PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PERHITUNGAN HARGA POKOK PENJUALAN UMKM KULINER DI DAERAH PENGGILINGAN

Nelfiyanti Nelfiyanti, Wiwik Sudawrwati, Meri Prasetywati, Rully Mujiastuti, Baita Mitra Putri, M. Ridhwan

Abstract


Kegiatan Pengabdian masyarakat bertujuan untuk memberikan suatu pelatihan dan pendampingan perhitungan harga pokok penjualan produk kuliner dari UMKM Bu Tita Puspita Sari. UMKM Kuliner ini berdiri pada tahun 2020 yang merupakan milik sendiri dan dibantu oleh keluarga dalam produksinya. Usaha kuliner ini berjenis makanan seperti kue yang sangat diminati oleh warga untuk semua kalangan umur karena citrasanya yang sangat enak. Dalam sehari permintaan kue dapat melebihi dari 100 buah. Oleh sebab itu sangat UMKM ini sangat membutuhkan pelatihan perhitungan HPP karena selama ini hanya berdasarkan dari material dan tenaga kerja yang digunakan secara langsung pada saat produksi berjalan. Metode yang digunakan dalam kegiatan adalah praktek perhitungan langsung oleh UMKM bu Tita Puspita Sari. Adapaun materi yang akan di berikan selama proses pelatihan dan pendampingan berlangsung terdiri dari : (1) Pentingnya pembukuan dan keuntungan penggunannya dalam menjalankan usaha, (2) cara menghitung harga pokok produksi untuk produk yang dihasilkan, (3) Informasi biaya yang diperlukan dalam pengendalian biaya produksi.  Dengan pelatihan ini diharapkan UMKM Kuliner Bu Tita Puspita Sari  dapat menghitung harga pokok produksi dan menentukan harga jual produk dengan baik, benar dan akurat yang akan terhubung dengan laba dan rugi periodik.


Full Text:

PDF

References


Haryanto, W. (2018). ANALISIS PEMBEBANAN BIAYA OVERHEAD TERHADAP HARGA JUAL WAROENG IBU NOENG DI BEKASI. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer), 4(1), 137-142.

Novri NS, Ersy OL & RJ L Pangemanan. (2015, November). Analisa tingkat keuntungan usaha rumah tangga kue lumpia di keluarahan Bumi Nyiur Kecamatan Wanea. ASE (Vol. 11, pp. 1125-142).

Nurazizah. (2017). Studi pada Perusahaan Meubel”wijayanti”, Ngadiboyo, Rejoso, Nganjuk Tahun. Jurnal Administrasi Bisnis. Student Journal. Ub.Ac.Id 1 25(1), 1-9.

Purnamawati, I. G. A., Yuniarta, G. A., & Diatmika, I. P. G. (2017, November). Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Harga Pokok Penjualan Berdasarkan Metode Akuntansi Pada Usaha Tenun. In Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 2, pp. 196-201).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ