PEMAANFAATAN APLIKASI TOKO ONLINE TERHADAP KEBUTUHAN KONSUMEN SELAMA PANDEMI COVID-19

Amelia Putri, Anita Pebriani, Muhammad Jalaluddin Rumi, Johannes Hamonangan Siregar

Abstract


Dalam masa pandemi Covid-19 saat ini menyebabkan masyarakat mengurangi kegiatan keluar rumah termasuk berbelanja dalam memenuhi kebutuhannya. Menggunakan toko online untuk berbelanja telah menjadi salah satu solusi alternatif, namun manfaat, kekurangan dan apa saja yang ada pada aplikasi toko online, perlu diteliti agar tidak memberi kerugian bagi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis manfaat dari aplikasi toko online. Dari hasil penelitian diharapkan dapat memberi manfaat bagi konsumen dalam menggunakan toko online dan bagi pemilik toko online dapat menjadi rujukan untuk meningkatkan layanan. Metode penelitian ini adalah deskriptif analisis dari data yang didapat melalui kuesioner dengan pertanyaan terkait manfaat toko online dalam e-commerce marketplace. Faktor dalam hal pengiriman barang dan kualitas produk barang yang diterima konsumen menjadi perhatian dalam penelitian ini serta usulan pemecahan masalah yang dapat dilakukan pengelola toko online. Kesimpulan yang didapat, untuk dapat membantu konsumen belanja online pada masa pandemi, saran untuk memilih toko online dengan layanan pengiriman yang baik dan penilaian kualitas barang diperlukan oleh konsumen.


Full Text:

PDF

References


Alhasanah, J.U., 2014. Pengaruh Kegunaan, Kualitas Informasi dan Kualitas Interaksi Layanan Web E-Commerce terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei pada Konsumen www. getscoop. com). Jurnal Administrasi Bisnis, 15(2).

Bakti, U., 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi, 22(1), pp.101-118.

Bisnis.com, 2020. Transaksi Shopee Naik 130 Persen, Raja E-Commerce Indonesia? https://ekonomi.bisnis.com/read/20200901/12/1285887/transaksi-shopee-naik-130-persen-raja-e-commerce-indonesia

Fadillaha, M.N. and Subchan, M., 2021. Dampak Covid-19 terhadap Perilaku Konsumen Dalam Penggunaan Marketplace di Indonesia. Jurnal Mitra Manajemen, 12(1), pp.123-130.

Faradiba, B., 2021. Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan serta Loyalitas Pengguna Belanja Online Selama Pandemi COVID-19. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1), pp.21-28.

Svatosova, V., 2020. The Importance of Online Shopping Behavior in the Strategic Management of E-Commerce Competitiveness. Journal of Competitiveness, 12(4), 143–160.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ