PELATIHAN BEBRAS COMPUTATIONAL THINKING UNTUK GURU PENGGERAK

Johannes Hamonangan Siregar, Chaerul Anwar, Irma Paramita Sofia

Abstract


Tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan kompetensi Guru untuk mengajar dengan menggunakan konsep berpikir Computational Thinking (CT), sehingga nantinya akan menunjang Guru untuk dapat membuat modul pembelajaran  High Order Thinking (HOT). Kegiatan ini adalah bagian dari tujuan jangka panjang yang ingin dicapai oleh Program Studi Sistem Informasi, yaitu untuk memberikan solusi terhadap masalah mitra melalui pemberdayaan masyarakat melalui pendekatan meningkatkan kompetensi Teknologi Informasi melalui metode pelatihan dan pendekatan kolaboratif kegiatan antar universitas dengan masyarakat. Metode pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama adalah observasi melalui wawancara dan diskusi untuk mengetahui masalah yang timbul dalam pembelajaran CT. Tahap kedua, penyampaian materi melalui workshop. Tahap ketiga adalah pendampingan melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ).kepada peserta untuk dapat menyelesaikan masalah pembelajaran pada siswa. Pelatihan ini akan dilakukan dalam jangka waktu 6 bulan, dimulai dengan pengenalan dasar CT yang mudah diikuti peserta secara bertahap menuju tingkat menegah hingga tingkat lanjut sehingga nantinya peserta  dapat mengembangkan kompetensinya secara mandiri. Selanjutnya di sekolah peserta mulai merintis kemitraan dengan UPJ untuk meningkatkan CT. Hasil evaluasi kegiatan yang diperoleh dari kuesioner dan wawancara menunjukkan bahwa peserta kegiatan ini memahami pentingnya pembelajaran CT dalam kaitan mata pelajaran yang diajar.


Full Text:

PDF

References


Bebras. (2020, August 20). Bebras Indonesia. Retrieved from Tentang Bebras Indonesia: http://bebras.or.id

Kemendikbud. (2020). Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Maryani , D., & Nainggolan, R. R. (2019). Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Deepublish.

Nasdian, F. T. (2014). Pengembangan Masyarakat. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Suryana, S. (2017). Permasalahan mutu pendidikan dalam perspektif pembangunan pendidikan. Edukasi.

Ukkas, I. (2018). Pengembangan SDM Berbasis Pelatihan Keterampilan dan Pemberdayaan Pemuda. Prosiding Seminar Nasional (pp. 120 - 125). Palopo: Universitas Cokroaminoto Palopo.

UPJ. (2016). Pedoman Pelaksanaan P2M Universitas Pembangunan Jaya. Tangerang Selatan: Universitas Pembangunan Jaya.

UPJ, P. (2016). Rencana Induk Pengabdian kepada Masyarakat UPJ 2015-2026. Tangerang Selatan: Universitas Pembangunan Jaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ