PELATIHAN APLIKASI MATLAB PADA MATERI SPLTV DI MAN 1 TANGSEL

Rangga Putra, Hastri Rosiyanti

Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk memperkenalkan dan kegunaan aplikasi Matlab pada mata pelajaran matematika bagi guru di tingkat Aliyah di Tangerang Selatan. Kegiata ini diadakan secara virtual melalui zoom meeting dengan peserta pelatihan sebanyak 65 yang terdiri dari guru dan siswa matematika Aliyah di Tangerang Selatan. Metode yang digunakan pada pengabdian ini berupa pengenalan aplikasi Matlab dalam bentukceramah  mengenai penggunaan dan pemanfaatan aplikasi Matlab pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Adapun tahapan pengabdian ini terdiri dari: persiapan/ perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Kegiatan pelatihan ini mendapat respon positif dari peserta pelatihan, adapun manfaat yang didapat oleh peserta pelatihan adalah menumbuhkan minat guru dan siswa dalam menggunakan aplikasi Matlab pada proses pembelajaran Matematika di kelas, menambah wawasan bagi guru untuk membuat media pembelajaran berbasis,  mempermudah guru dalam menyampaikan konsep matematika yang berbentuk materi aljabar


Full Text:

PDF

References


Titisari, F. (2016). Efektivitas Penggunaan Program Geogebra pada Pembelajaran Matematika Materi Geometri terhadap Motivasi dan Hasil Belajar di Kelas X SMA BOPKRI 2 Yogyakarta. 2.

Zaitunt. (2019). Modul Pembelajaran. In Matlab Departemen Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Hasanuddin (p. 2). Makassar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ