PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK GAME EDUKATIF BERBASIS ANDROID BAGI GURU SMPN 7 MUARO JAMBI

Authors

  • Novferma Novferma Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Jambi
  • Husni Sabil Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Jambi
  • Wardi Syafmen Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Jambi
  • Ari Frianto Pengajar SD Al Azhar 57 Jambi
  • Febbry Romundza Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Kebanyakan guru di SMP dalam mata pelajaran matematika melakukan pembelajaran secara daring (dalam jaringan) menggunakan platform WhatsApp saja. Sehingga diperlukan inovasi dari guru untuk menciptakan pembelajaran yang menarik dimasa pendemi covid-19 salah satunya yaitu dengan membuat game berbasis android. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk melatih guru SMP N 7 Muaro jambi untuk membuat media pembelajaran berbentuk game edukasi berbasis android. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode diskusi dan tanya jawab, demonstrasi , dan ekspositori. Kegiatan Pengabdian ini diikuti oleh 27 orang peserta yang merupakan perwakilan dari guru-guru di semua matapelajaran di SMP N 7 Muaro jambi. Adapun instrument yang digunakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan dan ketercapaian pelatihan ini menggunakan angket yang di isi oleh peserta. Berdasarkan hasil pelatihan diperoleh bahwa respon guru setelah mengikuti pelatihan pada game edukasi dengan articulate storyline 3 dikategorikan sangat baik, dimana persentase yang di peroleh sebesar 91%. Maka pelatihan pada pembuatan game menggunakan articulate storyline 3 memberikan motivasi dampak positif yang sangat baik kepada guru dan sangat bermanfaat terutaman di masa pandemi Covid-19 ini. Serta kepuasan terkait pelaksanaan pengabdian juga sangat baik, dimana berdasarkan hasil angket pelaksanaan kegiatan pelatihan diperoleh data respon peserta terhadap pelaksanaan tersebut mencapai 4,78 dengan kriteria  sangat baik.

Author Biographies

Novferma Novferma, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Jambi

Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Jambi

Husni Sabil, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Jambi

Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Jambi

Wardi Syafmen, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Jambi

Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Jambi

Ari Frianto, Pengajar SD Al Azhar 57 Jambi

Pengajar SD Al Azhar 57 Jambi

Febbry Romundza, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Jakarta

Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Jakarta

References

Amirruloh.A.R.T., Risnasari.M & Ningsih.R.P. (2019). Pengembangan Game Edukasi Matematika (Operasi Bilangan Pecahan) Berbasis Android Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Edutic. 5(2). 105-123.

Fahmi.K.F. (2016). Pengembangan Media Games Education Dalam Pembelajaran Matematika. JKTM: Jurnal Kajian Pendidikan Matematika. 2(1). 215-226.

Fauzi K, M, Jefri M, Saharudin,. (2020). Pengembangan Game Edutainment Berbasis Smartphone Sebagai MediaPembelajaran Berorientasi Pada Kemampuan Berpikir Kreatif.Vol.11,No.1,Januari2020,Doi: http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v11i1.990

Madyaratri.Y.D., Wardono & Prasetyo.B.P.A. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Siswa pada Pembelajaran Problem Based Learning dengan Tinjauan Gaya Belajar. PRISMA,Prosiding Seminar nasional Matematika. 2. 648-658.

Mahfi, F.K.,dkk. (2020). Pengembangan Game Edutainment Berbasis Smartphone Sebagai Media Pembelajaran Berorientasi Pada Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (1) (2020): 39-50

Rafmana.H., Chotimah.U. & Alfiandra. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa ada Mata Pelajaran PKN Kelas XI Di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika. 5(1). 51-64.

Downloads

Published

2021-11-16