SOSIALISASI PENCATATAN PERSEDIAAN YANG EFEKTIF DI KANTIN PONDOK PESANTREN DARUL HIKMAH TANGERANG

Azimah Hanifah, Bambang Sutrisno, Septi Wulandari Chairina

Abstract


Persediaan merupakan aset yang tersedia untuk dijual dalam kegiatan usaha normal. Dalam perspektif Islam, persediaan harus dikelola secara akuntabel dan transparan. Pencatatan persediaan di kantin Pondok Pesantren Darul Hikmah Tangerang menjadi hal yang penting untuk diperbaiki. Sistem pencatatan persediaan sudah menggunakan Microsoft Excel, namun pencatatannya belum transparan terkait barang apa saja yang telah terjual dan berapa jumlah barang yang terjual, karena yang dicatat hanya jumlah rupiah yang diterima selama kantin beroperasi. Metode pelaksanaan dilakukan dengan ceramah kemudian adanya sesi tanya jawab antara pemateri dengan pengurus kantin. Solusi yang ditawarkan untuk kantin Pondok Pesantren Darul Hikmah adalah memberikan rekomendasi sistem Microsoft excel yang lebih akuntabel, transparan, dan praktis dalam mencatat persediaan.

 


Full Text:

PDF

References


Dzikrulloh. (2018). Optimalisasi Bisnis Pondok Pesantren dengan Elektronisasi Sistem Pembayaran Studi kasus Pesantren Nurul Amanah Bangkalan Madura. Wacana Equilibrium : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi, 6(2).

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2015. Penyataan Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta.

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2016. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah. Jakarta.

Lestari, S., Mukaromah, H. (2018). Literasi Keuangan Syariah Pengelola Koperasi Pondok Pesantren An-Nawawi Kec. Gebang, Kab. Purwokerto. An-Nawa: Jurnal Hukum Islam, 22(1), 61- 87.

Priharta, A, Setiyaningsih, T.A, Rahayu, D.P. 2018. Pengantar Akuntansi Berbasis PSAK Terbaru. In Media: Jakarta.

Sasongko, C., Setyaningrum, A., Fabriana, A., Hanum, A.N., Pratiwi, A.D., Zuryati, V. 2016. Akuntansi Suatu Pengantar Berbasis PSAK. Buku 1. Salemba Empat : Jakarta.

Suharti dan Fong. 2018. Analisis Akuntansi Persediaan Barang Dagang pada Toko Cerose Home Pekanbaru. Bilancia Vol. 2 No. 2.

Suherman, L. P. (2019). Analisis Pentingnya Akuntansi Pesantren: Studi pada Pondok Pesantren Al-Matuq Sukabumi. Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia, 2(2), 65-70.

Tryanda, A. (2018). Peran Koperasi Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Ekonomi Pondok Pesantren Hidayatullah Mubtadi’ien Asrama Putra Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Diakses dari http://etheses.uin-malang.ac.id/11805/1/14130026.pdf.

https://darulhikmah.ponpes.id/. Diakses 1 Maret 2021 pukul 06.00 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ