SOSIALISASI TENTANG CARA PENGGUNAAN DAN CARA MEMBUANG MASKER MEDIS SEKALI PAKAI DI RUMAH QUR’AN GENERASI MUSLIM

Agam Wardhana, Dinila Putri Ramadhanti, Fifi Dwi Aryani, Merdiansah Paputungan

Abstract


Covid-19 adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh virus dari golongan coronavirus atau disebut juga virus corona. Virus ini pertama kali menjadi sorotan karena kemunculannya pada akhir tahun 2019 yang terjadi di Wuhan, China. Setelah itu virus tersebut muncul pada bulan Maret tahun 2020 di Indonesia. Untuk mengatasi penyebaran virus yang semakin banyak,pemerintah menerapkan peraturan untuk selalu memakai masker dan mencuci tangan. Peraturan dipatuhi bertujuan untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19. Peraturan yang tidak diiringi dengan kesadaran dan kedisiplinan dalam membuang sampah masker medis sekali pakai mengakibatkan pencemaran lingkungan. Hal tersebut dapat diatasi dengan memberikan pengetahuan tentang bahaya sampah masker medis sekali pakai terhadap lingkungan sejak dini. Yaitu mengajarkan  siswa Rumah Qur’an Generasi Muslim untuk membuang sampah masker medis sekali pakai dengan baik dan benar. Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan kesadaran sejak dini tentang kebiasaan yang dilakukan. Memberikan edukasi kemudian membagikan masker dan poster tentang bahaya sampah masker medis sekali pakai. Permasalahan sampah ini berskala lokal dan memberikan dampak global dalam jangka panjang.


Full Text:

PDF

References


Anna,Lusia Kus. 2021. ”Limbah Masker Sekali Pakai Ancam Habitat Hewan”, https://lifestyle.kompas.com/read/2021/02/06/131705720/limbah-masker-sekali-pakai-ancam-habitat-hewan?page=all, diakses pada 30 Juli 2021 pukul 10:00.

Widyaningsih,N.,Darmawan L,Cahya., dan Suprajaka . 2020. Pengelolalan Sampah Kala Covid-19,Abdimas, 6 (4), 222.

Amalia,Vina., Hadisantoso,Eko Prabowo., Wahyuni,Ira Ryski., dan Supriatna,Adi Mulyana. 2020. Penanganan Limbah Infeksius Rumah Tangga Pada Masa Wabah COVID-19, LP2M.

Hendrawati,Tri Yuni Dkk, Panduan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pelaksanaan Tahun 2021, LPPM Universitas Muhammadiyah Jakarta,2021


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ