PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI GEOGEBRA UNTUK MEMPERMUDAH PEMBELAJARAN MATERI PROGRAM LINEAR

Dwi Putri Agung Lestari, Venni Herli Sundi

Abstract


Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam menggambarkan daera hasil penyelesaiaan dari suatu sistem pertidaksamaan linear. Kurangnya pemahaman siswa dalam materiprogram linear, salah satu penyebabnya karena kurangnya kemampuan siswa dalam memvisualisasikan hasil dari jawaban yang didapat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa SMAN 8 Tangsel dalam pembelajaran matematika khususnya program linear dengan media visual dan diharapkan keterampilan siswa dalam bidang teknologi dapat meningkat. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi dan memberikan angket/kuisioner. Hasil angket yang telah dianalisis, diperoleh presentase 64,7% yang mengatakan bahwa pelatihan geogebra ini bermanfaat dan 52,9% mengatakan bahwa aplikasi geogebra ini dapat digunakan dengan mudah. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi geogebra dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran matematika dan meningkatkan pemahaman visual siswa.


Full Text:

PDF

References


Hohenwarter, M., et al. (2008). Teaching and Learning Calculus with Free Dynamic Matgematics Software GeoGebra. Tersedia; http://www.publications.uni.lu/record/2718/files/IC ME11-TSG16.pdf.

Hohenwarter, Markus and Judith Hohenwarter. 2009. GeoGebra Help Official Manual 3.2.Tersedia: http://math.arizona.edu/~vbohme/Geogebra/Geo gebramanual.pdf

Hohenwarter, M. & Fuchs, K. (2004). Combination of Dynamic Geometry, Algebra, and Calculus in the Software System Geogebra. Tersedia: www.geogebra.org/publications/pecs_2004.pdf. [16 Nopember 2010].

Riyandini, Sarah Bania. 2013. Beberapa Contoh Pengunaan Software GeoGebra. Tersedia: http://sarahbaniariyandini.wordpress.com/2013/11 /03/beberapa-contoh-penggunaan-softwaregeogebra/

Syahbana, Ali. (2017). Belajar Menguasai GeoGebra. Palembang: NoerFikri.

Wirodikromo, Sartono. 1998. Matematika Untuk SMU Kelas 2 caturwulan 3. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ