USULAN DISAIN PENATAAN KAWASAN LAHAN BASAH SEBAGAI SOLUSI PENANGGULANGAN BANJIR DI RESISTENCIA, CHACO, ARGENTINA

Ari Widyati Purwantiasning, Valeria Schneider, Maria Jose Roibon, Lutfi Prayogi, Yeptadian Sari, Dedi Hantono

Abstract


Sebagai salah satu bentuk kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik UMJ yang telah lama memiliki Kerjasama dengan Faculdad de Arquitectura y Urbanism, Universidad Nacional del Nordeste sejak 2015, mencoba untuk menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat secara daring. Kegiatan kolaborasi ini dikemas secara daring dengan mempertemukan 40 mahasiswa Prodi Arsitektur UMJ dengan 22 mahasiswa FAU-UNNE melalui kegiatan workshop daring. Kegiatan ini bertujuan diantaranya untuk meningkatkan suasana akademik bagi mahasiswa Prodi Arsitektur FT UMJ secara tatap maya dengan mahasiswa dari FAU-UNNE. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan solusi disain terhadap Kawasan basah di sekitar Sungai Negro, Parana dan Araza. Hasil akhir kegiatan yaitu berupa usulan disain yang diserahkan kepada Pemerintah Daerah Kota Resistencia, Chaco, Argentina secara daring. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah dengan memberikan kuliah umum dengan gambaran dan teori yang menunjang proses desain, diskusi terstruktur dilakukan secara daring dengan mempertemukan mahasiswa dari dua perguruan tinggi  dengan para fasilitator yang ditunjuk dari dua perguruan tinggi, kegiatan proses disain dilakukan secara individual dengan pembagian tugas pada masing-masing kelompok. Pada akhir kegiatan seluruh hasil usulan disain dinilai oleh tim juri dari dua perguruan tinggi, dengan menghasilkan tiga buah disain terbaik dari tujuh kelompok. Tiga buah disain tersebut diserahkan kepada City Council Resistencia, Chaco, Argentina secara formal melalui daring.

Full Text:

PDF

References


Hardjasoemantri, K., Hukum Perlindungan Lingkungan, Konservasi Sumber daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta, 1991.

Harianto, SP dan Dewi, BS. (2017). Biodiversivitas Fauna di Kawasan Budidaya Lahan Basah. Universitas Lampung.

Ignatieva, M., Meurk, C., dan Stewart, GH. (2008). LIUDD: Matching Urban Design and Urban Ecology. Journal of Landscape Review, 12 (2), pg. 61-73.

Lisa NP. (2014). Penataan dan Optimalisasi Kawasan Lahan Basah sebagai Destinasi Wisata Kota Kasus: Kawasan Waduk Pusong Kota Lhokseumawe. IPLBI. Temu ilmiah IPLBI 2014. Hal 35-40. Prosoding

Pramudianto, A. (2011). Kawasan Lahan Basah dalam Konsep Hukum Global dan Keberadaannya di Indonesia. https://saepudinonline.wordpress/2011/03/20/kawasan-lahan-basah-dalam-konsep-hukum-global-dankeberadaannya-di-indonesia. Di akses 30 Agustus 2021.

Roon, MRV dan Roon, HTV. (2005). Low Impact Urban Design and Development Principles for Assesment of Planning, Policy, and Development Outcome. The Centre of Urban Ecosystem Sustainability. New Zealand.

Schneekloth, LH dan Shibley, RG. (1995). Placemaking: The Art and Practice of Building Communities. Wiley Publisher. New Jersey, USA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ