PENGENALAN AKTIVITAS BERKEBUN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF (PENGENALAN SAINS) PADA ANAK

Nurul Fitriah, Elfarisna Elfarisna, Dessy Iriani Putri, Sukrianto Sukrianto, Naswandi Nur, Puspita Dini Kurnia Vitasari, Dini Kismawati

Abstract


Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan jenjang pendidikan sebelum pendidikan dasar. Perkembangan anak usia ini meliputi beberapa aspek yaitu perkembangan fisik, kognitif, bahasa, sosial, moral, emosional, kepribadian dan agama. Aktivitas luar ruangan sangat penting diperkenalkan pada anak usia dini karena dapat menstimulasi tumbuh kembangan anak dengan optimal. Berkebun adalah salah satu aktivitas luar ruangan yang memiliki banyak manfaat bagi anak. Pengabdian masyarakat oleh tim dosen FTAN-UMJ dalam kegiatan pengenalan aktivitas berkebun secara sederhana pada anak didik PAUD Yayasan Hadharah Islam Mustanir bertujuan untuk mengenalkan sains sejak dini. Selain itu kegiatan juga diisi dengan mengajarkan cara mencuci tangan yang baik dan benar. Antusias yang tinggi ditunjukkan sebagian besar anak ketika berkebun, dimulai dari mengisi tanah ke pot, memilih dan menanam biji dan bibit tanaman, serta menyiram tanaman. Evaluasi secara langsung dilakukan setelah kegiatan selesai. Anak didik PAUD Yayasan Hadharah Islam Mustanir sangat senang dan gembira dengan aktivitas berkebun yang dilakukan. Berkebun menjadi pengalaman yang berkesan bagi anak didik.


Full Text:

PDF

References


Beetlestone. (2012). Creative learning: strategi pembelajaran untuk melesatkan kreatifitas siswa. Bandung: Nusa Media.

Bangun, K.B., & Marbun, S. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Kerja Kelompok Terhadap

Perkembangan Sosial Anak 5-6 tahun Di TK Sos Desa Taruna Medant. A 2018/2019. Bunga Rampai Usia Emas 5(1), 24-29.

Bangun, H.A., Sinaga, L.R.V., Manurung, J., Asnawati, S., & Siregar, R.N., (2020). Sosialisasi Cuci Tangan Pakai Sabun Di PAUD dan Taman Kanak Kanak Sekolah Sinar Mentari Desa Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. Jurnal Abdimas Mutiara 1(1), 59-68.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini: Pasal 1 ayat (1) Permendiknas 58/2009.

Pusat Kepustakaan Berbahasa Indonesia. (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cetakan ke-18 Edisi IV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Suyanto. 2005. Pembelajaran untuk anak TK. Jakarta: Depdiknas, DIKTI.

Wardani, R, 2019. Pengenalan sains kehidupan melalui sentra berkebun untuk anak usia dini di TK anak cerdas ungaran. (Skripsi) UNNES, Semarang, Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ