PENGARUH LABEL, VIDEO PRODUK DAN LAPORAN KEUANGAN ONLINE UNTUK PENGEMBANGAN USAHA PADA USAHA RUMAHAN KERIPIK TEMPE WIWIN

Nor lailla, M. Irfan Tarmizi

Abstract


Keripik  tempe merupakan makanan camilan yang sangat digemari oleh masyarakat. Pengelolaan usaha keripik tempe dengan metode yang tepat dapat menjadi salah satu income pendapatan bagi usaha rumahan. Namun masih banyaknya usaha rumahan yang belum dapat berkembang karena tidak mampu bersaing dengan jenis usaha yang sama. Permasalahan yang dihadapi mitra yaitu , belum di berikannya labeling produk sebagai identitas produk,  belum dilakukan promosi produk sehingga produk belum terjangkau atau dikenal  oleh semua konsumen , tidak ada laporan keuangan transaksi uang masuk maupun uang keluar usaha,  serta masih bergabung antara uang operasional usaha dengan uang operasional rumah tangga. Metode yang akan digunakan adalah memberikan penyuluhan berkaitan dengan labeling produk, cara membuatan video produk agar dapat menarik keinginan konsumen untuk membeli produk keripik tempe serta pelatihan menggunakan aplikasi keuangan sehingga laporan keuangan akan tercatat. Target yang ingin di capai adalah pelaku usaha rumahan dapat menerapkan strategi pemasaran dan laporan keuangan  salah satunya dengan berbasis teknologi  


Full Text:

PDF

References


Alma, B., (2007), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Bandung : CV Alfabet

Kasmir. 2018. Analisis Laporan Keuangan. Rajawali Pers : Jakarta

Kotler P. dan Keller, K.L., (2016), Marketing Management, 15th Edition Pearson Education Limited, England

Kurniawan, A & Asharudin, M (2018). Small and Medium Enterprises (SMEs) Face Digital Marketing. Muhammadiyah International Journal of Economics and Business Volume 1, Number 2, December 2018

Titis Purwaningrum , Nur Sayidatul Muntiah , Rosyida Rahma Izzati , dan Ajeng Pipit (2020) Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dikemas Vol. 4, No. 1 Tahun 2020, Implementasi Aplikasi Akuntansi Ukm Berbasis Android Untuk Mempermudah Penyusunan Laporan Keuangan Pada Asosiasi Peternak Ayam Petelur

Oktafiyani, F & Rustandi, D (2018). Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas, Volume 3, No. 1, 2018, hlm. 1-20

Setiawati, I & Widyartati, P (2017) Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba UMKM. Seminar Nasional dan Call for Paper 2017 Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Publikasi Jurnal Ilmiah dalam Menyikapi Permenristekdikti RI No.20 Tahun 2017.

Taiminen, H.M & Karjaluoto, H (2014). The usage of digital marketing channels in SMEs. Journal of Small Business and Enterprise Development Vol. 22 No. 4, 2015 pp. 633-65.

Yani Restiani Widjaja, Catur Martian Fajar, Deden Edwar Yokeu Bernardin, Dwinta Mulyanti, Sahidillah Nurdin (2018) Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana Untuk UMKM Industri Konveksi, Vol. 1 No. 1 Februari 2018, Hal. 163-179.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ