PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN KREATIF BERBASIS VISUAL ART UNTUK MASYARAKAT KAMPUNG BOJONGSARI BARU DEPOK

Happy Indira Dewi, Muhammad Sofian Hadi, Lativa Qurrotaini, Muhammad Hayun, Ratna Dewi Kartika Sari, Fatmi Riandini, Indah Parsianti

Abstract


Tujuan dari pelatihan ini adalah membekali generasi muda Bojongsari Baru Depok dengan berbagai macam media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran khususnya dengan menggunakan media visual art. Alasan di balik pelatihan ini adalah untuk membangun kreativitas dan membuka batas yang terjadi di Bojongsari Baru Depok. Pelatihan ini memberikan alternatif bagi remaja untuk menggunakan hal-hal sederhana untuk menciptakan seni visual yang bermakna untuk proses pembelajaran. Pengabdian masyarakat ini bertempat di Rumah Karya sebagai salah satu rumah inspirasi bagi para pemuda Bojongsari dalam membangun kreativitasnya. Pengabdian kepada masyarakat mengundang lima orang ahli untuk menyampaikan materi tentang cara menggunakan alat sederhana dari bahan bekas sebagai alternatif solusi dalam pembuatan media pembelajaran. Berdasarkan pendapat para ahli, banyak hal yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran dengan menggunakan bahan bekas. Hasil pengabdian masyarakat ini menunjukkan banyak pemuda yang tertarik untuk mengikuti pelatihan dan bangga mempersembahkan produk akhir mereka sebagai hasil dari pelatihan tersebut. Setelah mendapatkan pelatihan dari para ahli dari Fakultas Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta, dapat disimpulkan bahwa pelatihan membuat media pembelajaran dengan seni rupa dapat meningkatkan kreativitas dan kesadaran mahasiswa untuk menggunakan bahan bekas sebagai media pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Nurmaila, Layli., Fathu Roshonah, Adiyati., Sholehuddin., Riandini, Fatmi. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Rumah Karya di Lingkungan Bojongsari Baru Depok. Prosiding Semniar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/8071/4832 diakses pada 14 April 2021.

Kusmiyati., Kadar, Suharti., Purnomo Bambang. (2019). Pelatihan pembuatan dan pemanfaatan media pembelajaran pada guru di ppt nur insani Surabaya. Vol. 1 Page 89 – 98 Journal Community Development And Society.

Sukamti., Untari Esti. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Dari Barang Bekas.Vol1, No.2.April 2018: 159-163.

Menufandu, Herlina., Lunga, Nelly. (2020). Pemanfaatan Tumbuhan Dan Limbah Rumah Tangga Sebagai Media Pembelajaran Pada Kelompok Anak. Vol, 4. No.1 Maret 2020:1-5.

Lidiana, Permata Sari Putri, dkk. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Dengan Memanfaatkan Media Bekas Di Paud Ar Rahman. Vol. I No. 1, Januari 2018, hlm. 57 – 62. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Available online at http://jurnal.stmikroyal.ac.id/index.php/jurdimas

Senirupa.(2017).https://id.wikipedia.org/wiki/Seni_rupa.2Juni2017.

Rahman, Hamidah., Tuharea, Rosmila. (2021). Pelatihan Daur Ulang Limbah Botol Plastik Pada Remaja Di Kota Ternate. Vol.5, No. 2, Mei 2021 Hal 255 – 263. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Ermiana ida, dkk. (2020). Workshop Pembuatan Media Puzzle Berbahan Kardus Bekas Berbasis Tematik Di Sd Negeri 1 Tamansari. Vol. 3 No. 3 Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ