiran pesanan karena produk donat yang diproduksinya unik berbeda dengan bentuk donat pada umumnya.IKM IDONUTE memproduksi donat dalam bentuk huruf dan biasanya dipesan untuk acara ulang tahun atau ucapan hari raya dalam bentuk donat huruf berdasarkan order. Kreativitas usaha kuliner unik  ini lah yang menjadikan IKM IDONUTE mampu bertahan di masa pandemi Covid-19. Namun yang menjadi masalah di IKM ini proses produksinya masih dilakukan konvensional dengan menggunakan tangan dari mulai mencampur bahan-bahan dan menguleni adonan sehingga proses produksinya memakan waktu lama lebih dari 3 jam dan membuat lelah pembuatnya terutama bagian lengan tangan. Selain itu kemasan donat juga masih nampak sederhana menggunakan kardus tipis yang ukurannya kecil sehingga kurang menarik pelanggan.  Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diusulkan adanya penerapan teknologi untuk menguleni dan menghaluskan adonan sehingga dihasilkan adonan yang rata dan tekstur yang halus. Kemasan donat didesain sesuai ukuran donat huruf yang dibentuk berdasarkan pesanan dengan warna dan gambar kemasan yang menarik agar punya nilai tambah dan meningkatkan pelanggan. Kemasan didesain dari bahan kardus berlapis plastik dengan menambahkan keterangan nama merk IDONUTE ditutup kemasan.


Full Text:

PDF

References


Aristio A,Wijaya,Laudry, G. Tjiputra4, Ivan Kristopher, K. Widjanarko, V.Tan, L. Marchalina, (2019). Pendampingan Usaha Kecil dan Menengah Donat Kentang dalam Peningkatan Efisiensi, Produktivitas, dan Pendapatan, JPM Jurnal Pemberdayaan Masuarakat, Vol. 01, No. 02.

Artiningsih. N. K. A. (2015). Penerapan Penggunaan Mixer pada Industri Donat di Bawen Kabupaten Semarang. Seminar Nasional Peningkatan Kapabilitas IMKM dalam Mewujudkan UMKM Naik Kelas.

Ayustaningwarno. F. (2014). Teknologi Pangan. Graha Ilmu.

Bahalwan, F. (2014). Roti Empuk (Resep Dasar Roti). NCC Indonesia in Bread Recipe.ThirdEdition. University of Wiscorsin Madison. New York.

Benny V. Lotulung. (2013). Penggunaan Tepung Jalejo (Jagung, Kedelai, Kacang Hijau) Sebagai Bahan Baku Dalam Pembuatan Donat. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jakarta Buletin Pertanian Perkotaan Volume 3 Nomor 1 2013. 7-13

D. L. Trenggonowati1, Kulsum , P.B. Katili, A. Ridwan,M. Ulfah, Y. Muharni, P.F. Ferdinant, E. Febianti,A.Gunawan,N.Wahyuni. (2019). Upaya Peningkatan Produktivitas di IKM BAKPAO XYZ, Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat

LPPM UMJ, E-ISSN: 2714-6286.

Joseph M. Putti. (2010). Memahami Produktivitas. Binarupa Aksara. Jakarta

Mulyadi. (2007). Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen, Sistem Pelipatgandaaan Kinerja Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Mustakim Sahdan, Sigit Purnawan, Muntasir, Hari Rarindo, Sri Prilmayanti Awaluddin. (2018). Penerapan Mesin Pengaduk Adonan Dan Etalase Produk Pada Usaha Pembuatan Kue Ulenan Dan Donat Di Pasar Tradisional Penfui. Kupang.

Subagjo, A. (2007). Manajemen Pengolahan Kue dan Roti. Yogyakarta: Graha Il


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ