PELATIHAN MARKETING DIGITAL DI MASA PANDEMI PADA UMKM BINAAN BMT UMJ

Rifzaldi Nasri, Nuraeni Nuraeni, Dina Febriani Darmansyah

Abstract


Pengabdian Masyarakat kali ini mengangkat permasalahan yang dihadapi UMKM binaan BMT Muhammadiyah,. Atas observasi yang kami lakukan ada beberapa masalah yang dialami oleh umumnya .UMKM di Indonesia   selama masa pandemic ini, yaitu pertama penjualan/permintaan menurun; kedua, bahan baku sulit; ketiga distribusi/operasional terhambat; keempat, permodalan; kelima produksi terhambat. Berdasarkan kelima klaster tersebut, masalah penjualan/permintaan menurun paling dominan dialami UMKM, dengan persentase lebih dari 60 persen.. Solusi yang kami tawarkan untuk mengatasi masalah itu adalah melakukan penyuluhan tentang pentingnya pelaku usaha baik UMKM maupun sektor lainnya, harus merubah strategi pemasaran, promosi dan transaksi dari konvensional menjadi digital. Digital marketing merupakan solusi yang terbaik yang harus dilakukan oleh pelaku UMKM untuk bertahan bahkan bisa meningkatkan penjualannya.


Full Text:

PDF

References


Aaker, David, 2011. Managing brand Equity: Capitalizing on The Value of a Brand Name, New York: The Free Press

BMT Center, 2010, Teori dan Model Model Pengembangan BMT, UMJ Press, Jakarta

Deni Apriadi dan A.Y Saputra., 2017. E- Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal RESTI Vol. 1 No. 2. Lubuklinggau: STMIK Bina Nusantara Jaya

Diatra Ketut I, dkk,2016. Strategi Branding dalam Penjualan Promosi Produk Pertanian Olahan PT Hatten Bali untuk Pasar Pariwisata Indonesia, Jurnal Manajemen Agribisnis, Vol 4 no.02

Dwi Jatmika R.T, 2016. Masalah yang di hadapi Usaha Kecil Menengah di Indonesia , Jurnal Ekonomi Syariah El Ecosy, Volume II Edisi 6.

Fitriyyah Nurul, dkk, 2015. Peran BMT dalam pembiayaan UMKM, Jurnal Ekonomi Syariah, Volume II Edisi 4

Ginting Mulianta Ari dkk, 2017. Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia, Yayasan Pustaka Obor Indonesia, Cetakan 1

Koestedjo Haryati Ernia, 2017. Evaluasi Efektivitas Biaya Usaha Kecil Menengah di Kabupaten Sidoarjo, Jurnal Wijaya Kesuma Surabaya, vol 15 no.1

Kotler Philip, 2000, Marketing Management Millenium Edition, Prentice Hall International,

Lili Marlinah, 2020. Peluang dan Tantangan UMKM Dalam Upaya Memperkuat Perekonomian Nasional Tahun 2020 Ditengah Pandemi Covid 19, Jurnal Ekonomi, Volume 22 Nomor 2.

Markplus Institute of Marketing, 2019, Brand Operation, Jakarta : Erlangga

Masyithoh Dewi Novitha,2014. Analisis Normatif Undang Undang No. 1 tahun2013 Tentang Lembaga Keuangan Mikro atas Badan Hukum dan Status Pengawasan Baitul Maal wat Tamwil (BMT), Jurnal Walisongo Ekonomi Syariah, Vol V Edisi 2.

Naufhal Daffa Bukhori dan Adikka Fuad Assidqi, 2020. Management Industry Smart EarMuff . Digital Persada, Bandung.

Nardi Sunardi, dkk, 2020. Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi UMKM Pasar Modern Intermoda BSD City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdimas Humanis Vol 2 No 1

Rahardjo Tri Weda, dkk,2019. Strategi Pemasaran dan daya Saing UMKM berbasis Kemitraan. Jakarta, Salemba Empat.

Teti Sumarni, dkk, 2020. Media Sosial dan E-commerce sebagai Solusi Tantangan Pemasaran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus : UMKM Warung Salapan). ATRIBIS, Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 6 No 2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ